Sate keong khas Kaliwungu Kendal..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Berbuka Puasa dengan Menu Beda, Kuliner Keong Sawah Khas Kaliwungu Kendal

Rabu, 29 Maret 2023 - 10:27 WIB

Kendal, tvOnenews.com - Bagi anda yang ingin menikmati makan buka puasa dengan menu yang berbeda, cobain nih kuliner khas dari Kaliwungu Kendal Jawa Tengah. Pedesan keong dan sate keong. Rasanya sangat gurih dengan pedas yang sedang. Sangat cocok dimakan dengan nasi hangat atau untuk lauk nasi pecel.

Di Kaliwungu, kuliner khas ini mudah didapat di warung makan maupun pusat jajanan di Pasar Pagi maupun Pasar Sore. Khusus di bulan Ramadhan, pedesan dan sate keong juga dijual pada bazar kuliner Ramadhan di beberapa tempat.

Menurut penjual kuliner ini, bahan yang dipakai adalah keong sawah alam bukan hasil ternak. Mereka membelinya dari pemburu keong yang keliling dari sawah ke sawah. Lalu diolah menjadi pedesan keong maupun sate keong.

"Kalau di sini kan keong banyak yang suka. Bisa dimasak oseng atau sate untuk daging keong, dan pedesan untuk daging keong yang masih ada cangkangnya. Makanya banyak yang nyari keong di sawah dan dijual untuk bahan kuliner," kata Yanti, penjual makanan di Pasar Sore Kaliwungu.

Pedesan keong khas Kaliwungu Kendal. (Teguh Joko)

Ia menceritakan, untuk memasak keong butuh proses yang lama. Karena daging keong cukup alot, maka agar empuk memasaknya harus berjam-jam.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral