Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Deretan Kasus Suap Jual Beli Perkara di Mahkamah Agung yang Dibongkar KPK

Minggu, 25 September 2022
Oleh :

Jakarta - Kasus suap kembali terjadi di lingkungan Mahkamah Agung (MA). Kali ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Hakim Agung Kamar Perdata MA Sudrajad Dimyati sebagai tersangka dugaan suap pengurusan perkara.

Sebelum kasus ini terbongkar, KPK juga pernah mengungkap kasus suap yang melibatkan pegawai hingga pejabat MA. Perkara korupsi di lingkungan MA yang dibongkar terkait dengan jual beli perkara, yakni memberikan sejumlah uang kepada hakim agung oleh pihak-pihak yang berkepentingan untuk mempengaruhi putusan sebuah perkara.

Berikut beberapa kasus suap jual beli perkara di MA yang dibongkar oleh KPK.

1. Kasus suap Staf Diklat MA Djodi Supratman (2013) 
Penyidik KPK membongkar kasus suap yang melibatkan mantan Staf Badan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung (MA), Djodi Supratman, pada 2013. Djodi terbukti menerima suap dari anak buah advokat Hotma Sitompul, Mario Cornelio Bernardo, sebesar Rp 150 juta untuk mengurus kasasi kasus penipuan yang melibatkan Hutomo Wijaya Ongowarsito.

2. Kasus suap eks Sekretaris MA Nurhadi (2020)

KPK membongkar kasus gratifikasi yang dilakukan eks Sekretaris MA Nurhadi bersama menantunya, Rezky Herbiyono, pada tahun 2020. Proses penyidikan dalam kasus itu cukup alot karena Nurhadi dan Rezky sempat bersembunyi setelah ditetapkan sebagai tersangka pada Februari 2020.

Keduanya pun berhasil ditangkap di sebuah rumah persembunyian di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, pada Juni 2020. Setelah diadili, Nurhadi dan Rezky terbukti menerima suap dari Direktur Utama PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT) 2014-2016 Hiendra Soenjoto terkait kepengurusan dua perkara hukum yang membelitnya.

3. Kasus suap Hakim Agung Sudrajad Dimyati (2022)

KPK menetapkan Hakim Agung Sudrajad Dimyati sebagai tersangka dugaan suap pengurusan perkara di MA. Dalam kasus ini KPK menetapkan 10 orang tersangka setelah menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Semarang, Jawa Tengah. 

Para tersangka yang berasal dari Mahkamah Agung adalah Hakim Agung Sudrajad Dimyati, Panitera Pengganti Mahkamah Agung Elly Tri Pangestu, 2 pegawai negeri sipil (PNS) pada Kepaniteraan MA Desi Yustria dan Muhajir Habibie, serta 2 PNS MA Al Basri dan Redi.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
04:16

Tudingan Keras ke Petinggi Polri, IPW: Bentuk Timsus Cari Kebenarannya

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) mengatakan bahwa pencarian dan pembuktian mengenai tuduhan Kabareskrim menerima suap Rp6 miliar terkait kasus tambang harus dapat dipertanggungjawabkan dan komprehensif secara hukum.
img_title
06:56

Pencarian Korban Gempa Hari ke-6 Berbuah Hasil, Enam Korban Ditemukan

Hingga kini, korban tewas akibat gempa magnitudo (M) 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, kembali bertambah. Kini, korban tewas gempa Cianjur itu menjadi 318 orang.
img_title
01:29

Mensos Tri Rismaharini Kewalahan Siapkan Tenda untuk Korban Gempa

enteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi posko Kementerian Sosial di Cimacan, Kabupaten Cianjur pada Sabtu (26/11/2022) siang.
img_title
02:16

Kongres Pemda se-Asia Timur, Bahas Solusi Penanganan Penanggulangan Bencana

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan pertemuan dengan beberapa Perwakilan Daerah Asia Timur yang merupakan rangkaian acara Eleven East Asia Local and Regional Government Congress di Trans Luxury Hotel, Bandung.
img_title
05:30

Hujan dan Puing Bangunan Jadi Kendala Proses Pencarian Korban di Cijedeil Cianjur

Tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban tertimbun longsor gempa bumi di Warung Sate Shinta, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2022).
img_title
07:28

Proses Identifikasi Jenazah Korban Gempa di RSUD Sayang

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang Cianjur, Jawa Barat, menerima enam kantong jenazah korban gempa bumi yang berhasil dievakuasi, pada Jumat (25/11/2022).
img_title
10:35

Momen Pemilik Toko Mainan Beri Hadiah Untuk Anak-Anak Korban Gempa

Kopassus Desa Cijedil mengumpulkan anak-anak di lapangan dan TNI dan aparat gabungan melakukan trauma healing dengan mengajak permainan.
img_title
07:58

Kapuslitbang BIN Berhasil Deteksi Daerah Rawan Gempa dengan Alat SIBe

Badan Intelijen Negara (BIN) menjadi lembaga pertama yang menggunakan teknologi canggih bernama sistem Intelijen Bencana (SiBe) untuk memonitor penanganan bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. 
img_title
12:06

Cerita Korban Gempa Cianjur yang Melahirkan di Posko Pengungsian

Seorang ibu bernama Siti membagikan cerita perjuangannya melahirkan di posko pengungsian korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Dirinya juga mengatakan membutuhkan bantuan berupa popok bayi, makanan bayi, dan susu.
img_title
07:56

Modus Usir Ilmu Pelet, Dukun Palsu Perkosa Siswi SMA di Lampung

Berdalih dapat mengusir ilmu hitam, seorang guru silat tega mencabuli siswi SMA di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Tersangka ditangkap polisi di rumahnya.
img_title
04:34

Kondisi Terkini di Desa Cijedil Pasca Gempa Cianjur, Penampakan 1 Kendaraan yang Hancur

Pencarian korban gempa Cianjur, Jawa Barat yang diduga masih tertimbun longsor masih terus dilakukan. Fokus pencarian korban dilakukan di Desa Cijedil, dan Warung Sate Shinta.
img_title
05:23

Pencarian Korban Longsor Cianjur Sempat Terkendala Cuaca

Proses evakuasi korban longsor pada Jumat (25/11/2022) terpaksa dihentikan sementara karena adanya guyuran hujan deras. Upaya pencarian hari kemarin berhasil menemukan 8 korban yang ditemukan meninggal dunia tertimbun oleh tanah longsor di Cugenang.
img_title
01:02

Pintu Kapal Terlepas, Penumpang dan Motor Berjatuhan ke Laut

Pintu sebuah kapal penyeberangan di Pelabuhan Kalianget, Sumenep Madura, Jawa Timur tiba-tiba saja terlepas. Akibatnya sejumlah penumpang dan sejumlah sepeda motor tercebur ke laut. 
img_title
01:05

Tragis, Seorang Warga di Semarang Ditemukan Tewas, Diduga Dianiaya

Seorang warga di Ambarawa Kabupaten Semarang, Jawa Tengah menjadi korban penganiayaan yang berujung pada kematian. Korban berinisial A meninggal dunia setelah diduga dianiaya oleh seseorang.
img_title
08:35

Tim SAR Berhasil Temukan 8 Jenazah Warga Cugenang

BNPB atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan Tim SAR telah menemukan 17 jenazah korban gempa bumi Cianjur pada Jumat (25/11/2022) kemarin.
img_title
10:24

Update Data Korban Gempa Cianjur: 310 Meninggal, 24 Orang Masih dalam Pencarian

Kepala BNPB menyebutkan, hari kelima evakuasi korban gempa Cianjur, Jawa Barat bertambah menjadi 310 jiwa dan 24 orang masih dalam proses pencarian.
img_title
08:34

Kronologi Proses Evakuasi Bayi dari Reruntuhan Bangunan

Seorang bayi dan ibunya ditemukan selamat di balik reruntuhan bangunan saat proses evakuasi korban gempa di Desa Nagrak, Cianjur. Jawa Barat.
img_title
03:05

BMKG Telah Mencatat Sebanyak 237 Gempa Susulan di Cianjur

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, lebih dari 200 kali gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat telah terjadi dengan kekuatan yang berbeda.  
img_title
01:39

Takut Dicuri Orang, Warga Bawa Harta Benda ke Pengungsian

Puluhan warga Kampung Palalangon, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang terpaksa harus mengungsikan harta benda milik mereka ke posko pengungsian.
img_title
02:25

Bantuan dari Sejumlah Pihak untuk Korban Gempa Cianjur Telah Disalurkan

Sejumlah bentuk bantuan telah dikirimkan kepada korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat dari berbagai pihak.
Jangan Lewatkan
Ulama Bersama Tokoh Masyarakat dan Gubernur Sumut Doakan Korban Gempa Cianjur, Siapkan Bantuan Bertahap

Ulama Bersama Tokoh Masyarakat dan Gubernur Sumut Doakan Korban Gempa Cianjur, Siapkan Bantuan Bertahap

Medan, Sumatera Utara - Para ulama, tokoh masyarakat bersama Gubernur Sumatera Utara, menggelar salat gaib dan doa bersama bagi korban gempa bumi di Cianjur dan Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, yang digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Sabtu (26/11/2022) sore hingga malam.
Argentina Menang di Piala Dunia 2022, Lionel Messi Sudah Bicara tentang Final

Argentina Menang di Piala Dunia 2022, Lionel Messi Sudah Bicara tentang Final

Argentina memetik kemenangan pertama di Piala Dunia 2022. Albiceleste masih punya satu jadwal di Grup C. Bagi Lionel Messi, kini semua laga setara dengan final.
Juara Bertahan ke 16 Besar Piala Dunia 2022, Didier Deschamps Puji Kylian Mbappe

Juara Bertahan ke 16 Besar Piala Dunia 2022, Didier Deschamps Puji Kylian Mbappe

Prancis berhasil maju ke putaran 16 Piala Dunia 2022. Pelatih Didier Deschamps bangga pada kiprah juara bertahan dan memuji pasukannya, terutama Kylian Mbappe.
Persembahan bagi Maradona, Messi Beri Kemenangan Perdana Argentina di Piala Dunia 2022

Persembahan bagi Maradona, Messi Beri Kemenangan Perdana Argentina di Piala Dunia 2022

Tepat dua tahun peringatan kematian Diego Maradona, Argentina meraih kemenangan perdana di Piala Dunia 2022. Lionel Messi memberi gol dan asistensi bagi timnya.
Sebagai Kampung yang Memiliki Kursus Bahasa Asing Terbanyak, Kampung Inggris Pare Kediri Dapat Dua Rekor MURI

Sebagai Kampung yang Memiliki Kursus Bahasa Asing Terbanyak, Kampung Inggris Pare Kediri Dapat Dua Rekor MURI

Program Kampung Inggris Mengajar (KIM) yang diinisiasi Forum Kampung Bahasa (FKB) Kecamatan Pare, memecahkan dua rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).
Kylian Mbappe Top Scorer, Prancis Jadi Tim Pertama ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Kylian Mbappe Top Scorer, Prancis Jadi Tim Pertama ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Prancis lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022. Kylian Mbappe menjadi top scorer sementara dengan memborong gol juara bertahan saat mengalahkan Denmark di Grup D.
Menelusuri Sejarah Piala Dunia di FIFA Museum, Ajang Penghargaan Masa Lalu Perjalanan Kejuaraan Sepa Bola Sejagad

Menelusuri Sejarah Piala Dunia di FIFA Museum, Ajang Penghargaan Masa Lalu Perjalanan Kejuaraan Sepa Bola Sejagad

FIFA Museum merupakan salah satu anjungan yang terdapat di FIFA Fan Festival di Al Bidda Park, Doha, Qatar, selama penyelenggaraan Piala Dunia 2022 berlangsung
PDIP Gelar Banteng Fondo Ride,  Ajang Lomba Bersepeda Bertema Meneladani Kota sang Proklamasi

PDIP Gelar Banteng Fondo Ride, Ajang Lomba Bersepeda Bertema Meneladani Kota sang Proklamasi

Jawa Timur - Pada rangkaian HUT Ke-49 PDI Perjuangan di Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri. Diadakan lomba ajang bersepeda "Banteng Fondo Ride".
Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung Berbenah, Komitmen Lindungi Flora dan Fauna Endemik

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung Berbenah, Komitmen Lindungi Flora dan Fauna Endemik

Pengelola Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN Babul) dan Penegakan Hukum Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan berkomitmen melindungi flora
Soal Gagal Presiden Joko Widodo Hadir Pembukaan KAHMI, Ketua Panitia Pastikan Badan Intelejen Tidak Ikut Campur

Soal Gagal Presiden Joko Widodo Hadir Pembukaan KAHMI, Ketua Panitia Pastikan Badan Intelejen Tidak Ikut Campur

Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) menyayangkan adanya pesan berantai di media sosial yang mengaitkan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) dengan pe
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Arena Pagi
06:30 - 08:00
Apa Kabar Indonesia Pagi
08:00 - 09:00
Coffee Break
09:00 - 11:00
Best World Boxing
11:00 - 11:30
#DiIndonesiaAja
11:30 - 12:30
Kabar Siang
Selengkapnya