LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

MUI Minta Nadiem Revisi Permen PPKS

Minggu, 14 November 2021
Ketua Majelis Ulama Indonesia ( Mui), Cholil nafis menyatakan hasil ijtima ulama MUI menolak Permendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021.
Permendikbud Ristek No. 30 Tahun 2021 tersebut diketahui berisi tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi.
Ketua MUI Cholil Nafis meminta agar Permendikbud Ristek tersebut dibatalkan atau direvisi khususnya pada pasal 5 ayat 2 dan 3.
Pro kontra mengenai permendikbud PPKS ini bukan tanpa alasan. Pihak yang pro terhadap Permendikbud menganggap bahwa Permen ini merupakan angin segar dan salah satu cara pemerintah mau untuk membenahi aturan dan melindungi korban kekerasan seksual yang saat ini sudah dalam tahap darurat, khususnya di lingkungan pendidikan tinggi.
Sedangkan kubu yang kontra dengan Permendikbud ini tidak setuju frasa “tanpa persetujuan korban” yang dianggap akan melegalkan seks bebas atau zina. 
Menanggapi hal tersebut, Kemendikbud Ristek menuturkan, peraturan tersebut dibuat untuk menangani kekerasan seksual yang selama ini luput tertangani oleh pihak kampus. Permen ppks disusun dengan mengingat adanya 10 peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi kedudukannya di mata hukum, serta telah melalui proses harmonisasi di Kemenkumham.
Selain itu, Koalisi Masyarakat Sipil Anti Kekerasan Seksual (KOMPAKS) yang terdiri dari 101 lembaga, kolektif, dan organisasi mendukung Permendikbud PPKS ini. Koalisi menilai aturan ini sebagai langkah maju negara menghadirkan perlindungan bagi korban kekerasan seksual di lingkungan kampus.
Bagaimana sebenarnya kenyataan di lapangan sehingga Menteri Nadiem Makarim menilai bahwa Permendikbud PPKS ini sangat dibutuhkan?
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menuturkan bahwa pencegahan kekerasan seksual harus dilakukan dimanapun termasuk di lingkungan pendidikan.
“Kita melihat fakta bahwa kasus kekerasan seksual terjadi di lingkungan perguruan tinggi nyata adanya dan kerap tidak tertangani dengan semestinya,” kata Bintang Puspayoga melalui keterangan tertulis, Kamis (11/11/2021).
Salah satu kasus yang baru-baru ini terungkap yaitu terjadi di Universitas Riau (Unri). Seorang mahasiswi angkatan 2018 diduga mengalami pelecehan seksual oleh dosennya.
Kasus lainnya pada April 2021, seorang Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember berinisial RH ditetapkan sebagai tersangka kasus pencabulan terhadap keponakannya sendiri yang merupakan mahasiswa kampus tersebut.
Tidak hanya itu, kasus lain terungkap, Rektor Universitas PGRI Argopuro (Unipar) Jember berinisial RS mengakui telah melakukan pelecehan seksual pada seorang dosen wanita berinisial HI di sebuah hotel di Pasuruan dalam sebuah acara diklat pada Juni 2021. Dirinya lantas mengundurkan diri lantaran permintaan pihak yayasan.
Komnas Perempuan juga merilis laporan pada Oktober 2020 yang menunjukkan terdapat 27% aduan kasus kekerasan seksual yang terjadi di perguruan tinggi dalam rentang waktu 2015-2020.
Survei Direktorat Jenderal Kemendikbud Ristek (2020) mencatat 77% dosen mengatakan kekerasan seksual pernah terjadi di kampus. Namun, 63% dari mereka tidak melaporkan kasus.(awy)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
03:36

Lansia Tersesat Ditemukan Lemas di Pegunungan Muria

Seorang pria lanjut usia yang ditemukan lemas di jalur pendakian puncak Tanggulangsi Gunung Muria Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
img_title
07:30

Tes Kejiwaan Akan Dilakukan Terhadap Pelaku Pembunuhan Sadis Istri di Ciamis

Tarsum (41) tega memutilasi tubuh istrinya Yanti (40) pada Jumat (3/5/2024) pagi. Tarsum melakukan aksi sadisnya itu di sekitar rumahnya di Ciamis, Jawa Barat.
img_title
03:27

Prabowo Subianto Gagas 'Presidential Club'

Presiden Joko Widodo merespons wacana pembentukan Presidential Club seperti yang diungkap oleh juru bicara Prabowo Subianto.
img_title
01:35

Pasukan Gabungan TNI-Polri Berhasil Evakuasi Korban OPM Papua

Pasukan gabungan TNI dan Polri telah berhasil melakukan evakuasi terhadap korban OPM di Papua, seorang remaja bernama Alexsander Parapak, menggunakan helikopter TNI.
img_title
03:20

Mahasiswa STIP Tewas Dianiaya Senior

Polisi menetapkan seorang mahasiswa senior Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) sebagai tersangka kasus penganiayaan hingga tewas terhadap mahasiswa bernama Putu Satria Ananta Rustika.
img_title
01:47

Merinding! Truk Tangki Tabrak Motor di Bojonegoro, 3 Orang Tewas

Diduga karena pengaruh alkohol sopir truk tangki gas menabrak sekeluarga yang mengendarai sepeda motor di Jalan Raya Bojonegoro Ngawi, Jawa Timur.
img_title
02:02

Diduga Tersinggung Dibully, Seorang Keponakan Tega Bunuh Bibinya

Diduga akibat sakit hati kerap dibully, seorang keponakan tega menganiaya bibi dan sepupunya. Sang bibi pun tewas akibat luka bacok,  sementara korban lainnya dalam kondisi kritis. 
img_title
00:54

Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Melawan saat akan Diringkus Polisi

Tarsum, pria yang tega membunuh dan memutilasi istrinya sendiri di Ciamis, Jawa Barat sempat melawan saat hendak diringkus. 
img_title
07:59

TKW Indramayu Akhirnya Pulang, 22 Tahun Hilang

Masiroh, TKW asal Desa Pranggong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pulang ke kampung halamannya setelah sebelumnya dinyatakan hilang selama 22 tahun di Negara Suriah tempat ia bekerja. 
img_title
06:48

Rencana Pernikahan Beda Agama Rizky dan Mahalini, Ini Respon MUI

Hari bahagia penyanyi Rizky Febian dan Mahalini Raharja semakin dekat. dua sejoli ini kabarnya akan menikah awal bulan Mei di dua tempat berbeda yaitu Bali dan Jakarta. 
img_title
02:28

Rem Blong, Motor 'Terbang' dan Tersangkut di Atap Rumah Warga

Akibat remblong, sebuah sepeda motor yang dikendarai seorang perempuan dan berboncengan bersama temannya terbang hingga tersangkut ke atap sebuah rumah warga. 
img_title
01:48

Polisi Rekonstruksi Kasus Remaja SMP Cabuli dan Bunuh Anak TK

Seorang bocah laki-laki yang masih berusia 6 tahun di Sukabumi, Jawa Barat tewas dibunuh oleh tetangganya sendiri yang masih remaja di sebuah kebun di dekat rumahnya. Pelaku yang juga lelaki sempat mencabuli korban. 
img_title
05:44

BMKG Pastikan Udara Panas Yang Melanda Indonesia Bukan Heatwave

BMKG memastikan suhu panas yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Jakarta belakang ini bukan karena fenomena alam heatwave atau gelombang panas. 
img_title
04:18

Bencana Longsor Landa Sawahlunto, Akses Jalan Utama Lumpuh Total

Longsor melanda wilayah Sawahlunto,Sumatera Barat akibat hujan lebat yang turun beberapa hari kemarin yang menyebabkan jalan utama di wilayah tersebut lumpuh total.
img_title
06:43

Ketua RT: Pelaku Menawarkan Daging Korban ke Warga

Aksi sadis dilakukan seorang suami di Ciamis, mutilasi istri dan membungkusnya dengan plastik sebelum akhirnya dibagikan ke warga di pos ronda.
img_title
06:09

Motif dan Kronologi Suami di Ciamis Mutilasi Istri

Warga Dusun Sindang Jaya, Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat pagi (3-5-2024) digegerkan oleh aksi Darsum (50) yang nekat membunuh Yanti (43) yang tidak lain adalah istrinya sendiri.
img_title
00:41

Jokowi Tegaskan Susunan Kabinet Hak Prerogatif Presiden Terpilih

Joko Widodo menegaskan, bahwa pemilihan menteri merupakan hak prerogatif presiden. Sejumlah tokoh dan pihak pun dapat dimintai masukan untuk menentukan kabinet. 
img_title
02:32

Gibran Sebut Telah Tentukan Road Map Partai Pilihannya

Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menyatakan telah menyiapkan road map ke depan akan berlabuh ke partai mana. Putra sulung dari Presiden Joko Widodo yang juga Wali Kota Sola ini juga mengatakan akan merangkul semua partai.
img_title
04:51

Fatal! Mahasiswa STIP Tewas Diduga akibat Dianiaya Senior Saat Ospek Kampus

Seorang Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta dikabarkan meninggal dunia pagi tadi (4/5/2024). Korban diduga dianiaya setelah mengikuti ospek atau pengenalan kampus untuk mahasiswa baru STIP.
Jangan Lewatkan
Awalnya Ingin Open BO Terkendala Dana, Tukang Siomay Lampiaskan Nafsu Pakai 5 Lapis Celana Dalam Perempuan Hasil Curian saat Kerja

Awalnya Ingin Open BO Terkendala Dana, Tukang Siomay Lampiaskan Nafsu Pakai 5 Lapis Celana Dalam Perempuan Hasil Curian saat Kerja

Seorang tukang siomay, Jeri asal Bandung mengaku mencuri ratusan celana dalam perempuan di Semarang, untuk melampiaskan nafsu ingin berhubungan.
Ramalan Zodiak BESOK, Senin 6 Mei 2023 Cinta dan Hubungan untuk Leo, Cancer, Virgo

Ramalan Zodiak BESOK, Senin 6 Mei 2023 Cinta dan Hubungan untuk Leo, Cancer, Virgo

Ramalan zodiak hari Senin 6 Mei 2024, mengutip dari laman Prokerala berikut ramalan zodiak cinta dan hubungan untuk anda yang berzodiak Cancer, Leo dan Virgo.
Hasrat Tak Terbendung, Penjual Siomay di Semarang Curi 675 Celana Dalam Bekas Wanita, Pernah Pakai Lima Lapis demi Puaskan Nafsunya

Hasrat Tak Terbendung, Penjual Siomay di Semarang Curi 675 Celana Dalam Bekas Wanita, Pernah Pakai Lima Lapis demi Puaskan Nafsunya

Penjual siomay asal Bandung, Jeri tepergok mencuri pakaian celana dalam milik wanita, di daerah Tanjungsari, Kecamatan Banyumanik, pada Jumat (3/5/2024) sekitar, pukul 02.00. Alasan nekat melakukan aksi tersebut lantaran hanya untuk memuaskan nafsunya. 
Raih Gelar Usai Puasa Lama Uber Cup 2024, Indonesia Putri Catatkan Era Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Raih Gelar Usai Puasa Lama Uber Cup 2024, Indonesia Putri Catatkan Era Kebangkitan Bulu Tangkis Indonesia

Setelah 16 tahun penantian, Indonesia pulang medali setelah mencapai final Piala Uber 2024.
Sejak Awal Pemain Keturunan yang Gabung Timnas Indonesia Ini Sudah Mencuri Perhatian Media Dunia, Dia Disebut Sebagai Tukang Jegal di Tim Garuda

Sejak Awal Pemain Keturunan yang Gabung Timnas Indonesia Ini Sudah Mencuri Perhatian Media Dunia, Dia Disebut Sebagai Tukang Jegal di Tim Garuda

Berkat aksinya yang memukau, pemain keturunan yang baru gabung Timnas Indonesia ini mencuri perhatian media dunia. Bahkan Hubner dikenal sebagai tukang jegal
Sikapi Konflik Dualisme Kepemimpinan di PGRI, Ratusan Guru di Jember Gelar Aksi Demo

Sikapi Konflik Dualisme Kepemimpinan di PGRI, Ratusan Guru di Jember Gelar Aksi Demo

Ratusan Anggota dan Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) cabang Jember melakukan aksi unjuk rasa, Minggu (5/5).
Bicara Intens dengan Pasangan, Ramalan Zodiak BESOK, Senin 6 Mei 2023 Cinta dan Hubungan Aries, Taurus, Cancer

Bicara Intens dengan Pasangan, Ramalan Zodiak BESOK, Senin 6 Mei 2023 Cinta dan Hubungan Aries, Taurus, Cancer

Ramalan zodiak hari Senin 6 Mei 2024, mengutip dari laman Prokerala berikut ramalan zodiak cinta dan hubungan untuk anda yang berzodiak Aries, Taurus, Gemini.
Hadapi China, Indonesia Turunkan Skuad Terbaik di Final Thomas Cup 2024

Hadapi China, Indonesia Turunkan Skuad Terbaik di Final Thomas Cup 2024

Lima perwakilan terbaik Indonesia akan disiapkan guna merebut gelar juara Thomas Cup dari China pada Minggu (5/5/2024).
Ribuan Prajurit TNI, Polri dan Warga Surabaya Lari Susuri Markas Kodiklatal Surabaya

Ribuan Prajurit TNI, Polri dan Warga Surabaya Lari Susuri Markas Kodiklatal Surabaya

2.000 personel TNI, Polri dan warga Surabaya lari gembira menyusuri markas Komando pembinaan doktrin dan pendidikan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) dalam ajang Navy Fun Run
Pelatih Suwon FC Ungkap Alasan Pratama Arhan Belum Dapat Menit Bermain, Janjikan Debut Usai Bela Timnas Indonesia

Pelatih Suwon FC Ungkap Alasan Pratama Arhan Belum Dapat Menit Bermain, Janjikan Debut Usai Bela Timnas Indonesia

Pratama Arhan diperkenalkan secara resmi menjadi bagian dari Suwon FC pada awal Februari 2024 lalu. 
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Football Vaganza
15:30 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Kabar Utama
Selengkapnya