Ilustrasi- Shalat Idul Adha..
Sumber :
  • Freepik

4 Ketentuan Shalat Idul Adha, Lebih Awal dari Shalat Idul Fitri hingga Jumlah Takbir dalam Setiap Rakaatnya

Jumat, 8 Juli 2022 - 21:36 WIB

Berbeda dengan shalat pada umumnya, shalat 'Id memiliki beberapa ketentuan yang khusus. Secara keseluruhan ketentuan yang dimaksud hampir sama antara shalat Idul Fitri dan shalat Idul Adha. Tvonenews.com mencoba menyajikannya dari kitab Bulughul Maram dan Tuntunan Shalat Menurut Sunnah yang diterbitkan Tsaqofah Press, berikut 4 ketentuan shalat Idul Adha.

1. Waktu Shalat Idul Adha Lebih Awal dari Shalat Idul Fitri

Dari Jundub radhiyaAllahu anhu berkata: ‘’Nabi  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ shalat bersama kami pada shalat ‘Idul Fitri sedang matahari kira-kira setinggi dua tombak dan pada shalat ‘Idul Adha setinggi satu tombak.” (HR. Hasan bin Ahmad).

Berdasarkan hadist tersebut, maka pelaksanaan shalat Idul Adha lebih awal waktunya daripada shalat ‘Idul Fitri. Adapun tepat waktunya pukul berapa menyesuaikan dengan tempat masing-masing sesuai dengan waktu terbit matahari.

2. Tidak Ada Adzan dan Iqomah serta Shalat Sunnah sebelum Shalat Id

Dari Jabir bin Samuroh radhiyaAllahu anhu berkata: ‘’Saya shalat dua hari raya bersama Nabi صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bukan hanya sekali atau dua kali, dengan tanpa adzan dan iqamat.’’ (HR. Muslim, Abu Dawud, At Tirmidzi. Lafadz bagi Abu Dawud).

Dari Ibnu Abbas radhiyaAllahu anhu berkata: ‘’Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ shalat Id dua rakaat dan tidak mengerjakan shalat selainnya, baik sebelum mapun setelah shalat tersebut. (HR. Tujuh imam ahli hadist)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral