LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Kampung Sabin
Sumber :
  • Instagram @kampungsabin

Tempat Wisata di Cirebon

Tempat wisata di Cirebon dan sekitarnya menawarkan pemandangan alam, sejarah dan budaya. Berikut tempat wisata di Cirebon yang dapat Anda jadikan referensi.

Kamis, 20 Januari 2022 - 17:33 WIB

Tempat wisata di Cirebon dan sekitarnya menawarkan pemandangan alam, sejarah, budaya hingga religi. Berikut tempat wisata di Cirebon yang dapat Anda jadikan referensi dalam destinasi wisata Anda.

Kampung Sabin

Kampung Sabin (sumber: Instagram @kampungsabin)

Kampung Sabin merupakan tempat wisata di Cirebon yang sedang hits saat ini. Tempat wisata ini berkonsep terbuka dan menawarkan nuansa Bali.

Baca Juga :

Dengan berlatarkan panorama pegunungan, Kampung Sabin menyajikan suasana hingga makanan khas Pulau Dewata. 

Kampung Sabin berlokasi di Kawasan Kota Baru Keandra, Jl. Nyi Ageng Serang, Sindangjawa, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

Kampung Sabin buka setiap hari, mulai pagi hingga malam. Berikut jam operasional Kampung Sabin:

Senin-Kamis    Pukul     10.00-21.00 WIB
Jumat Sabtu    Pukul     10.00-22.00 WIB
Minggu     Pukul     08.00-21.00 WIB


Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani (sumber: Instagram @cirebon_waterlandofficial)

Selain tempat wisata sejarah, budaya dan alam yang mempesona. Ada tempat wisata di Cirebon yang seru dan sangat cocok untuk keluarga. Wisata tersebut bernama Waterland Ade Irma Suryani.

Untuk menikmati wisata Waterland Ade Irma Suryani Anda harus mengeluarkan biaya sekitar Rp.50.000 - Rp65.000.

Lokasi dari Waterland Ade Irma Suryani berada di Jl. Yos Sudarso, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat dan buka setiap hari mulai Pukul 06.00 – 21.00 WIB.

Jarak Waterland Ade Irma Suryani dari pusat kota Cirebon sekitar 2 km. Sehingga waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 10 menit dengan kendaraan.

Talaga remis

Talaga Remis (sumber:@talagaremis.official)

Di dekat Cirebon, ada tempat wisata yang rekomended yang bernama Talaga Remis. Sangking dekatnya, maka banyak yang memasukkannya dalam daftar tempat wisata di Cirebon.

Talaga Remis berada di kaki Gunung Ciremai. Tepatnya di Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Berbatasan dengan Kabupaten Cirebon tepatnya dengan Desa Cikalahang.

Jarak Telaga Remis hanya berjarak 13 Km dari Cirebon. Sedangkan dari pusat kota Kuningan kurang lebih 32 km.

Tempat wisata yang satu ini dijamin akan mendamaikan jiwa anda yang merindukan suasana alam yang menenangkan.

Harga tiket masuk Talaga Remis hanya berkisar Rp7.500 per orang. Sedangkan biaya tambahan yang harus dikeluarkan yaitu retribusi parkir kendaraan antara Rp2.000 - Rp5.000 (Harga bisa berubah setiap waktu).

Sementara, jam operasional wisata dari Talaga Remis adalah setiap hari mulai Pukul 08.00 – 17.00 WIB. 

Aktivitas yang dapat dilakukan di Talaga Remis antara lain treking, berburu foto Instagramable, bermain permainan air, memancing dan masih banyak lagi. 

Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru (sumber: Instagram @telagabiru_cicerem)

Telaga Biru Cicerem adalah tempat wisata yang juga kerap dimasukkan dalam daftar tempat wisata di Cirebon. Pasalnya, salah satu primadona dari destinasi wisata ini berada di Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan yang hanya berjarak sekitar 22 Km dari Stasiun Cirebon.

Kejernihan Telaga Biru Cicerem sering disamakan dengan Labuan Cermin yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Telaga Biru Cicerem berada di ketinggian 315 mdpl dan dibuka sejak 2010. Semakin hari semakin dipercantik hingga banyak spot indah untuk diabadikan. Selain berfoto, pengunjung Situ Cicerem juga dapat berenang dan memberi makan ikan.

Biaya masuk ke Telaga Biru Cicerem cukup terjangkau, hanya Rp5.000. Harga ini belum termasuk tiket parkir dan biaya spot foto. Namun tenang saja, semua tarif berkisar Rp2.000 hingga Rp5.000 saja (Harga bisa berubah setiap waktu).


Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan (sumber: Instagram @keraton_kasepuhancirebon)

Selain menawarkan bernuansa alam, tempat wisata di Cirebon juga menawarkan wisata sejarah dan budaya. Hal ini karena Cirebon merupakan salah satu wilayah di nusantara yang memiliki sejarah panjang dalam kebudayaan Islam. 

Keraton yang sudah berdiri sejak tahun 1529 ini berlokasi di Jalan Keraton Kasepuhan No 43, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Pada awal pembangunannya, Keraton Kasepuhan dibangun oleh Pangeran Emas Zainul Arifin dengan maksud untuk memperluas bangunan pesanggerahan Keraton Pangkuwati, yaitu keraton pertama yang berdiri pada tahun 1430 di Kota Cirebon.

Keraton Kasepuhan menempati lahan seluas 25 hektare yang terdiri dari berbagai macam bangunan.
Arsitektur Keraton Kasepuhan terkenal paling bersejarah. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo di dalamnya.

Keraton Kanoman

Keraton Kanoman (sumber: U - Report)

Selain Keraton Kasepuhan, tempat wisata di Cirebon yang bernuansa sejarah dan budaya lainnya adalah Keraton Kanoman. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin berlibur sekaligus belajar. 

Luas dari obyek wisata Keraton Kanoman tidaklah sebesar Keraton Kasepuhan. Keraton yang didirikan pada tahun 1588 M oleh Pangeran Mohamad Badrudin atau Sultan Anom l ini hanya memiliki luas sekitar enam hektare.

Berbagai macam barang klasik peninggalan Kesultanan Cirebon yang melegenda dapat ditemukan di Keraton Kanoman ini. Bangunan klasik dari Keraton Kanoman Cirebon juga cocok untuk berburu foto Instagramable.
Untuk masuk ke Keraton Kanoman, anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp.15.000 per orang. Biaya tambahan lainnya adalah tiket parkir bagi pengguna kendaraan.

Biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil (Harga tiket masuk dan tiket parkir bisa berubah setiap saat).

Lokasi Keraton Kanoman berada di Jl. Kanoman, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Tempat wisata di Cirebon yang satu ini berada di pusat kota sehingga mudah dikunjungi.

Jam operasional dari Keraton Kanoman adalah setiap Senin-Minggu mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB. 

Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi (sumber: Instagram @guasunyaragi)

Selain keraton, tempat wisata di Cirebon yang menjadi tujuan wisata sejarah dan budaya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi. Meski sejarah dan budaya, namun wisata Gua Sunyaragi tetap menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata di Cirebon yang satu ini konon sudah ada sejak abad ke-17. Gua ini dibangun dengan arsitektur bangunan Indonesia klasik, Eropa kuno, Tiongkok dan Timur Tengah. Anda dapat melihat keindahan yang mempesona dari peradaban masa lampau di Taman Sari Gua Sunyaragi.

Beberapa fasilitas pendukung yang ada antara lain tempat parkir yang luas hingga dapat menampung kendaraan wisata, tempat makan, spot-spot foto yang Instagramable, ruang koleksi, gazebo, dan petilasan.

Bukit Gronggong

Magnet dari tempat wisata di Cirebon yang satu ini adalah sajian pemandangan alam yang sangat indah. Pasalnya dari bukit ini Anda dapat melihat indahnya Kota Cirebon. Paling indah ketika dikunjungi pada malam hari. Jika disamakan, Bukit Gronggong ibarat Puncaknya Kota Bogor.

Harga tiket masuk Bukit Gronggong seharga Rp5.000 per orang. Sedangkan untuk biaya tambahan yang harus dikeluarkan yaitu tiket parkir kendaraan sebesar Rp3.000 hingga Rp5.000 (Harga dapat berubah setiap waktu).

Anda bisa berkunjung kapan saja dan menikmati spot wisata Bukit Gronggong dengan sepuas hati karena jam operasional Bukit Gronggong buka setiap hari selama 24 jam.

Bukit Gronggong berada di Patapan, Kecamatan Beber, Cirebon, Jawa Barat. Dari pusat Kota Cirebon, jarak obyek wisata Bukit Gronggong kurang lebih 10 km atau sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan.(put)
 

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Seusai Penetapan Pemenang Pilpres 2024, AHY Yakin Prabowo Subianto Bisa Perkuat Koalisi Pemerintahan dan Parlemen

Seusai Penetapan Pemenang Pilpres 2024, AHY Yakin Prabowo Subianto Bisa Perkuat Koalisi Pemerintahan dan Parlemen

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan pihaknya menyerahkan keputusan soal koalisi pada pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Viral Penagih Utang Mengadang Pengendara Mobil di Pekanbaru, Begini Akhir Kasusnya

Viral Penagih Utang Mengadang Pengendara Mobil di Pekanbaru, Begini Akhir Kasusnya

Kasus penagih utang yang mengadang pengendara mobil di Pekanbaru, Riau akhirnya berakhir damai.
Korea Selatan Harus Hati-hati, Dukungan Diaspora Indonesia Beri Alarm Bahaya di Piala Asia U-23

Korea Selatan Harus Hati-hati, Dukungan Diaspora Indonesia Beri Alarm Bahaya di Piala Asia U-23

Permainan apik Timnas Indonesia U-23 selama babak fase grup membuat antusiasme diaspora Indonesia alias WNI yang tinggal di Qatar berbondong-bondong datang ke stadion. 
Gempa 5,3 Magnitudo Hantam Gorontalo, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Gempa 5,3 Magnitudo Hantam Gorontalo, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan 5,3 magnitudo di wilayah Kota Gorontalo, Sulawesi Utara, Kamis (25/4/2024) dini hari.
Bantuan Kemanusian ke Jalur Gaza Tak Putus, PBNU Kirim Tiga Kontainer Bahan Makanan

Bantuan Kemanusian ke Jalur Gaza Tak Putus, PBNU Kirim Tiga Kontainer Bahan Makanan

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terus mengirimkan bantuan kemanusian kepada warga Palestina yang berada di Jalur Gaza. Bantuan tersebut berupa tiga kontainer bahan makanan.
Pengakuan Mengejutkan Debat dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto: Persaingannya Menegangkan

Pengakuan Mengejutkan Debat dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto: Persaingannya Menegangkan

Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto mengaku ada gesekan panas dengan Paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam kontestasi Pilpres 2024.
Trending
Korea Selatan Tak Terkalahkan di Grup B tapi Ketar-ketir Lawan Timnas Indonesia U23, Pelatih Korsel Jujur Akui...

Korea Selatan Tak Terkalahkan di Grup B tapi Ketar-ketir Lawan Timnas Indonesia U23, Pelatih Korsel Jujur Akui...

Begini pengakuan pelatih Korea Selatan U23 yang akan menghadapi Timnas Indonesia U23 asuhan Shin Tae-yong dalam babak perempat final Piala Asia U23 2024 nanti.
Pengakuan Mengejutkan Debat dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto: Persaingannya Menegangkan

Pengakuan Mengejutkan Debat dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto: Persaingannya Menegangkan

Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto mengaku ada gesekan panas dengan Paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam kontestasi Pilpres 2024.
Mabes TNI Beri Kabar Duka, Satu dari Dua Prajurit Meninggal Dunia Usai Tersambar Petir, Begini Kronologinya

Mabes TNI Beri Kabar Duka, Satu dari Dua Prajurit Meninggal Dunia Usai Tersambar Petir, Begini Kronologinya

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Nugraha Gumilar memberi kabar duka terkait peristiwa prajurit tersambar petir di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta.
Jaksa KPK Bakal Panggil Istri dan Anak-anak SYL di Persidangan soal Kasus Pemerasan dan Gratifikasi

Jaksa KPK Bakal Panggil Istri dan Anak-anak SYL di Persidangan soal Kasus Pemerasan dan Gratifikasi

Jaksa KPK bakal memanggil istri dan anak-anak bekas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di persidangan kasus pemerasan dan gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian.
Soal Korupsi Timah Rp271 Triliun yang Menyeret Harvey Moeis, Kejaksaan Agung Periksa Saksi dari Kementerian ESDM

Soal Korupsi Timah Rp271 Triliun yang Menyeret Harvey Moeis, Kejaksaan Agung Periksa Saksi dari Kementerian ESDM

Kejaksaan Agung atau Kejagung memeriksa tiga saksi, salah satunya dari pihak Kementerian ESDM terkait penyidikan perkara dugaan korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022.
Gempa 5,3 Magnitudo Hantam Gorontalo, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Gempa 5,3 Magnitudo Hantam Gorontalo, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan 5,3 magnitudo di wilayah Kota Gorontalo, Sulawesi Utara, Kamis (25/4/2024) dini hari.
Viral Penagih Utang Mengadang Pengendara Mobil di Pekanbaru, Begini Akhir Kasusnya

Viral Penagih Utang Mengadang Pengendara Mobil di Pekanbaru, Begini Akhir Kasusnya

Kasus penagih utang yang mengadang pengendara mobil di Pekanbaru, Riau akhirnya berakhir damai.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
06:00 - 06:30
Kabar Arena Pagi
06:30 - 08:00
Apa Kabar Indonesia Pagi
08:00 - 09:00
Rumah Mamah Dedeh
09:00 - 10:00
Hidup Sehat
Selengkapnya