LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Jakarta Kembali Dilanda Banjir, Air Rendam Tujuh RW di Pejaten Timur Dengan Ketinggian 1,5 Meter

Senin, 8 Februari 2021

Jakarta – banjir melanda permukiman warga di sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Di Kelurahan Pejaten Timur, oasar Minggu, Jakarta Selatan, banjir merendam ratutan rumah warga pada sejak Minggu (7/2) malam.

Sebagian warga mengungsi ke posko pengungsian akibat banjir karena hujan dan luapan Sungai Ciliwung. "Pagi ini sudah 28 jiwa dievakuasi oleh personel Damkar DKI dari Sektor IX Pasar Minggu. Dengan rincian 20 orang dewasa, 7 anak-anak dan satu balita," demikian keterangan Damkar DKI Jakarta.

Petugas Damkar mulai mengevakuasi warga pukul 03.00 WIB seiring meningkatkan genangan banjir di wilayah Pejaten Timur akibat luapan Sungai Cilwiung. Warga yang semula bertahan di rumahnya diungsikan sementara di Masjid Al Makmur, Gang Buntu, RT 17/RW 07.

Hingga kini personel penyelamatan Damkar masih bersiaga di lokasi dan terus memberikan imbauan kepada masyarakat untuk segera mengungsi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah mengimbau masyarakat di bantaran sungai untuk waspada banjir karena status Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat waspada atau Siaga III banjir pada pukul 04.00 WIB.

Sejak Minggu (7/2) tinggi muka air di Bendung Katulampa telah berstatus Siaga III. Hal ini berdampak bagi warga wilayah hilir. Salah satu wilayah terdampak di Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, air menggenang pemukiman sejak pukul 13.00 WIB dengan ketinggian mulai 150 cm sampai 170 cm di tujuh RW. Tercatat 215 kepala keluarga terdampak banjir.

Dapur Umum

Sementara itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Selatan mendirikan dapur umum untuk menyuplai makanan siap saji bagi warga terdampak banjir di wilayah tersebut. "Dapur umum didirikan di markas PMI, nanti makanan yang diproduksi tinggal kita distribusikan ke warga terdampak banjir," kata Humas PMI Jakarta Selatan, Dedet Heryadi.

Menurut catatan PMI Jakarta Selatan banjir terjadi di Kelurahan Pejaten Timur, Kelurahan Rawajati, Kelurahan Pengadegan, Kelurahan Bangka, Kelurahan Kebon Baru, dan Kelurahan Seskoal, dengan ketinggian bervariasi mulai 20 cm hingga mencapai satu meter.

Dedet menyebutkan, dapur umum PMI mendistribusikan 500 kotak nasi bungkus untuk makam siang bagi warga terdampak banjir dengan rincian 200 kotak di Kelurahan Pejaten Timur, 100 kotak di Kelurahan Pengadegan, 100 kotak di Kelurahan Kebon Baru dan 100 kotak di Kelurahan Rawajati. (ito)

 

(Lihat Juga: Enam kecamatan di Karawang terendam banjir)

 

Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:26

Hadiri Forum Keamanan Dunia, Prabowo Mendapat Ucapan Selamat dari Pejabat Negara

Presiden Republik Indonesia (RI) terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapat sambutan dan ucapan selamat dari sejumlah kepala negara saat menghadiri International Institute Security Summit.
img_title
01:56

ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah kepada PT. KAI

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan dua sertifikat hak pengelolaan tanah kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI). 
img_title
15:09

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Digelar di Dumai, Riau

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 digelar pagi hari ini (1/6/2024) di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Riau.
img_title
07:45

Pegi Minta Bantuan Presiden Jokowi, Aryanto: Simbol Ketidakadilan Polisi

Aryanto Sutadi menilai bahwa ini menjadi salah satu simbol atau gambaran ketidakadilan polisi dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon pada 2016 silam.
img_title
14:04

Masyarakat Gelar Aksi Bela Palestina

Ribuan warga mengikuti Aksi Bela Palestina yang digelar di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Jakarta Pusat pada Sabtu (1/6/2024). 
img_title
00:47

Gibran Respons Putusan MA yang Mencabut Batasan Usia untuk Calon Kepala Daerah

Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka ikut menanggapi putusan Mahkamah Agung (MA) yang disebut memberikan peluang bagi sang adik Kaesang Pangarep untuk berkontestasi di Pilkada.  
img_title
01:33

Bobotoh Rayakan Kemenangan Persib dan jadi Juara Liga 1

Ribuan Bobotoh pendukung klub Persib Bandung tumpah ruah di Jalan Kota Bandung, Jawa Barat untuk merayakan keberhasilan Persib dalam menjuarai kompetisi Liga 1 musim ini. 
img_title
01:11

TRAGIS! Seorang Pekerja di Pabrik Limbah Plastik Tewas Tergiling Mesin

Seorang pekerja pengolah limbah plastik daur ulang tewas usai tergiling mesin di sebuah pabrik limbah plastik di kawasan Pegadungan,  Kalideres, Jakarta Barat. 
img_title
01:43

Eks Ajudan Prabowo Maju Pilgub Jateng

Mantan ajudan Prabowo Subianto, Sudaryono maju sebagai calon Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada serentak 2024 mendatang.  
img_title
02:06

Asosiasi Pengusaha Indonesia Tolak Program Tapera!

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan keberatan atas keputusan Presiden Joko Widodo yang mewajibkan seluruh pegawai untuk mengikuti Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).
img_title
03:27

TEGAS! Jokowi Minta Penyelidikan Kasus Vina Transparan

Presiden Joko Widodo turut bicara tentang kasus pembunuhan Vina dan Eky dan meminta untuk pihak kepolisian agar mengupas tuntas kasus tersebut.
img_title
02:55

Polisi Beri Tanda di Lokasi Kejadian Pembunuhan Vina

Pihak kepolisian memberikan tanda di lokasi kejadian atau tempat kejadian perkata (TKP) tepatnya di di Jalan Layang Talun dalam kasus pembunuhan sepasang kekasih Vina dan Eky pada tahun 2016 silam. 
img_title
04:42

Komentar Jokowi soal Tapera Tuai Pro & Kontra

Pemerintah lewat PP Nomor 21 Tahun 2024 mewajibkan para pekerja untuk mengikuti tabungan perumahan rakyat atau Tapera yang dimana besarannya yakni 3 persen dari gaji atau upah pekerja. 
img_title
04:28

Pengakuan Melmel Melihat Langsung Kejadian Kasus Pembunuhan di TKP

Melmel saksi kunci kasus Vina beberkan detik-detik kejadian penyiksaan Vina dan Eky oleh Pegi dan kawan-kawan di malam pembunuhan 2016 silam. 
img_title
02:49

9 Daftar Nama Terpilih jadi Pansel Capim KPK

9 nama telah disetujui Presiden Joko Widodo melalui keputusan presiden sebagai Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK dan Dewan Pengawas KPK periode 2024-2029. 
img_title
02:43

Mencium Dugaan Pelanggaran, Komnas HAM Datangi Mapolda Jabar

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM mendatangi Mapolda Jawa Barat pada Kamis (30/5/2024) pagi. 
img_title
03:28

Polri Angkat Bicara soal 2 DPO Fiktif Kasus Pembunuhan Vina

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Sandi Nugroho buka suara terkait dengan dua DPO yang dianggap fiktif atau tidak ada oleh Polda Jawa Barat dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon. 
img_title
01:11

Imbas Crane Jatuh, Pihak MRT Minta Maaf atas Terhentinya Operasional Kereta

Jatuhnya besi crane proyek pembangunan Gedung Kejaksaan Agung yang masuk di perlintasan jalur kereta MRT, membuat operasional perjalanan kereta MRT sempat terhenti.
img_title
13:29

Pengacara Berbondong-bondong Bela Pegi, Ini Respon Kuasa Hukum Pegi

Sebelumnya puluhan pengacara pun ikut turun tangan memberi dukungan bagi pegi Setiawan yang diyakini tak terlibat sebagai otak pembunuhan.
Jangan Lewatkan
Usai Juara Liga 1, Legenda Persib dan Eks Timnas Indonesia Beri Wejangan Khusus Buat Manajemen Maung Bandung

Usai Juara Liga 1, Legenda Persib dan Eks Timnas Indonesia Beri Wejangan Khusus Buat Manajemen Maung Bandung

Bakal tampil level Asia, Persib Bandung mendapat wejangan khusus dari salah satu legendanya dan mantan penggawa Timnas Indonesia usai menjuarai Liga 1 23/24.
Kehadiran Calvin Verdonk di Sesi Latihan Timnas Indonesia Curi Perhatian Suporter Lawan hingga Beri Reaksi Mengejutkan

Kehadiran Calvin Verdonk di Sesi Latihan Timnas Indonesia Curi Perhatian Suporter Lawan hingga Beri Reaksi Mengejutkan

Suporter Filipina memberi reaksi mengejutkan setelah melihat Calvin Verdonk ikut latihan Timnas Indonesia jelang babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.
Klok 'Menamatkan' Sepak Bola Indonesia Saat Shin Tae-yong Tak Memanggilnya ke Skuad Garuda

Klok 'Menamatkan' Sepak Bola Indonesia Saat Shin Tae-yong Tak Memanggilnya ke Skuad Garuda

Pemain Persib Bandung yang tak dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, Marc Klok telah meraih semua gelar di sepak bola tanah air.
Viral Mobil Berplat B Dirusak Oknum Suporter di Bandung, Korban Wanita: Kita Ini Orang Bandung

Viral Mobil Berplat B Dirusak Oknum Suporter di Bandung, Korban Wanita: Kita Ini Orang Bandung

Viral di media sosial (Medsos) seorang ibu jadi korban perusakan mobil oleh oknum suporter di Jalan Garuda, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/5/2024) malam.
4 Calon Haji Embarkasi Batam Meninggal Dunia di Tanah Suci

4 Calon Haji Embarkasi Batam Meninggal Dunia di Tanah Suci

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri) mencatat empat calon haji meninggal di Tanah Suci, Madinah dan Makkah, Arab Saudi.
Kemenag Jamin Kualitas Makanan Jemaah Haji, Menu Juga Disesuaikan untuk Kelompok Lansia

Kemenag Jamin Kualitas Makanan Jemaah Haji, Menu Juga Disesuaikan untuk Kelompok Lansia

Makanan jemaah haji indonesia di Tanah Suci dipastikan aman dan berkualitas. Hal ini juga untuk kelompok yang usia lanjut (lansia).
Kata Antam soal Korupsi Emas Ilegal 109 Ton yang Dilakukan 6 Mantan GM secara Turun-Temurun, Logam Mulia Palsu Beredar sejak 2010?

Kata Antam soal Korupsi Emas Ilegal 109 Ton yang Dilakukan 6 Mantan GM secara Turun-Temurun, Logam Mulia Palsu Beredar sejak 2010?

Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie angkat bicara soal kasus korupsi tata kelola emas yang melibatkan 6 mantan general manager PT Aneka Tambang.
Pakai Bus Terbuka, Konvoi Juara Liga 1 Persib Bandung Disambut Lautan Bobotoh Menuju Gedung Sate

Pakai Bus Terbuka, Konvoi Juara Liga 1 Persib Bandung Disambut Lautan Bobotoh Menuju Gedung Sate

Peraih gelar juara Liga 1 23/24, Persib Bandung melakukan iring-iringan menggunakan bus terbuka dan disambut riuh oleh para bobotoh pada Sabtu (01/06/2024).
Setubuhi Anak Dibawah Umur, Oknum Polisi Ditetapkan Sebagai Tersangka dan Terancam Dipecat

Setubuhi Anak Dibawah Umur, Oknum Polisi Ditetapkan Sebagai Tersangka dan Terancam Dipecat

oknum polisi Bripka SR, terduga pelaku kekerasan seksual kepada anak di bawah umur itu, kini telah ditahan penyidik Satreskrim Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.
146 Ribu Jemaah Haji Indonesia Sudah di Tanah Suci, 31 Orang Syahid

146 Ribu Jemaah Haji Indonesia Sudah di Tanah Suci, 31 Orang Syahid

Anggota Media Center Kemenag Widi Dwinanda melaporkan jemaah haji Indonesia yang sudah di Tanah Suci sebanyak 146.454 jemaah dari 373 kloter, Sabtu (1/6/2024).
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Kabar Utama
21:00 - 22:00
Indonesia Dalam Peristiwa
22:00 - 23:00
One Pride Mixed Martial Arts
Selengkapnya