Polres Tulungagung Dropping 20 Truk Tangki Air Bersih ke 5 Desa yang Alami Krisis Air.
Sumber :
  • tvOne - aris sutikno

Polres Tulungagung Dropping 20 Truk Tangki Air Bersih ke 5 Desa yang Alami Krisis Air

Kamis, 3 Agustus 2023 - 17:15 WIB

Tulungagung, tvOnenews.com - Polres Tulungagung mendistribusikan 100 ribu liter air bersih dengan menggunakan 20 truk tangki untuk masyarakat yang tersebar di lima desa yang ada di Kecamatan Tanggunggunung, yang mulai mengalami krisis air bersih, saat memasuki musim kemarau.

Seperti warga di Desa Tanggunggunung, Jenggungharho, Pakisrejo, Tenggarejo dan Kresikan, Kecamatan Tangunggunung sejak beberapa minggu terakhir mulai kesulitan untuk mendapatkan pasokan air bersih. Sementara itu untuk mendapatkan air bersih untuk keperluan memasak mereka harus membeli.

Barno, Kepala Desa Pakisrejo, saat dikonfirmasi sejumlah awak media menjelaskan ketersediaan air bersih di desanya sejak beberapa pekan terakhir berkurang dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan minum saja.

Sementara untuk keperluan lain seperti memasak, mandi, mencuci hingga minum ternak mereka masih harus mencari lagi.

Krisis air bersih mulai dirasakan sejak awal bulan Juli dan memasuki bulan Agustus ini untuk mendapatkan air warga semakin kesulitan. Bahkan warga harus membeli air bersih seharga Rp250 ribu per tangki dengan kapasitan 4000 liter.

Kesulitan air bersih ini menjadi permasalahan setiap tahun bagi warga desa. Intensitas hujan yang mulai menurun membuat debit air untuk kebutuhan warga mulai mengecil. Selain itu terdapat kerusakan di saluran pipa Hipam yang biasa mensuplai kebutuhan air bersih. Diperkirakan musim kemarau ini masih akan berlangsung hingga bulan November mendatang.

"Mulai bulan Juli sudah mulai dirasakan dampaknya bagi warga, ketersedian air bersih mulai menipis," tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:13
03:54
03:28
02:35
00:56
08:45
Viral