Angin Puting Beliung Danau Tempe yang Diabadikan oleh Seorang Warga di Wajo, Sulsel, Jumat (5/11/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne/Puang Hendra Soetomo

Penampakan Angin Puting Beliung Di Atas Danau Tempe

Jumat, 5 November 2021 - 18:20 WIB

Wajo, Sulawesi Selatan - Angin puting beliung terlihat di atas danau Tempe, Jumat (5/11/2021) pukul 14.30 WITA. Fenomena alam ini berlangsung lebih dari 10 menit.

Warga Sengkang, Kabupaten Wajo melihat jelas peristiwa ini dan sempat mengabadikannya. Diperkirakan ketinggian dari angin puting beliung tersebut sekitar satu kilometer.

Puting beliung biasa terjadi pada saat musim pancaroba,  dimana terjadi perbedaan suhu udara dingin dan udara hangat, sehingga udara yang lebih hangat bergerak ke atas dan menciptakan aliran udara, apabila ini terjadi di atas perairan seperti di atas danau Tempe, maka pergerakan angin ke atas tersebut akan membawa air ke udara mengikuti pusaran angin.


Angin Puting Beliung yang Sempat Diabadikan oleh Warga Wajo (sumber: tim tvone)

Hingga saat ini, belum ada laporan adanya kerusakan akibat puting beliung tersebut. Sementara itu, setelah puting beliung tersebut berakhir, beberapa wilayah di Kabupaten Wajo diguyur hujan deras.

 Akibat hujan deras itu, sebagian jalan utama di Sengkang banjir, seperti di jalan Veteran, Andi Paggaru, pusat perbelanjaan pasar Sentral dan beberapa jalan utama lainnya.

Ketinggan air dijalan mencapai sekitar 50 cm. Selain itu, banjir juga merendam beberapa pemukiman warga.(Puang Hendra Soetomo/put)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral