Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Ricky Rizal Berikan Klarifikasi Soal Uang Rp200 Juta yang Masuk Rekeningnya

Selasa, 22 November 2022
Oleh :

Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali menggelar sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua pada Senin (21/11/2022) kemarin.

Kelanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua Senin siang kemarin beragendakan pemeriksaan saksi-saksi. Dari 17 saksi yang sedianya dihadirkan, hanya 11 orang saksi yang hadir. D

Dalam sidang itu dihadirkan terdakwa Richard Eliezer Ricky Rizal dan Kuat Ma’ruf.

Faktanya mengenai adanya pemindahan uang rekening milik Brigadir Yosua ke rekening Ricky Rizal senilai Rp200 juta terungkap pula dalam sidang. Hal tersebut disampaikan oleh saksi dari pihak bank BNI Anita Amalia Dwi Agustin.

Anita Amalia yang menjabat sebagai Customer Service Bank BNI Layanan Luar Negeri  mengatakan ada uang masuk Rp200 juta ke rekening Ricky Rizal tanggal 11 Juli 2022. 

Karyawan bank itu memaparkan rekening koran tanggal 11 Juli 2022 mencatat ada uang masuk lewat internet banking atas nama Nofriansyah Yosua Hutabarat senilai Rp100 juta sebanyak dua kali.

“Jadi totalnya ada 200 juta,” kata Anita di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin (21/11/2022).

Ricky Rizal pun memberikan tanggapan atas kesaksian Anita Amalia mengenai adanya pemindahan dari rekening Yosua tersebut.

Ia menyebutkan bahwa pemindahan tersebut merupakan perintah dari Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo lantaran Brigadir Yosua telah meninggal dunia. 

"Untuk rekening saya, memang saya akui, saya ikut Pak Ferdy Sambo dan ibu Putri sejak Februari 2021, pembukaan rekening telah disampaikan dari bulan Maret, memang atas nama saya, tetapi untuk keperluan rumah tangga di Magelang," jelas Ricky.

Di kedua ponsel itu, menurut Ricky, terdapat panduan akses untuk melakukan transaksi untuk keperluan rumah tangga tersebut. 

"Untuk pemindahan (dana) itu melalui handphone yang saya pegang, dan satunya dipegang di Jakarta, tetapi saya tidak tahu menahu apakah dipegang almarhum Yosua terus-menerus atau bergantian dengan ibu atau yang lain," tutur Ricky.

"Tetapi memang di situ dicantumkan, dicatatkan, untuk password dan pin. Jadi untuk pelaksanaan transfer kita bisa lihat panduan di situ," tuturnya.

Sementara itu, dari keterangan saksi lain mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit mengaku ada intervensi oleh Ferdy Sambo saat melakukan olah TKP kasus pembunuhan Yosua.

Ridwan menambahkan, pihaknya yang semestinya melakukan penanganan barang bukti hingga pemeriksaan saksi.

“Namun saat itu penanganan bukan di bawah kami, tetapi diambil oleh Propam Polri sehingga dari situ kami mengalami beberapa kesulitan untuk melakukan investigasi,” tutur Ridwan Soplanit saat bersaksi di sidang terdakwa Richard Eliezer, Ricky Rizal, dan Kuat Ma’ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022) hari ini.

Ridwan mengatakan kehadiran personel Propam Polri menghambat penyidikan karena ikut campur dalam investigasi pembunuhan Brigadir Yosua itu.

Padahal sebelumnya, menurut Ridwan timnya sudah melakukan olah TKP sesuai prosedur sampai memasang garis polisi. (awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
03:15

Ridwan Soplanit Beberkan Kondisi Jenazah Brigadir J

Ridwan Soplanit menjelaskan perihal masker yang masih menempel di wajah Yosua dan luka-luka di tubuhnya. Ridwan Soplanit mengatakan melihat mayat Yosua sudah tertelungkup ketika dirinya tiba di TKP. 
img_title
01:54

SiBe Alat Canggih yang Digunakan BIN untuk Pantau Potensi Bencana

Badan Intelijen Negara (BIN) menjadi lembaga pertama yang menggunakan teknologi canggih untuk memonitor penanganan bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. 
img_title
01:42

Masuki Hari Kelima, Warga Mulai Bersihkan Rumah Pasca Gempa

Hari ketujuh pasca gempa dan longsor Cianjur, warga Desa Gasol, Kecamatan Cugenang mulai membersihkan puing-puing rumah mereka. Warga juga mencari harta benda yang mungkin masih bisa diselamatkan untuk digunakan kembali.
img_title
02:42

Ismail Bolong Buron usai Buka Kartu para Petinggi Kepolisian

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan akan segera menangkap Ismail Bolong setelah beredar adanya dugaan suap tambang ilegal.
img_title
01:47

Duh, Puluhan Warga Cianjur Terpaksa Mengungsi di Pemakaman

Puluhan warga korban gempa di Cianjur, Jawa Barat terpaksa mendirikan tenda pengungsian di atas pemakaman umum. Meski takut harus bermalam di tanah pemakaman, warga mengaku tak punya pilihan lain.
img_title
00:54

Dua Jenazah Korban Gempa Kembali Ditemukan di Cugenang

Basarna kembali menemukan dua jenazah korban gempa di Kampung Cugenang, Desa Cijedil di Cianjur, Jawa Barat. Satu jenazah korban bahkan ditemukan di dekat sungai. 
img_title
01:11

Belasan Rumah Porak Poranda Akibat Angin Puting Beliung

Cuaca ekstrim disertai angin kencang di Bekasi, Jawa Barat membuat belasan bangunan milik warga porak-poranda pada Sabtu (26/11/2022) sore kemarin.
img_title
01:25

Diduga Tenaga Kerja Ilegal, Puluhan Orang Diamankan di Pelabuhan

Sebanyak 29 Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) asal Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah digagalkan pemberangkatan mereka di Pelabuhan Waingapu, Sabtu (26/11/2022).
img_title
01:53

Basarnas Salurkan Bantuan Logistik Melalui Jalur Udara ke Daerah Terpencil

Sebanyak 15 ton bantuan untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat kembali disalurkan dengan menggunakan helikopter Basarnas. Bantuan diturunkan di 4 lokasi pengungsian terpencil.
img_title
01:20

Peduli Kanker, Ganjar Pranowo Ikut Galang Donasi

Ganjar Pranowo mengikuti penggalangan donasi untuk penyintas kanker melalui kegiatan lari bareng Run Against Cancer di Yogyakarta.
img_title
01:27

Doa dan Bantuan dari Berbagai Kalangan untuk Korban Gempa Cianjur

Sejumlah elemen masyarakat terus menggalang dana untuk membantu korban gempa Cianjur. Aksi galang dana diantaranya dilakukan relawan dan juga para siswa.
img_title
04:41

Penyakit Diare Mulai Menyerang, Warga Kesulitan dapat Obat-obatan

Penyakit batuk dan diare mulai menyerang warga korban gempa akibat guyuran hujan. Warga sempat mengeluhkan sulitnya mencari obat-obatan untuk mengobati sakitnya.
img_title
09:39

Bantuan Korban Gempa Belum Merata, Tanggung Jawab Siapa?

Viral video yang memperlihatkan sebanyak lima orang melakukan aksi tak terpuji dengan menghadang mobil-mobil pengangkut bantuan yang akan diberikan untuk korban gempa di Cianjur.
img_title
09:19

Rentetan Gempa Kecil Mengintai Warga Cianjur, Apa Alasannya?

Kapus Gempa dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan bahwa gempa susulan dengan magnitudo yang lebih kecil lazim dan wajar terjadi setelah terjadi gempa kuat di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022).
img_title
01:48

Remaja Membabi Buta Serang Masjid, Petugas Keamanan Kena Anak Panah

Sekelompok pemuda dengan menggunakan senjata tajam anak panah dan busur menyerang para remaja yang nongkrong di masjid areal Al Markaz Al Islami, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.
img_title
02:30

Baiquni Wibowo Salin Rekaman CCTV Barbuk Pembunuhan Brigadir J

Sidang obstruction of justice pembunuhan Brigadir Yosua digelar Kamis (24/11/2022) lalu. Namun 3 saksi yang dijadwalkan hadir untuk terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria tidak ada yang hadir.
img_title
02:06

"Jangan Pilih Pemimpin Senang Duduk di Istana" Lantang Jokowi di Nusantara Bersatu

Di hadapan relawan Jokowi Nusantara Bersatu, Presiden Jokowi Mengingatkan untuk memilih pemimpin yang mau memimpin rakyat bukan hanya duduk-duduk di Istana Negara.
img_title
04:16

Tudingan Keras ke Petinggi Polri, IPW: Bentuk Timsus Cari Kebenarannya

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) mengatakan bahwa pencarian dan pembuktian mengenai tuduhan Kabareskrim menerima suap Rp6 miliar terkait kasus tambang harus dapat dipertanggungjawabkan dan komprehensif secara hukum.
img_title
06:56

Pencarian Korban Gempa Hari ke-6 Berbuah Hasil, Enam Korban Ditemukan

Hingga kini, korban tewas akibat gempa magnitudo (M) 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, kembali bertambah. Kini, korban tewas gempa Cianjur itu menjadi 318 orang.
img_title
01:29

Mensos Tri Rismaharini Kewalahan Siapkan Tenda untuk Korban Gempa

enteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi posko Kementerian Sosial di Cimacan, Kabupaten Cianjur pada Sabtu (26/11/2022) siang.
Jangan Lewatkan
Seorang Nelayan Temukan Diduga Jok Helikopter Milik Polri yang Hilang Kontak di Perairan Buku Belitung Timur

Seorang Nelayan Temukan Diduga Jok Helikopter Milik Polri yang Hilang Kontak di Perairan Buku Belitung Timur

Seorang nelayan menemukan puing-puing berupa jok helikopter milik Polri yang dikabarkan hilang kontak di Perairan Buku, Manggar, Belitung Timur pada Minggu.
Timnas Maroko Sukses Bungkam Belgia dengan Skor 2-0 dalam Laga Kedua Grup F Piala Dunia Qatar 2022

Timnas Maroko Sukses Bungkam Belgia dengan Skor 2-0 dalam Laga Kedua Grup F Piala Dunia Qatar 2022

Persaingan di Grup F Piala Dunia 2022 makin seru. Ini terjadi usai Timnas Maroko mengalahkan Timnas Belgia dengan skor 2-0 dalam laga kedua Piala Dunia 2022.
Danlanal Bangka Belitung Instruksikan Pencarian Helikopter P1103 Milik Polri yang Hilang Kontak di Perairan Buku Limau

Danlanal Bangka Belitung Instruksikan Pencarian Helikopter P1103 Milik Polri yang Hilang Kontak di Perairan Buku Limau

Satu unit Helikopter NBO-105 No. Reg.1103 milik Polri pada Minggu (27/11/2022) hilang kontak dan diduga jatuh di perairan Buku Limau Kecamatan Manggar.
Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Terhadap Bocah yang Diduga Tenggelam di Banjir Kanal Timur Jatinegara

Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Terhadap Bocah yang Diduga Tenggelam di Banjir Kanal Timur Jatinegara

Tim SAR Gabungan lakukan pencarian terhadap seorang anak yang dikabarkan tenggelam di Banjir Kanal Timur, Kecamatan Jatinegara pada Minggu (27/11/2022) siang.
Pengamat Sarankan Jokowi Pilih Panglima TNI yang Dekat dengan Rakyat

Pengamat Sarankan Jokowi Pilih Panglima TNI yang Dekat dengan Rakyat

Pengamat Intelijen dan Terorisme, Ridwan Habib menyarankan Presiden Jokowi memilih sosok Panglima TNI yang dekat dengan rakyat sebagai pengganti Jenderal Andika
Polisi Pastikan Helikopter P1103 yang Hilang Kontak di Bangka Belitung Layak Terbang

Polisi Pastikan Helikopter P1103 yang Hilang Kontak di Bangka Belitung Layak Terbang

Polisi memastikan helikopter P1103 Polri yang hilang kontak di perairan Kepulauan Bangka Belitung pada Minggu (27/11/2022) sore itu dalam kondisi layak terbang.
15 Orang di Manokwari Diamankan Polisi Diduga Terlibat Aksi Makar

15 Orang di Manokwari Diamankan Polisi Diduga Terlibat Aksi Makar

Polres Manokwari Polda Papua Barat telah mengamankan 15 orang yang diduga terlibat aksi makar saat puluhan warga memperingati hari jadi West Papua New Guinea.
Dua Ayah di Cirebon Rudapaksa Anak Gadisnya yang Masih di Bawah Umur

Dua Ayah di Cirebon Rudapaksa Anak Gadisnya yang Masih di Bawah Umur

Polresta Cirebon menangkap dua ayah di Cirebon melakukan rudapaksa kepada anaknya masing-masing yang masih di bawah umur. Keduanya kini sudah diamankan polisi.
Kunjungi Indonesia, Aktor Song Joong Ki Siap Promosikan Nasi Goreng di Korea

Kunjungi Indonesia, Aktor Song Joong Ki Siap Promosikan Nasi Goreng di Korea

Aktor peran drama Korea Vincenzo, Song Joong Ki baru saja menghadiri acara Red Carpet Bukalapak di Jakarta Internasional Expo, Minggu (27/11/2022).
Relawan Berharap Ganjar Pranowo Bisa Hadir Menemui Masyarakat Nelayan di Makassar

Relawan Berharap Ganjar Pranowo Bisa Hadir Menemui Masyarakat Nelayan di Makassar

Relawan Ganjar Pranowo terus memperkuat jaringan politiknya dengan mengelar berbagai kegiatan positif untuk meraih simpati masyarakat untuk hadapi Pilpres 2024.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
03:00 - 03:30
Kabar Utama
03:30 - 04:00
Sidik Jari
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
06:00 - 06:30
Kabar Arena Pagi
Selengkapnya