Siswa SDN 009 Indo Makkombong Belajar di Pos Ronda.
Sumber :
  • Rasman Abdul Rahman

Sekolah Sedang Diperbaiki, Siswa Terpaksa PTM di Pos Ronda

Kamis, 30 September 2021 - 08:58 WIB

Polewali Mandar, Sulawesi Barat – Setelah sempat belajar tatap muka daring selama lebih dari satu tahun, sejumlah sekolah di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat sudah menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Sekolah. Namun lain halnya dengan ratusan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 009 Indo Makkombong yang terpaksa belajar mengajar di Pos Ronda serta teras rumah warga. Kondisi ini disebabkan gedung Sekolah SDN 009 Indo Makkombong yang rusak parah tengah menjalani rehabilitasi total.

Meski harus belajar tatap muka dengan kondisi seadanya, puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri 009 Indo Makkombong tampak antusias mengikuti setiap mata pelajaran yang diberikan oleh guru mereka. Hawa panas dan terik matahari tidak membuat semangat mereka untuk menuntut ilmu kendor. Agar seluruh siswa dapat mengikuti PTM pihak sekolah juga memanfaatkan beberapa teras rumah warga meski harus menggunakan meja pingpong pengganti meja belajar.

Murni Usman salah seorang siswi SDN 009 Indo Makkombong mengaku sangat senang sudah bisa mengikuti proses belajar tatap muka meski harus di pos ronda. Pasalnya ia dan teman-temannya sudah bosan belajar daring selama lebih dari satu tahun. 

"Saya sangat senang sudah bisa belajar tatap muka langsung setelah selama ini belajar online, senang bisa kembali menggunakan seragam, bertemu teman-teman dan guru-guru,” ungkap Murni

Proses belajar mengajar tatap muka di luar sekolah yang digelar pihak SDN 009 Indo Makkombong terpaksa dilakukan lantaran bangunan sekolah yang sebelumnya rusak parah dan tidak layak ditempati, sementara dalam proses rehabilitasi. Diperkirakan proses pengerjaan gedung sekolah akan memakan waktu tiga sampai empat bulan. 

“Ya terpaksa murid-murid kami belajar di pos ronda hingga teras rumah warga karena gedung sekolah masih dalam tahap rehabilitasi total, kemungkinan akan selesai 3 sampai 4 bulan,” ungkap Suryani salah seorang guru SDN 009 Indo Makkombong.

Meski belajar diluar sekolah, pihak sekolah tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat terhadap siswa, mereka diwajibkan mencuci tangan sebelum memasuki tempat belajar, selalu menjaga jarak selama belajar serta tidak diperkenankan melepaskan masker. (Rasman Abdul Rahman/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral