Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Viral! Surat Cerai Soekarno Beredar di Dunia Maya dan Ditawar Rp25 Miliar | tvOne

Minggu, 27 September 2020
Oleh :

Bandung, Jawa Barat – Surat cerai presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, dengan Inggit Garnasih dilelang melalui dunia maya dan harga yang ditawarkan sebesar Rp25 miliar. Penawaran dokumen bersejarah itu diunggah pertama kali di akun instagram @popstoreindo. Pemilik akun, Julius Iskandar mengaku hanya ingin membantu keluarga dari cucu Inggit yang mendapat mandat dari mantan istri Soekarno itu, untuk membangun rumah sakit bersalin.

Tito Asmarahadi, cucu angkat Inggit Garnasih, adalah orang yang memegang surat cerai sekaligus surat nikah Soekarno dan Inggit. Kedua dokumen bersejarah itu diserahkan langsung oleh Inggit kepada Tito pada tahun 1980 silam. Kepada cucunya, Inggit berpesan untuk menjaga dan merawatnya.

Tito pernah mengajukan bantuan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk melaksanakan amanat Inggit mengenai rumah bersalin. Termasuk biaya operasional pemeliharaan barang berharga serta pembuatan museum Inggit Garnasih. Namun permohonannya itu ditolak. Tito mengaku sangat kecewa.

“Kan sudah seperti yang saya katakan tahun 2002 sudah diajukan dan ada surat penolakan. Yang ditandatangani Dani Setiawan selaku Sekda pada saat itu. Itu pun atas pusat,” ujar Tito, Minggu, 27 September 2020.

Itulah sebabnya ia berencana menjual arsip bersejarah tersebut. Dia enggan menyerahkan kedua surat itu kepada pemerintah.

“Apa saya harus percaya kembali dengan pemerintah dalam konteks ini? Kemarin pun Ridwan Kamil pernah datang ke rumah dan melihat, katanya akan menyelamatkan, sampai detik ini pun tidak ada kabar. Jangan menyalahkan saya, semua itu ada sebab dan akibat. Ini akibat, dan sebabnya apa, kalau pemerintah sendiri tidak menghargai, tidak mempedulikan berarti penolakan ini saya berhak untuk melakukan apa saja terhadap dokumen ini. Begitu kan? Apapun, mau saya kasihkan kepada orang, atau mau saya bakar, itu pemerintah sudah tidak menghargai, bagaimana?,” katanya lagi.

Sementara itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung menyarankan surat nikah dan akta cerai Inggit Garnasih dan Presiden pertama Indonesia Soekarno yang hendak dijual oleh sang ahli waris untuk diserahkan guna dikelola oleh pemerintah.

Arsiparis dari Dispusip Kota Bandung, Juni Akbar, menyarankan hal tersebut karena dokumen dari tokoh pendiri bangsa itu memiliki nilai sejarah.

"Memang ada aturan yang mengharuskan arsip itu dipelihara dan dirawat, karena arsip Inggit Garnasih ini arsip yang memiliki nilai sejarah," kata Juni di Bandung, Kamis.

Meski begitu, ia tak menampik bahwa dokumen tersebut memang berhak dijual oleh sang ahli waris karena kepemilikan pribadi. Namun, kata dia, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) lebih layak untuk merawat dokumen bersejarah itu.

Selain itu, menurutnya pihak Dispusip bersama ANRI juga sempat melakukan penelusuran arsip surat nikah dan akta cerai Soekarno dengan Inggit.

"Sebenarnya surat cerai itu kami sudah punya, tapi itu sebatas duplikasi, aslinya mereka yang simpan (ahli waris)," kata dia. Sehingga menurutnya dokumen asli itu tidak ada kaitannya secara langsung dengan aset Pemerintah Kota Bandung, karena berada dalam penguasaan ahli waris.

"Kalau arsip Balai Kota atau aset pemerintah Kota Bandung tentunya ada koordinasi dengan kami," katanya.

Tito Asmaraadi sebelumnya juga pernah mengancam akan menjual surat cerai dan surat nikah Bung Karno dan Inggit Garnasih pada tahun 2010 lalu. (act)

(Lihat juga: VIRAL! SURAT CERAI SOEKARNO DITAWAR RP25 M, CUCU INGGIT: JANGAN SALAHKAN SAYA, PEMERINTAH TAK PEDULI)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
04:27

Anies Baswedan Menang Telak dalam Polling ILC

Anies Baswedan Menang telak dengan meraih 77 persen suara pada polling yang dilakukan akun Twitter Indonesia Lawyers Club @YouTubeILC.
img_title
02:18

Kesepakatan Kompendium Bali

Pelaksanaan Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) G20 yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali menghasilkan kesepakatan kompendium.
img_title
05:28

Kecelakaan Maut di Tol Bawen-Ungaran, 5 Orang Tewas dan 7 Luka-luka

Kecelakaan maut terjadi di tol Bawen-Ungaran jalur B KM 438,400 hingga 500 pada Sabtu (24/9/2022) pagi tadi.
img_title
02:17

Polda Kalsel Sita Ratusan Kayu Ilegal, 3 Perusahaan Pengekspor jadi Tersangka

Polri dan Polda Kalimantan Barat menggagalkan upaya ekspor kayu hasil pembalakan liar yang menjadikan tiga perusahaan sebagai tersangka.
img_title
01:28

Tebing Setinggi 10 Meter di Ciamis Longsor, 4 Rumah Warga Rusak

Tebing setinggi 10 meter di kecamatan Tambaksari, Ciamis, Jawa Barat longsor. Empat bangunan rumah warga rusak parah akibat musibah ini.
img_title
08:17

Ganjar, Prabowo, dan Anies Tiga Besar Elektabilitas Survei Charta

Tiga nama bertarung dalam survei elektabilitas yang diselenggarakan oleh lembaga survei Charta Politika. Tiga nama tersebut bersaing ketat dengan angka elektabilitas di atas 20 persen.
img_title
01:46

Kuasa Hukum Lukas Enembe Datangi Gedung KPK

Kuasa Hukum Gubernur Papua Lukas Enembe hari ini mendatangi gedung KPK. Kedatangan mereka untuk memperjelas kondisi kesehatan Lukas Enembe.
img_title
02:18

Sidang Vonis Bupati Bogor Nonaktif Ade Yasin Berakhir Ricuh

Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin diganjar Hakim 4 tahun penjara dalam kasus suap terhadap pegawai BPK perwakilan Jawa Barat.
img_title
01:27

Siswi SMP di Makassar Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Dikeroyok Temannya | Kabar Pagi tvOne

Seorang siswi SMP di Kota Makassar, Sulawesi Selatan menjadi korban pengeroyokan rekannya usai pulang sekolah.
img_title
03:11

Wakil Ketua DPRD Depok Ngamuk ke Sopir Truk

Aksi wakil ketua DPRD Depok viral setelah memberikan sanksi fisik kepada seorang sopir proyek tol di Limo Depok, Jawa Barat Jumat (23/9/2022) siang.
img_title
02:33

Gudang Pengepul Solar di Palembang Terbakar

Polisi telah mengetahui penyebab kebakaran gudang penyimpanan solar di Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan.
img_title
00:57

Banjir 1 Meter Rendam Ratusan Rumah di Pangandaran

Ratusan rumah warga di Pangandaran, Jawa Barat terendam banjir hingga satu meter. Warga evakuasi anak kecil dan ibu hamil untuk mengungsi.
img_title
01:46

Arab Saudi akan Perkuat Hubungan Dagang dengan RI

Mendag Arab Saudi diperintahkan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saudi dan putra mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman untuk memperkuat hubungan dagang dengan Indonesia.
img_title
01:16

Jokowi Minta Bawaslu Tegas Penegakan Hukum pada Pemilu 2024

Presiden Joko Widodo meminta Bawaslu tegas menegakkan hukum dalam Pemilu. Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Rahmat Bagja pada saat bertemu presiden.
img_title
01:38

Kacang Kedelai Impor Mahal, Produsen Berencana Menaikan Harga Tahu

Produsen tahu di Cianjur, Jawa Barat terkena dampak kenaikan harga BBM yang turut memicu kenaikan harga kacang kedelai impor sebagai bahan baku utama tahu.
img_title
01:49

Nekat! Maling Spion Kembali Beraksi di Tengah Jalan

Aksi nekat mencuri spion di tengah jalan ini terjadi di Jalan Letjen S Parman, Tanjung Duren, Jakarta Barat. Aksi pelaku terekam dari kamera dashboard sebuah mobil.
img_title
02:17

Berpindahnya ke Kompor Listrik Diklaim Menghemat APBN Sebesar 330 Miliar Rupiah per Tahun

Direktur utama PLN Dharmawan Prasojo menjelaskan, program konversi LPG ke kompor induksi dapat menghemat APBN sebesar 330 miliar rupiah per tahunnya.
img_title
02:49

Kejagung Masih Dalami Berkas Perkara Kasus Brigadir J

Kejaksaan Agung masih terus melakukan pendalaman terkait berkas perkara para tersangka pembunuhan berencana Brigadir J.
img_title
06:49

BREAKING NEWS! MA Respons Terkait Status Tersangka Hakim Agung

KPK menangkap 8 orang terkait OTT di Mahkamah Agung pada Kamis sore kemarin. Pihak Mahkamah Agung pun memberikan respon atas kejadian tersebut.
img_title
12:45

Dugaan Korupsi Formula E Jadi Sorotan, Anies Dijegal?

Pemilu 2024 masih jauh, tetapi aroma jegal menjegal mulai berhembus dengan kencang. Apakah cara itu menjadi upaya menjaga Anies dan Prabowo mengikuti konsistensi dalam Pilpres 2024? Berikut selengkapnya.
Jangan Lewatkan
Indonesia Cetak Transaksi Rp23,3 Triliun dari Pameran China-ASEAN di Nanning

Indonesia Cetak Transaksi Rp23,3 Triliun dari Pameran China-ASEAN di Nanning

Indonesia berhasil membukukan transaksi bisnis senilai Rp23,3 triliun dari keikutsertaannya di ajang Pameran China-ASEAN (CAExpo) ke-19 di Nanning, Daerah Otonomi Guangxi, pada 16–19 September 2022.
Eksplore Destinasi Wisata Sumut, AHY Hadiri Jambore Otomotif Indonesia di Kabupaten Toba

Eksplore Destinasi Wisata Sumut, AHY Hadiri Jambore Otomotif Indonesia di Kabupaten Toba

Eksplore Destinasi Wisata Sumut, AHY Hadiri Jambore Otomotif Indonesia di Kabupaten Toba
Polda Metro Jaya Buka Layanan SIM Keliling di Dua Titik Jakarta Minggu Ini 25 September

Polda Metro Jaya Buka Layanan SIM Keliling di Dua Titik Jakarta Minggu Ini 25 September

Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya masih membuka dua layanan SIM Keliling di dua titik DKI Jakarta, untuk memfasilitasi warga dalam memperpanjang bukti legal berkendara itu, Minggu. 
Memilukan, Dirajam Sampai Tewas, 2 Pelaku Zina Mengaku di Hadapan Nabi

Memilukan, Dirajam Sampai Tewas, 2 Pelaku Zina Mengaku di Hadapan Nabi

Memilukan, Dirajam Sampai Tewas, 2 Pelaku Zina Mengaku di Hadapan Nabi
Makin Seru, Taman Wisata Alam Punti Kayu Kembangkan Atraksi Mulai dari Area Foto hingga Area Kemah

Makin Seru, Taman Wisata Alam Punti Kayu Kembangkan Atraksi Mulai dari Area Foto hingga Area Kemah

Makin seru untuk dikunjungi, Taman Wisata Alam Punti Kayu terus mengembangkan atraksinya mulai dari area foto hingga area kemah. Jumlah kunjungan sempat turun.
Nikmatnya Opor Enthok Khas Wonosobo, Pengunjung Bisa Makan Langsung di Pawon Sambil Bernostalgia

Nikmatnya Opor Enthok Khas Wonosobo, Pengunjung Bisa Makan Langsung di Pawon Sambil Bernostalgia

Makan di restoran atau kafe yang mewah dan kekinian mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jadinya jika makan langsung dari pawon atau dapur warung makannya?
Simak Jadwal KRL Jogja-Solo Hari Ini, Minggu 25 September 2022, Ada Kereta dari Stasiun Tugu Yogyakarta Pukul 20.17 WIB

Simak Jadwal KRL Jogja-Solo Hari Ini, Minggu 25 September 2022, Ada Kereta dari Stasiun Tugu Yogyakarta Pukul 20.17 WIB

Berdasarkan situs resmi KAI Commuter, berikut jadwal KRL relasi Jogja-Solo untuk hari ini, Minggu, 25 September 2022, pastikan anda tak lupa mengisi saldo KMT.
Aksi Sikat Gigi Serentak di Batang Pecahkan Rekor Muri Peserta Terbanyak

Aksi Sikat Gigi Serentak di Batang Pecahkan Rekor Muri Peserta Terbanyak

Memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional yang jatuh pada 12 September 2022, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Pekalongan aksi sikat gigi anak.
Unik, Lomba Karapan Ayam Berlangsung Jelang Peringatan Dirgahayu ke 77 TNI di Sumbawa Barat

Unik, Lomba Karapan Ayam Berlangsung Jelang Peringatan Dirgahayu ke 77 TNI di Sumbawa Barat

Jelang peringatan hari jadi TNI Ke-77 berbagai kegiatan digelar Kodim 1628/Sumbawa Barat mulai dari giat bakti sosial donor darah hingga lomba Karapan Ayam
Rawan Tanah Bergerak, BPBD Banjarnegara Siaga Sebanyak 75 Persen WIlayah Titik Longsor

Rawan Tanah Bergerak, BPBD Banjarnegara Siaga Sebanyak 75 Persen WIlayah Titik Longsor

Memasuki musih penghujan dengan intensitas tinggi diprediksi akan terjadi mulai bulan September - November datang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Coffee Break
09:00 - 11:00
Best World Boxing
11:00 - 11:30
#DiIndonesiaAja
11:30 - 12:30
Kabar Siang
12:30 - 14:00
Damai Indonesiaku
14:00 - 15:00
OnePrix
Selengkapnya