Penyerahan Berkas dan Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa oleh Penyidik Tipikor Polres Samosir kepada Kejari Samosir.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Daud

Kasus Korupsi Dana Desa, Berkas Serta Tiga Tersangka Dilimpahkan ke Kejari Samosir. Oknum Kades, Sekdes dan Kaur Keuangan, Kompak Masuk Sel

Kamis, 22 Juni 2023 - 14:04 WIB

Samosir, tvOnenews.com - Unit Tipikor Polres Kabupaten Samosir Sumatera Utara, limpahkan berkas dan  tiga tersangka kasus korupsi Dana Desa Salaon Dolok, Kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, kepada Kejaksaan Negeri Samosir pada Rabu (21/6/2023).

Ketiga tersangka dalam kasus korupsi Dana Desa Salaon Dolok tersebut adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Kaur Keuangan Desa.

Kapolres Samosir AKBP Yogi Hardiman, melalui Kanit Tipikor Polres Samosir, Ipda Abdur Rahman Sitompul , menyampaikan bahwa ketiga tersangka tersebut telah mencapai tahap P21 tahap dua, yaitu penyerahan tersangka dan barang bukti.

Menurutnya, kasus korupsi Dana Desa di Desa Salaon Dolok ini terjadi pada Tahun Anggaran 2020, 2021, dan 2022. Modus operandi yang digunakan adalah pada Tahun Anggaran 2020, terdapat pekerjaan fisik yang tidak dilaksanakan, kemudian pelaku mengerjakannya menggunakan APBDes Tahun Anggaran 2021, sehingga ada pekerjaan fisik Tahun Anggaran 2021 yang tidak dilaksanakan. Selanjutnya, pelaku melanjutkan kegiatan tersebut dengan menggunakan APBDes Tahun Anggaran 2022.

"Kami menyerahkan tiga tersangka ini kepada Kejaksaan Negeri Samosir, selain untuk penindakan, penyerahan ini juga bertujuan agar diketahui secara luas, dengan tujuan penegakan hukum sekaligus pencegahan bagi pejabat yang menggunakan anggaran," ujarnya. 

Selanjutnya Ipda Abdur Rahman Sitompul menuturkan, pemeriksaan terhadap ketiga tersangka sudah dimulai sejak 5 Mei 2022 silam, dengan melibatkan Inspektorat Kabupaten Samosir dan ahli konstruksi.

“Ada tiga titik penyelidikan pekerjaan Desa yang dananya bersumber dari anggaran Desa Tahun Anggaran 2021, yakni pekerjaan pengerasan Jalan di Siponggol Tanduk, Pembangunan Jembatan Sitarsa dan Peningkatan Jalan Lumban Sitanggang,” kata Ipda Abdur Rahman Sitompul.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:01
10:24
12:52
12:57
03:32
01:33
Viral