Ibu dari korban kasus gagal ginjal akut pada anak, Safitri saat ditemui di Ruang Sidang Wirjono Projodikoro 2 PN Jakpus, Selasa (17/1/2023).
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Rika Pangesti

Orangtua Korban Gagal Ginjal Akut pada Anak Desak Pemerintah Tetapkan Status KLB

Selasa, 17 Januari 2023 - 15:26 WIB

Jakarta - Ibu dari korban kasus gagal ginjal akut pada anak, Safitri (42) mendesak Pemerintah untuk menaikkan status kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Menurut Safitri, perubahan status KLB ini akan sangat memengaruhi segala akses penanganan dari kasus ini menjadi lebih mudah dan diprioritaskan.

"Berharap sekali dengan naiknya status KLB ini akan mempermudah akses mereka  untuk mendapatkan akses perawatan yang selama ini masih mengikuti standar biasa," kata Safitri saat ditemui di Ruang Sidang Wirjono Projodikoro 2 PN Jakpus, Selasa (17/1/2023).

Sebab, dia menjelaskan, masih banyak orangtua korban yang anaknya masih menjalani perawatan di rumah sakit dan berjuang mengurus segala biaya pengobatan dengan biaya pribadi. Bahkan diluar biaya pengobatan itu sendiri, seperti ongkos transportasi, administrasi dan lain sebagainya.

"Yang masih bolak-balik urus ini, urus itu tidak ada keringanan dan tidak tercover dan kenyataan dan masih banyak yang harus kami keluarkan sendiri," terangnya.

Menurut dia, Pemerintah harus bertanggungjawab terkait hal ini. Untuk itu, ia mendesak Pemerintah agar segera melakukan tindakan nyata terkait penanganan kasus yang menewaskan ratusan anak ini.

"Jadi kami berharap sekali harus ada tindakan nyata, dan ini untuk perbaikan, ini bukan hanya untuk anak-anak," ucap dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral