Deputi Kepala KPw BI Jateng, Firdaus Muttaqin (dua dari kiri) Saat Berdialog dengan Pedagang Telur di Pasar Wonodri Semarang, Kamis (23/12/2021)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Didiet Cordiaz

Akhir Tahun, Harga Kebutuhan Pokok di Jateng Mulai Naik

Kamis, 23 Desember 2021 - 11:41 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Kebutuhan pokok menjelang akhir tahun di berbagai daerah termasuk Semarang, mulai mengalami kenaikan harga. 

 

Oleh karena itu, pemerintah bersama aparat kepolisian di Jawa Tengah melakukan pemantauan terhadap stok dan pergerakan harga komoditas. Pengendalian harga kebutuhan pokok tersebut langsung direalisasikan dengan inspeksi mendadak atau sidak. Kepala Biro Perekonomian Setda Jawa Tengah, Eddy Bramiyanto mengatakan melakukan sidak dilakukan di Pasar Wonodri dan Pasar Peterongan Semarang, Kamis (23/12/2021). Sidak juga dilakukan guna melakukan pemeriksaan harga dan stok kebutuhan pokok dan bahan pangan lain di pasar tradisional.



Eddy menjelaskan, dari hasil sidak itu didapati ada kenaikan harga sejumlah komoditas pokok masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru. Yakni untuk komoditas telur ayam, cabai, bawang merah dan juga minyak goreng.

Menurut Eddy, harga cabai di tingkat pedagang saat ini mencapai Rp 85 ribu-Rp 90 ribu per kilogram dan untuk telur ayam antara Rp29 ribu-Rp 30 ribu per kilogram. Sedangkan bawang merah yang sempat turun, saat ini harganya sudah mencapai Rp 29 ribu-Rp 30 ribu per kilogram.



"Para pedagang menyampaikan menjelang Natal dan Tahun Baru, memang ritmenya seperti ini. Tadi, para pedagang juga menyampaikan jika permintaan terhadap kebutuhan pokok tersebut juga meningkat, tetapi cenderung stabil. Jadi, dari hasil obrolan kami dengan pedagang, memang ini (kenaikan harga) ritme musiman menjelang akhir tahun," kata Eddy.



Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Firdaus Muttaqin menambahkan, kenaikan harga komoditas pokok masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru memang sudah biasa terjadi dan masih dalam jangkauan harga psikologis.

Menurutnya, pada momentum-momentum tertentu memang ada kecenderungan orang berbelanja kebutuhan pokok dalam jumlah yang banyak.



"Karena memang orang biasanya menggelar acara bersama keluarga dengan makan-makan, dan restoran-restoran juga menambah persediaan bahan baku seperti bawang dan cabai merah. Mereka cenderung menambah jumlah kebutuhan pokok yang dibeli, sehingga ada efek permintaan naik," ucap Firdaus. (Didiet Cordiaz/dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral