LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Brazil Stop Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac, Bagaimana Nasibnya di Indonesia? | lifestyleOne

Jumat, 13 November 2020

Brazil, Klik Disini - Otoritas Kesehatan Brazil menyatakan pada Senin (9 November 2020), bahwa pihaknya telah menangguhkan uji klinis vaksin Corona (COVID-19) yang dikembangkan perusahaan China, Sinovac, setelah menemukan  "efek  merugikan yang parah " pada 29 Oktober lalu. Butantan, lembaga penelitian medis di Sao Paulo, yang menjalankan uji klinis Vaksin sinovac tersebut di Brazil mengaku terkejut dengan keputusan penangguhan ini. Ia mengatakan, pihaknya akan memberikan keterangan resmi kemudian.

Kepala Butantan, Dimas Covas, mengatakan, bahwa keputusan tersebut terkait dengan salah satu kasus kematian. Namun, ia menyebutkan, dirinya merasa janggal dengan pengumuman otoritas karena kematian itu tidak berhubungan dengan vaksin. "Mengingat saat ini terdapat lebih dari 100.000 relawan, kasus kematian bisa saja terjadi. Dan satu kasus kematian itu tidak mempunyai kaitan dengan vaksin, ini bukanlah saatnya menginterupsi uji klinis," kata Covas kepada TV Cultura.

Sementara Anvisa, otoritas kesehatan di Brazil, tidak memberikan keterangan lebih rinci mengenai apakah kasus kematian yang dimaksud terjadi di Brazil atau di negara lain. Anvisa juga tidak menjelaskan kenapa kabar pada akhir Oktober lalu itu baru disampaikan sekarang.

Sinovac sendiri belum memberikan komentar atas hal ini. Sedangkan tidak ada negara lain yang tengah menjalankan uji coba vaksin Sinovac yang juga mengumumkan penangguhan, Turki termasuk di antaranya. Sementara di Indonesia, uji klinis vaksin Covid-19 masih tetap berjalan karena tidak ada laporan SAE. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius atau Serious Adverse Event (SAE) atau kejadian serius yang tidak diinginkan dari para relawan yang diduga berhubungan dengan vaksin atau kegiatan vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

Vaksin Sinovac adalah satu dari tiga vaksin utama untuk COVID-19 yang dikembangkan oleh China, yang hingga saat ini telah diujikan kepada ratusan ribu relawan di bawah program penggunaan darurat. Pejabat kesehatan China, pada 20 Oktober, menyebut bahwa tidak ditemukan efek samping berarti sepanjang uji klinis yang dijalankan. (ari/ant/reuters)

(Lihat juga Polda Riau Tangkap 3 Tersangka Penjualan Gading Gajah)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
05:22

Hanya 10 Persen Orang di Dunia Bertangan Kidal! Ini Fakta Menariknya

Pernahkah Anda mendengar orang kidal? Kidal diartikan seseorang yang sering menggunakan tangan kiri dalam melakukan hal apapun. 
img_title
02:37

Sejarah Tusuk Gigi, Pernah Jadi Barang Mewah

Penemuan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia tak hanya sebatas pada penemuan-penemuan besar. 
img_title
09:21

Cegah Terlambat Berjalan dan Bicara, Ini Tips Melatih Motorik Anak!

Keterampilan motorik merupakan tindakan si kecil menggunakan otot-otot kecilnya, seperti otot-otot di tangan dan jari untuk mengontrol benda berbagai bentuk dan ukuran.
img_title
17:30

Segudang Manfaat Bayam Merah, Lebih Sehat dari Bayam Biasa!

Bayam merah atau biasa disebut bayam Cina merupakan salah satu tanaman bernilai ekonomis tinggi. dan memiliki manfaat yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayam hijau, benarkah?
img_title
03:14

Ramai Tes Usia Mental di Media Sosial, Akuratkah?

Memperhatikan kesehatan sangat lah penting. Tak hanya menjaga kesehatan secara fisik, namun juga kesehatan mental. 
img_title
13:32

Meski Sudah Sembuh, Kanker Getah Bening Bisa Kambuh Lagi?

Kanker kelenjar getah bening menjadi salah satu jenis kanker yang sangat mematikan, namun banyak ditemukan di Indonesia. 
img_title
11:28

Hati-Hati, Ini Penyebab Saraf Kejepit yang Jarang Diketahui

Saraf kejepit merupakan suatu kondisi ketika saraf tertekan oleh jaringan tubuh di sekitarnya. Kondisi ini dapat terjadi ketika saraf tertekan di antara ligamen, tendon, atau tulang. 
img_title
04:18

Durian Bikin Kolesterol dan Gula Darah Naik, Mitos atau Fakta?

Banyak anggapan yang beredar dimasyakarat yang menyatakan makan Buah durian dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Mitos atau fakta?
img_title
06:42

Cara Meredakan Sakit Kepala dan Demam Dengan Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu bahan dapur yang dapat diracik sebagai obat herbal penurun panas. 
img_title
09:09

Berbagai Manfaat Cengkih dan Cara Menggunakannya

Cengkeh juga merupakan rempah yang cukup sering digunakan dalam pembuatan makanan dan minuman, bahkan kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. 
img_title
07:24

Benarkah Kolesterol Pada Makanan Bertambah Jika Dipanaskan?

Memenaskan Kembali makanan sisa menjadi rutinitas rumah tangga yang sering kita lakukan. Lantas, dampak apakah yang bisa muncul?
img_title
01:33

4 Negara Dengan Pengobatan Tradisional Terbaik dan Terlengkap, Ada Indonesia?

Pengobatan tradisional adalah cara penyembuhan dengan cara menggunakan pengetahun tradisional yang memanfaatkan obat tradisional atau ramuan tradisional menjadi media pengobatannya. 
img_title
10:26

Berbagai Ramuan Alami Penurun Berat badan Sekaligus Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika seseorang memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darah. Terlalu banyak senyawa ini dapat menyumbat pembuluh darah yang menempatkan seseorang pada masalah jantung atau stroke.
img_title
05:03

5 Tanaman Ini Bisa Kita Makan Saat Tersesat di Hutan!

Alam diciptakan sebagai media setiap makhluk hidup untuk mengembangkan diri dan menjalankan kegiatannya sehari-hari.
img_title
06:42

Dapatkan Manfaat Antioksidan dari 5 Buah-Buahan Ini!

Antioksidan adalah zat alami ataupun buatan manusia yang dapat mencegah atau menunda beberapa jenis kerusakan sel akibat proses oksidasi oleh oksidan. 
img_title
02:00

4 Fakta Keringat Manusia yang Mungkin Belum Anda Tahu

Biasanya keringat identik dengan perasaan kotor dan membuat kita tidak nyaman. Padahal, keringat yang dihasilkan tubuh memiliki sejumlah manfaat. Berikut selengkapnya.
img_title
25:54

Anemia atau Darah Rendah? Ini Perbedaan Gejala dan Penyebabnya

Kurang darah atau anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. 
img_title
09:13

Tak Hanya Rabies, Ini Sederet Penyakit Hewan yang Bisa Menular ke Manusia

Selain karena kebiasaan makan yang tak sehat, ada beragam penyakit lain yang bisa mudah menjangkiti manusia yang disebabkan oleh penularan hewan, baik hewan liar juga bisa karena kepemilikan hewan peliharaan.
img_title
02:42

Sejarah Minyak Goreng yang Kini Makin Mahal

Hampir semua masakan baik tumisan, gorengan, ataupun kuah-kuah pun identik dengan penggunaan minyak goreng.
Jangan Lewatkan
Tak Ada Lagi Istilah Bestie, Megawati Hangestri Tunjukkan Betapa Hebatnya Dia Hancurkan JPE dan Buat Gia Terdiam

Tak Ada Lagi Istilah Bestie, Megawati Hangestri Tunjukkan Betapa Hebatnya Dia Hancurkan JPE dan Buat Gia Terdiam

Megawati Hangestri kembali tampil gemilang saat klub Jakarta BIN berhasil taklukan klub Jakarta Pertamina Enduro pada lanjutan Proliga Indonesia seri Palembang.
Momen M Qodari Ikut Halau Pria yang Dekati Jokowi dari Belakang di Konawe

Momen M Qodari Ikut Halau Pria yang Dekati Jokowi dari Belakang di Konawe

Heboh seorang pria tiba-tiba mendekati Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menarik tangan Presiden saat sedang kunjungan di Konawe, Sulawesi Tenggara (Sulteng). Tindakan dari pria tersebut membuat Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) menghalaunya.
Kemensos-Basarnas Tingkatkan Penanganan Bencana Melalui Command Center

Kemensos-Basarnas Tingkatkan Penanganan Bencana Melalui Command Center

Menteri Sosial Tri Rismaharini menandatangani nota kesepahaman kerja sama (MoU) Kemensos dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) pada Selasa (14/5/2024) di Jakarta.
Jelang World Water Forum, Pertamina Patra Niaga Pastikan Pasokan Energi di Bali Aman

Jelang World Water Forum, Pertamina Patra Niaga Pastikan Pasokan Energi di Bali Aman

Jelang perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan digelar pada 18 - 25 Mei 2024 di Bali, Pertamina siapkan ketersediaan pasokan energi berjalan optimal.
Stok Beras Lama Terancam Membusuk, Thailand Akan Lelang Puluhan Ribu Ton Stok Beras Yang Sudah Berumur 10 Tahun

Stok Beras Lama Terancam Membusuk, Thailand Akan Lelang Puluhan Ribu Ton Stok Beras Yang Sudah Berumur 10 Tahun

Daripada rusak dan terancam membusuk, beras yang sudah berumur 10 tahun ini akan dilelang sehingga pemerintah Thailand setidaknya memperoleh sejumlah uang.
Komite IV DPD RI Rapat Kerja dengan BPS Bahas KEM-PPKF di RAPBN 2025

Komite IV DPD RI Rapat Kerja dengan BPS Bahas KEM-PPKF di RAPBN 2025

Komite IV Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) melaksanakan rapat kerja dengan Badan Pusat Statistik (BPS) membahas Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF).
Nafsu Tak Terbendung, Ilham Nekat Begal Payudara Bocah SD di Bandung, Ngaku Khilaf

Nafsu Tak Terbendung, Ilham Nekat Begal Payudara Bocah SD di Bandung, Ngaku Khilaf

Seorang pengendara motor cabul bernama Ilham 25 tahun nekat melakukan tindakan asusila dengan memegang bagian badan sensitif pejalan kaki yang diketahui seorang bocah pelajar SD di Jalan Jupiter Barat, Kota Bandung beberapa waktu lalu. Pelaku melakukan begal payudara dengan berpura pura menanyakan alamat ke korban.
Tangisan Vina Belum Selesai Sebelum Pelaku Utama Pembunuhan Tertangkap, Pihak Keluarga Jujur Masih Ada yang Janggal

Tangisan Vina Belum Selesai Sebelum Pelaku Utama Pembunuhan Tertangkap, Pihak Keluarga Jujur Masih Ada yang Janggal

Pihak keluarga Vina mengaku kasus pembunuhan dan pemerkosaan yang belum tuntas menangkap pelaku utama membuat adanya kejanggalan dari peristiwa tragis tersebut.
Gagal Menang Lawan Persib di Kandang, Saham Bali United Justru Melonjak Hingga 7,29 Persen

Gagal Menang Lawan Persib di Kandang, Saham Bali United Justru Melonjak Hingga 7,29 Persen

Meski gagal meraih kemenangan saat laga di kandang melawan Persib Bandung, harga saham PT Bali United Tbk (BOLA) ternyata mampu melonjak hingga 7,29 persen. 
Kuasa Hukum Nakhoda MT Arman akan Praperadilankan Penyitaan Paspor ABK oleh KLHK

Kuasa Hukum Nakhoda MT Arman akan Praperadilankan Penyitaan Paspor ABK oleh KLHK

Kuasa hukum nakhoda kapal MT Arman 114 akan mengambil langkah-langkah hukum terhadap oknum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutana (KLHK) karena diduga melakukan penyalahgunaan kewenangan (abuse of power) dengan menyita paspor 21 anak buah kapal (ABK) asal Iran sehingga tidak bisa kembali ke negaranya. Salah satunya adalah melaporkan perkara tersebut kepada kepolisian.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Siang
13:00 - 14:00
Damai Indonesiaku
14:00 - 14:30
Manusia Nusantara
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
Selengkapnya