Istri almarhum Prof Timbul Raharjo Ani Faiqoh (pakai masker Hitam) di rumah duka, Selasa malam (5/9/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Rektor ISI Yogyakarta Timbul Raharjo Dikenal Sebagai Sosok Inspirasi bagi Seniman dan Ekonomi Kreatif

Rabu, 6 September 2023 - 09:42 WIB

Bantul, tvOnenews.com - Wafatnya rektor ISI Yogyakarta Prof Timbul Raharjo yang juga seniman, budayawan dan pelaku ekonomi kreatif mengejutkan semua pihak.

Dunia seni dan ekonomi kreatif di tanah air kehilangan pribadi yang mampu menjadi sumber inspirasi sekaligus motivator bagi seniman-seniman muda dan pelaku industri ekonomi kreatif.

Pembangtu Rektor I ISI Yogyakarta Irwandi mengatakan, semasa hidupnya Timbul Raharjo dikenal sebagai akademisi, seniman dan entrepreneur di bidang ekonomi kreatif. Sebagai seorang akademisi beliau merupakan akademisi yang produktif melakukan penelitian, publikasi ilmiah dan menulis buku ajar.

" Kemampuan beliau sebagai akademisi bidang seni diakui di level nasional dan internasional sehingga beliau sering menjadi narasumber workshop, seminar baik di dalam maupun di luar negeri," ungkap Irwandi saat ditemui di rumah duka di Tirto Bangunjiwo Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Selasa malam (5/9/2023).

Irwandi menambahkan karya-karya beliau dalam bentuk patung atau keramik dapat dijumpai dengan mudah di ruang-ruang publik. Pantung Singa di Sleman City Hall, Patung Jenderal Soedirman dan Pangeran Diponegoro di Bantul serta Patung Singa Tegar Jawara merupakan beberapa karya monumental beliau di ruang public. 

" Dengan kompetensi seni yang dimiliki beliau juga menjadi entrepreneur di bidang ekonomi kreatif. Berdirinya PT. Timboel yang mampu menyerap banyak tenaga kerja serta memberdayakan masyarakat disekitar kasongan menjadi bukti keberhasilan beliau sebagai seorang entrepreneur," tandas Irwandi.

Irwandi mengatakan upacara persemayaman jenasah Prof Dr Drs Timbul Raharjo M Hum Rektor ISI Yogyakarta dilakukan pada pukul 11.30 di lobby Gedung Rektorat ISI Yogyakarta di Jalan Parangtritis Sewon Bantul.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral