Mantan Mendag Muhammad Lutfi usai diperiksa penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung terkait ekspor CPO.
Sumber :
  • Antara

Kasus Mafia Minyak Goreng, Kejagung: Mantan Mendag Muhammad Lutfi Sudah Buka Semua

Kamis, 23 Juni 2022 - 11:22 WIB

Jakarta - Kejaksaan Agung telah memeriksa mantan Mendag Muhammad Lutfi untuk kasus mafia minyak goreng atau izin ekspor CPO.

Sejauh ini kasus mafia minyak goreng telah menyeret 5 nama yakni Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Dirjen PLN Kemendag), Indrasari Wisnu Wardhana (IWW), Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, Master Parulian Tumanggor (MPT). 

Kemudian Senior Manager Corporate Affairs PT Pelita Agung Agrindustri atau Permata Hijau Group, Stanley MA (SM), General Manager di Bagian General Affair PT Musim Mas, Picare Tagore Sitanggang (PTS), dan penasihat kebijakan atau analisa pada Independen Research & Advisory Indonesia, Lin Che Wei (LCW).

Terkait kasus itu, mantan Mendag Muhammad Lutfi menjalani pemeriksaan selama 12 jam dan dicecar 15 pertanyaan. Namun, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung Supardi mengatakan Lutfi telah bersikap sangat terbuka kepada penyidik dalam menjawab semua pertanyaan yang diberikan saat diperiksa sebagai saksi.

"Pak Lutfi itu sudah membuka semua. Artinya, dia mencoba terbuka, dia terbuka betul apa yang dia dengar, dia lihat dan alami. Cuma saya tidak bisa sampaikan,” kata Supardi di Kejaksaan Agung pada Rabu malam.

Menurut dia, sebaiknya apa yang terjadi dalam perkara dugaan korupsi pemberian fasilitas izin ekspor minyak goreng ini akan terungkap semuanya di persidangan nanti.

Prinsipnya, kata Supardi, Lutfi sudah menyampaikan keterangan sesuai apa yang didengar, dilihat, dan dialami terkait kasus ini dan tidak menutup-nutupi terkait dengan keterlibatan para tersangka.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral