LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Ilustrasi Seseorang sedang Berdoa
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

Jangan Sepelekan 5 Doa Ini, Dapat Menenangkan Hati di Malam Hari

agama Islam ajarkan umatnya, bila menginginkan ketenangan setiap malam hari, maka dekatkan diri kepada Allah SWT dengan ibadah, seperti berzikir dan berdoa.

Rabu, 28 Desember 2022 - 23:41 WIB

tvOnenews.com - Apabila risau di malam hari, tak perlu mencari kesenangan yang mengundang dosa. Pasalnya, agama Islam mengajarkan umatnya, bila menginginkan ketenangan setiap hari dan malam hari, maka dekatkan diri kepada Allah SWT dengan ibadah, seperti berzikir dan berdoa. 

Sebab, berdoa adalah senjata ampuh unat Islam untuk meminta perlindungan dan segala sesuatu kepada Allah SWT. Bahkan, ustaz Abdul Somad katakan, doa adalah cara ampuh manusia untuk meminta sesuatu dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Namun, ia sebutkan, apabila manusia atau umat Islam tidak berdoa, maka dia adalah orang yang sombong.

"Nabi SAW saja yang selalu dikabulkan doanya oleh Allah SWT, masih tetap berdoa setiap saat. Semantara, ia sebutkan, sebagai manusia biasa yang belum jelas statusnya, mengapa tidak ingin berdoa kepada Allah SWT?," kata ustaz Abdul Somad, seperti yang dikutip dari kanal YouTube Ceramah Singkat, Rabu (28/12/2022).

Kemudian, ia sebutkan, bahwa berdoa itu tidak susah, karena tidak bisa berdoa dengan bahasa Arab, bisa pakai bahasa daerah atau bahasa Indonesia.

Baca Juga :

Lantas, gimana doa untuk membuat hati tenag di malam hari?

Ada lima (5) doa yang dapat diamalkan untuk menenangkan hati di malam hari. Bahkan, lima doa itu sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Berikut doanya,

1. Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas

Al-Falaq

qul a'zu birabbil-falaq min syarri ma khalaq, 
wa min syarri gasiqin iza waqab 
wa min syarrin-naffasati fil-'uqad, wa min syarri asidin iza asad

Artinya: 

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai Shubuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan-kejahatan wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki,” (QS Al Falaq: 1-5).


Ilustrasi Seseorang sedan Berdoa

An-Naas

Qul a’uudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas.

Artinya: 

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb manusia. Raja manusia. Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia,” (QS An-Naas: 1-6).

Al-Ikhlas

Qul huwalloohu ahad. Alloohush shomad. Lam yalid walam yuulad. Walam yakul lahuu kufuwan ahad.

Artinya: 

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: ‘Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah ilah yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia’,” (QS Al Ikhlas: 1-4).

2. Zikir 

Lâ ilâha illa Anta subhânaka Allâhumma astaghfiruka lidzanbika wa as`aluka rahmataka. Allâhumma zidnî ‘ilman wa lâ taza’ qalbî ba’da idz hadaitani wa hab lî min ladunka rahmatan innaka anta al-wahhâb

Artinya: 

"Tiada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau ya Allah, aku meminta ampun atas dosa-dosaku, dan aku meminta rahmat-Mu. Ya Allah, tambahkan ilmu bagiku, jangan selewengkan hatiku sesudah Engkau memberinya hidayah, dan anugerahi aku rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Memberi Anugerah." 


Ilustrasi Seseorang sedang Berdoa

3. Membaca Ayat Kursi

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”


Seseorang sedang Berdoa kepada Allah SWT

4. Dua Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah

Surat Al-Baqarah ayat 285

Aamana rasuulu bimaa unzila ilaihi min rabbihii wal mu'minuun kullun aamana billaahi wamalaaaikatihii wakutubihii warusulihi laa nufarriqu baina ahadin min rusulihii wa qaaluu sami'naa wa atha'naa ghufroonaka rabbanaa wa ilaikal mashiiir

Artinya: 

Rasul telah beriman kepada Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. 

(Mereka mengatakan), "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya," dan mereka mengatakan, "Kami dengar dan kami taat." (Mereka berdoa), "Ampunilah kami, ya Tuhan kami, dan kepada Engkaulah tempat kembali." 

Surat Al-Baqarah ayat 286

Laa yukallifullaahu nafsan illaa wus'ahaa lahaa maa kasabat wa 'alaihaa maktasabat. Rabbanaa laa tuahidznaa in nasiiinaa auw akhtha'naa rabbanaa walaa tahmil 'alainaa ishran kamaa hamaltahuu 'ala ladziina min qablinaaa. Rabbanaa walaa tuhammilnaa maalaa thooqata lanaa bih. Wa'fu 'annaa waghfir lanaaa war hamnaa anta maulaanaa fanshurnaaa 'alal qoumil kaafiriin.

Artinya: 

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebaikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir." 

5. Doa Penutup Hari

Allahummajal fi qalbi nuran, wa fi bashari nuran, wa fi sam’i nuran, wa an yasari nuran, wa fauqi nuran, wa tahti nuran, wa amami nuran, wa khalfi nuran, wa addhim li nuran

Artinya: 

“Ya Allah, jadikanlah dalam hatiku cahaya, dalam penglihatanku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, di sisi kananku cahaya, di sisi kiriku cahaya, di atasku cahaya, di bawahku cahaya, di depanku cahaya, di belakangku cahaya, dan agungkan cahaya untukku,” (HR Muslim). (Aag)
 

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Khofifah Yakin Putusan MK Tidak Ubah Hasil Pilpres 2024

Khofifah Yakin Putusan MK Tidak Ubah Hasil Pilpres 2024

Dewan Pembina TKN Prabowo-Gibran, Khofifah Indar Parawansa meyakini putusan MK terhadap gugatan PHPU tak ubah hasil Pilpres 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU).
3 Pemain Timnas Indonesia Layak Gabung Klub Luar Negeri Usai Gemilang Lawan Australia di Piala Asia U-23

3 Pemain Timnas Indonesia Layak Gabung Klub Luar Negeri Usai Gemilang Lawan Australia di Piala Asia U-23

Bantu Timnas Indonesia raih kemenangan kontra Australia di Piala Asia U-23 2024, tiga pemain skuat Garuda Muda ini layak lanjutkan karier di liga luar negeri.
MK Beri Imbauan Keras: Pendukung untuk Tak Hadiri Agenda Sidang Putusan Sengketa Pilpres

MK Beri Imbauan Keras: Pendukung untuk Tak Hadiri Agenda Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Mahkamah Konstitusi (MK) meminta para pendukung untuk tidak menghadiri agenda sidang putusan sengketa Pilpres 2024. Bahkan, MK memastikan hanya para pihak
Jangan Asal-asalan! Simak Cara Memotong Kuku Sesuai Sunnah Rasulullah SAW, yang Dibagikan Ustaz Adi Hidayat Berikut Ini

Jangan Asal-asalan! Simak Cara Memotong Kuku Sesuai Sunnah Rasulullah SAW, yang Dibagikan Ustaz Adi Hidayat Berikut Ini

Ustaz Adi Hidayat dalam ceramahnya menjelaskan bahwa ada aturan memotong kuku dalam Islam. Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, marilah kita mengikuti sunnah Rasul.
Cerita Aa Gym Didatangi Freddy Budiman Melalui Mimpi, Padahal Sudah Tewas karena Dieksekusi Mati, Tak Disangka Wajahnya…

Cerita Aa Gym Didatangi Freddy Budiman Melalui Mimpi, Padahal Sudah Tewas karena Dieksekusi Mati, Tak Disangka Wajahnya…

Aa Gym mengaku didatangi Freddy Budiman melalui mimpi yang tewas di eksekusi mati karena kasus narkoba. Ia mengaku melihat wajah Freddy, seperti apa kisahnya?
Tolong Rutinkan Baca 2 Dzikir ini, Rezeki akan Datang Meledak-ledak, Ustaz Adi Hidayat Bilang Bisa Bertambah Hingga…

Tolong Rutinkan Baca 2 Dzikir ini, Rezeki akan Datang Meledak-ledak, Ustaz Adi Hidayat Bilang Bisa Bertambah Hingga…

Banyak orang yang menginginkan untuk diberikan rezeki berlimpah, hingga kerap disebutkan dalam doa. Terdapat sebuah amalan untuk mempercepat datangnya rezeki
Trending
Suporter dari Negara Asia Tenggara Hujani Timnas Indonesia dengan Beragam Pujian Usai Kalahkan Australia di Piala Asia U23

Suporter dari Negara Asia Tenggara Hujani Timnas Indonesia dengan Beragam Pujian Usai Kalahkan Australia di Piala Asia U23

Aksi heroik dari pemain Timnas Indonesia yang kalahkan Australia di Piala Asia U23, suporter negara Asia Tenggara ramai-ramai berikan pujian kepada skuad Garuda
Jeam Kelly Sroyer Kena Keplak Shin Tae-yong, Ini Alasan Pemain Sepak Bola Tidak Bisa Asal Masuk Lapangan Setelah Penanganan Cedera

Jeam Kelly Sroyer Kena Keplak Shin Tae-yong, Ini Alasan Pemain Sepak Bola Tidak Bisa Asal Masuk Lapangan Setelah Penanganan Cedera

Shin Tae-yong kesal dengan kartu kuning tak perlu dari Jeam Kelly Sroyer di akhir babak pertama laga Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23, Kamis (18/4/2024).
Baru Kalahkan Australia, Shin Tae-yong Langsung Dibuat Pusing Jelang Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Yordania

Baru Kalahkan Australia, Shin Tae-yong Langsung Dibuat Pusing Jelang Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Yordania

Shin Tae-yong langsung dibuat pusing setelah timnas Indonesia U-23 mengalahkan Australia dengan skor 1-0 di Piala Asia U-23 2024 pada Kamis (18/4) kemarin.
Pelatih Libya Mengaku Kaget dan Siap Pasang Badan Untuk TImnas Indonesia, Begini Reaksi Negara-negara ASEAN Usai Skuad Garuda Dicurangi Qatar

Pelatih Libya Mengaku Kaget dan Siap Pasang Badan Untuk TImnas Indonesia, Begini Reaksi Negara-negara ASEAN Usai Skuad Garuda Dicurangi Qatar

Negara-negara ASEAN bereaksi usai Timnas Indonesia kalah kontra Qatar di laga pertama Grup A Piala Asia U-23 2024. Pasalnya keputusan wasit Nasrullah Kabirov
Suara Hati Ivar Jenner Terdengar Hingga ke Belanda, Para Pemain Keturunan Ikut Gondok Gara-gara Drama Qatar dan Wasit Nasrullo Kabirov

Suara Hati Ivar Jenner Terdengar Hingga ke Belanda, Para Pemain Keturunan Ikut Gondok Gara-gara Drama Qatar dan Wasit Nasrullo Kabirov

Suara hati Ivar Jenner terdengar sampai Belanda dan membuat para pemain keturunan ikut gondok. Pasalnya kekalahan Timnas Indonesia dari Qatar tak hanya kontroversi
Media Korea Ikut Heboh dengan Kemenangan Timnas Indonesia U-23 Atas Australia, Shin Tae-yong Disebut Pembawa Keajaiban

Media Korea Ikut Heboh dengan Kemenangan Timnas Indonesia U-23 Atas Australia, Shin Tae-yong Disebut Pembawa Keajaiban

Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Australia U-23 pada laga kedua Piala Asia U-23 2024 membuat media di Korea Selatan ikutan heboh.
Media Vietnam Puji Habis-habisan Timnas Indonesia U23 Usai Kalahkan Australia, Sebut Negaranya Harus Tiru Hal Ini dari Garuda

Media Vietnam Puji Habis-habisan Timnas Indonesia U23 Usai Kalahkan Australia, Sebut Negaranya Harus Tiru Hal Ini dari Garuda

Meski dikenal sebagai rival di kawasan ASEAN, namun media Vietnam ini tak segan memuji penampilan Timnas Indonesia saat kalahkan Australia di Piala Asia U23.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Perempuan Bicara
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Telusur
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
Selengkapnya