Puluhan hektare tambak di Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Rembang, Jawa Tengah yang diduga tercemar limbah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Dinas Lingungan Hidup Rembang akan Uji Sampel Air Tambak yang Diduga Tercemar Limbah Industri

Jumat, 13 Oktober 2023 - 21:27 WIB

Rembang, tvOnenews.com - Petani garam di Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, mengeluhkan kondisi aliran Sungai Dasun yang diduga tercemar limbah lantaran air yang mengalir dari aliran sungai berwarna keruh dan berbusa.

Meski diduga tercemar, air dari aliran Sungai Dasun masih tetap digunakan para petani garam untuk produksi garam di area tambak mereka.

Para petani menduga aliran air di Sungai Dasun tercemar limbah yang disinyalir dari hasil pembuangan limbah industri yang berada di kawasan Sungai Dasun. Tak hanya dikeluhkan karena air tercemar, namun kondisi ini juga berdampak pada puluhan hektare tambak garam yang menurun kualitasnya.

Tak hanya itu, akibat pencemaran air Sungai Dasun ini menjadikan tumbuh kembang ikan dan udang yang berada di sekitar tambak menjadi melambat dan mati.

Terkait hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rembang bakal menindaklanjuti dengan turun ke lokasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rembang, Ika Himawan Affandi, mengaku belum mendapat laporan dari para petani tambak di Desa Dasun, Lasem, terkait adanya pencemaran limbah cair.

Namun, kata Himawan Affandi, secepat mungkin pihaknya akan menelusuri dugaan pencemaran di kawasan tambak Desa Dasun, Kecamatan Lasem.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral