LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Colong Start Sekolah Tatap Muka, Walkot Bekasi: 92% Zona Sudah Hijau | tvOne

Selasa, 23 Maret 2021

Bekasi, Jawa barat – Pemerintah Pusat mewacanakan Sekolah tatap muka dimulai bulan Juli 2021, tetapi Kota Bekasi, Jawa Barat telah lebih dulu memulai kegiatan tersebut. Wali Kota Rahmat Effendi mengatakan sekolah tatap muka telah dilakukan secara bertahap karena zona di kotanya sudah 92 persen hijau.

“Sebenarnya target kami 50 persen, tetapi kami (buka) secara bertahap karena memang RT yang hijau di wilayah kami ini baru 92 persen. Jadi tinggal 8 persen lagi RT yang zonanya kuning. Secara bertahap akan kita tingkatkan kuantitasnya,” kata Rahmat Effendi di program Apa Kabar Indonesia Pagi, Selasa, 23 Maret 2021.

Dia menampik telah melakukan “curi start” karena telah mengajukan izin sekolah tatap muka sejak tahun lalu.

“Saya sejak bulan Juli 2020 kemarin sudah mengajukan dua atau tiga surat ke Kementerian Pendidikan, tapi terbentur zona di wilayah-wilayah itu. Kami tunda. Saat sekarang sudah 92 persen maka rasanya untuk melakukan kebiasaan pada proses adaptasi ini ya mau tidak mau secara bertahap kita buka tatap muka itu dengan Prokes  yang ketat,” tambahnya.

Namun wali kota yang akrab disapa Pepen ini menyatakan bahwa orang tua diberi kebebasan untuk memilih yang terbaik untuk putra-putrinya.

“Kalau orang tua masih keberatan kita tidak izinkan dalam tatap muka,” terangnya.

Pepen juga mengungkapkan salah satu alasan dimulainya sekolah tatap muka adalah vaksinasi guru yang sudah selesai di wilayahnya.

“Sarana dan prasarana sekolah juga menjadi bagian yang sangat penting, guru-gurunya juga tidak kalah penting. Kita sudah selesai guru-gurunya kita lakukan vaksinasi. Jadi pada saat ini sudah terpenuhi, rasanya dengan menggunakan video conference ini anak-anak jadi banyak waktu terbuang. Makanya sekarang kita masuk proses tatap muka secara bertahap,” ujar Pepen.

Sebelunya, Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Jawa Barat mengizinkan 110 sekolah menggelar pembelajaran tatap muka dengan mengikuti pedoman Protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Pembelajaran dimulai tiga rombongan Belajar setiap sekolah, lalu terus ditambah hingga 50 persen jumlah ruang kelas yang ada," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah di Bekasi, Senin (22/3).

Dia mengatakan pembelajaran tatap muka diizinkan dilakukan di 22 SMP dan 88 SD baik sekolah negeri dan swasta dengan didahului persiapan melakukan pembelajaran.

"Sebanyak 110 sekolah yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka tapi yang hari ini langsung melaksanakan di SMPN 2 Kota Bekasi,” katanya.

Menurut dia pembelajaran secara tatap muka ini sebetulnya hanya persiapan sebab belajar daring masih menjadi pilihan utama sehingga persiapan tatap muka kali ini tidak melibatkan semua sekolah.

"Jadi dibagi dalam tiga rombongan belajar di setiap satu sekolah. Untuk satu rombel, hanya 18 murid. Sehingga tiga rombel dalam satu sekolah maka yang bisa menggelar tatap muka sebanyak 54 murid," katanya.

"Untuk teknisnya diserahkan kepada pihak sekolah karena pihak sekolah yang akan menyesuaikan masing-masing program pengajaran," ucapnya.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiah mengatakan skema sekolah tatap muka ini tertuang dalam kebijakan adaptasi tatanan hidup baru satuan pendidikan yang merujuk pada pedoman yang dibuat Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Sajekti menekankan pembelajaran tatal muka pada 110 sekolah itu bukan perintah dari pemerintah melainkan sebaliknya, pihak sekolah yang mengajukan proposal.

"Tidak ada pemaksaan kepada sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Kebijakan ini merupakan respon atas berbagai usulan agar sekolah tatap muka mulai diselenggarakan," katanya. (act/ant)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
11:49

Pengamat Politik Memprediksi PKS akan Gabung Prabowo-Gibran: Udah Lelah jadi Oposisi

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dikabarkan akan mengikuti jejak Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan NasDem masuk ke dalam koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran. 
img_title
13:19

Kronologis Gadis Usia 16 Tahun Tewas Dicekoki Narkoba

Kisah malangnya nasib seorang wanita berusia 16 tahun, belakangan ini menyita perhatian publik. Berikut kronologinya.
img_title
11:41

Ibunda Bongkar Rahasia Lemparan Jauh Pratama Arhan

Suratih selaku ibunda Pratama Arhan menjelaskan bahwa keahlian lemparan maut anaknya tersebut muncul sejak ia bergabung dengan Timnas Indonesia. 
img_title
05:37

Remaja Berusia 16 Tahun Tewas Akibat Dicekoki Narkoba Sekaligus Dilecehkan

Seorang gadis remaja (16) tewas usai dicekoki narkoba dan dilecehkan oleh sejumlah pria dewasa di sebuah hotel di kawasan Senopati, Jakarta Selatan. 
img_title
01:32

Usai Ditetapkan sebagai Pemenang Pilpres 2024, Gibran kembali Ngantor di Balai Kota Solo

Usai KPU menetapkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali berkantor di Balai Kota Solo. 
img_title
01:24

Menhan AS Berikan Selamat kepada Prabowo dan Membahas Modernisasi Militer Indonesia

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menerima panggilan telepon dari Menteri Pertahanan Amerika Serikat, H.E. Mr. Lloyd J. Austin III, Rabu (24/4/2024).
img_title
02:04

Momen Surya Paloh Disambut Hangat saat ke Kediaman Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai NasDem yakni Surya Paloh bertandang ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di jalan Kertanegara, Jakarta. 
img_title
01:14

Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia Laporkan Pendeta Gilbert Lumoindong ke Polisi

Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) melaporkan Pendeta Gilbert Lumoindong ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. 
img_title
01:19

Kemenangan Timnas Indonesia Melawan Korsel Dirayakan Meriah Warga Brebes

Kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas kesebelasan Korea Selatan U-23 pada babak perempat final Piala Asia U-23 tahun 2024 disambut euforia oleh ribuan warga di Brebes, Jawa Tengah. 
img_title
04:51

Pemerhati Sepak Bola Berikan Pesan untuk PSSI Demi Kelanjutan Timnas Indonesia

Erwin Fitriansyah selaku pemerhati sepak bola Indonesia memberikan tanggapan serta pesan kesan untuk PSSI demi kelanjutan Timnas Indonesia kedepannya. 
img_title
05:36

Tanggapan Menpora soal Lolosnya Timnas Indonesia ke Semifinal AFC U23

Timnas Indonesia U-23 sukses melangkah ke perempat final Piala Asia U-23 usai mengalahkan Korea Selatan U-23 pada pertandingannya dini hari tadi (26/4/2024). 
img_title
05:44

Arhan Jadi Penentu Garuda Muda Lolos ke Semifinal AFC U23, Andre Rosiade Tanggapi Perubahan Timnas

Kunci kemenangan Timnas Indonesia U-23 itu ada pada pemain Timnas Pratama Arhan dengan nomor punggung 12. 
img_title
12:52

Blak-blakan Dengan Anies Baswedan Pasca Pilpres 2024

Anies Baswedan mengungkapkan alasan menghadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih dari Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (24/4) pagi. 
img_title
02:54

PKB Siap Gabung Ke Prabowo?

Langkah rekonsiliasi yang ingin dibangun presiden terpilih Prabowo Subianto langsung direalisasikan dengan menemui Muhaimin Iskandar.
img_title
06:51

KPU Tegaskan Sudah Kirim Surat Undangan Ke 3 Paslon

Pasangan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD tidak menghadiri acara penetapan Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka sebagai dan wakil presiden terpilih oleh KPU. 
img_title
03:07

PKS dan NasDem akan Berkolaborasi Dalam Pilkada 2024

Petinggi DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersilaturahmi ke Nasdem Tower dan bertemu Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.
img_title
01:31

Kasus DBD di Dharmasraya, 2 Pasien Meninggal Dunia

Kasus demam berdarah di Kabupaten Dharmasraya ini terus meningkat dan menyebabkan dua orang meninggal dunia.
img_title
01:45

Gibran & Bobby Raih Penghargaan dari Presiden Jokowi

Anak dan menantu Presiden Joko Widodo mendapatkan penghargaan dalam peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28.
img_title
04:12

Partai NasDem akan Temui Prabowo di Kertanegara

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sore ini (25/4/2024) direncanakan bertemu dengan presiden terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan. 
Jangan Lewatkan
Viral, Ernando Ari Berjoget Dihadapan Pemain Korea Selatan Usai Arkhan Fikri Gagal Bawa Timnas Indonesia Menang Lebih Dulu di Piala Asia U-23

Viral, Ernando Ari Berjoget Dihadapan Pemain Korea Selatan Usai Arkhan Fikri Gagal Bawa Timnas Indonesia Menang Lebih Dulu di Piala Asia U-23

Timnas Indonesia melangkah ke Semi Final Piala Asia U-23 usai menang dramatis lewat adu penalti pada laga perempat final melawan Korea Selatan (Korsel).
Gadis 16 Tahun Korban Pembunuhan di Hotel Jakarta Selatan Ternyata Berstatus...

Gadis 16 Tahun Korban Pembunuhan di Hotel Jakarta Selatan Ternyata Berstatus...

Polres Metro Jakarta Selatan mengungkap kasus pembunuhan terhadap seorang gadis berinisial FA berusia 16 tahun di hotel yang terletak di kawasan Senoparti, Jakarta Selatan.
Shin Tae-yong Mesra dengan Timnas Indonesia, Media Korea Selatan Tiba-Tiba Bilang Rindu

Shin Tae-yong Mesra dengan Timnas Indonesia, Media Korea Selatan Tiba-Tiba Bilang Rindu

Media Korea Selatan mendadak bilang rindu kepada Shin Tae-yong setelah sang pelatih mengantarkan timnas Indonesia U-23 ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024.
Bacaan Al-Qur'an Surat Al-Hijr Ayat 51-55 Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Al-Qur'an Surat Al-Hijr Ayat 51-55 Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Al-Qur'an surat Al-Hijr ayat 51-55 lengkap tulisan Arab, latin, dan artinya. 
Rekan Setim Cristiano Ronaldo Gagal Hadapi Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Rekan Setim Cristiano Ronaldo Gagal Hadapi Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Rekan setim Cristiano Ronaldo tidak akan hadapi timnas Indonesia U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah negaranya tersisih di babak perempat final.
Ini Barang Bukti yang Didapat Polisi Dari Dua Pelaku Pembunuhan Gadis di Jakarta Selatan, Diantaranya Bikin Tercengang...

Ini Barang Bukti yang Didapat Polisi Dari Dua Pelaku Pembunuhan Gadis di Jakarta Selatan, Diantaranya Bikin Tercengang...

Gadis berusia 16 tahun berinisial FA ditemukan tewas usai dicekokoi minuman keras dicampur narkoba hingga dijadikan budak seks oleh kedua pelaku pria berinisial A dan BH di Jakarta Selatan.
Hasil Piala Asia U-23 2024: Tekuk Arab Saudi, Uzbekistan Jadi Lawan Timnas Indonesia U-23 di Semifinal

Hasil Piala Asia U-23 2024: Tekuk Arab Saudi, Uzbekistan Jadi Lawan Timnas Indonesia U-23 di Semifinal

Uzbekistan bakal menjadi lawan timnas Indonesia U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024 setelah berhasil mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-0, Jumat (26/4).
Cukup Minum Ini, Seketika Perut Rata Tak Ada Lemak Lagi Tanpa di Sedot, dr Zaidul Akbar Bilang Hanya dengan…

Cukup Minum Ini, Seketika Perut Rata Tak Ada Lemak Lagi Tanpa di Sedot, dr Zaidul Akbar Bilang Hanya dengan…

Lemak yang menumpuk menjadi musuh bagi semua orang karena dianggap menjadi ciri tubuh yang kurang sehat. dr Zaidul Akbar berikan tips lemak tubuh terbakar alami
Tampil di Kandang Sendiri, Persis Solo Harus Tunduk dari Tamunya Persita 1-2

Tampil di Kandang Sendiri, Persis Solo Harus Tunduk dari Tamunya Persita 1-2

Tim tuan rumah Persis Solo harus tunduk dari tamunya Persita Tangerang 1-2 dalam pertandingan terakhir pada Liga I 2023/2024 di kandang sendiri, Stadion Manahan Solo, Jumat (26/4/2024).
Indonesia Tampil Perkasa di Piala Asia U-23, Ini Doa Tulus dari Orang Tua Pratama Arhan

Indonesia Tampil Perkasa di Piala Asia U-23, Ini Doa Tulus dari Orang Tua Pratama Arhan

Kemenangan dramatis Timnas Indonesia U-23 atas Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024 membawa kebahagiaan bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk orang tua Pratama Arhan.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
03:00 - 03:30
Kabar Utama
03:30 - 04:00
Telusur
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
06:00 - 06:30
Kabar Arena Pagi
Selengkapnya