LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Simak Rincian Biaya Ibadah Haji 2023

Kamis, 16 Februari 2023

Jakarta, tvOnenews.com - Ongkos perjalanan haji tahun ini resmi diumumkan. Angka ini terdiri atas dua komponen yaitu Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) yang ditanggung jemaah dengan rata-rata Rp49.812.700,26 (55,3%) dan penggunaan nilai manfaat per Jemaah sebesar Rp40.237.937 (44,7%).

Dengan skema ini, penggunaan dana nilai manfaat keuangan haji secara keseluruhan sebesar Rp8.090.360.327.213,67

Kesepakatan ini diperoleh setelah Panitia Kerja (Panja) Bpih 1444 H/2023 M melakukan serangkaian diskusi panjang, membahas usulan Biaya haji pemerintah.

Pada 19 Januari 2023, pemerintah mengajukan usulan BPIH dengan rata-rata sebesar Rp98.893.909,11 dengan komposisi Bipih sebesar Rp69.193.734,00 (70%) dan nilai manfaat (optimalisasi) sebesar Rp29.700.175,11 (30%).

“Hari ini kita telah menyepakati biaya haji reguler. Rata-rata jemaah akan membayar Rp49,8 juta rupiah dengan penggunaan dana nilai manfaat mencapai Rp8,090 triliun. Kesepakatan ini sebagai hasil pembahasan atas skema usulan pemerintah dengan jemaah membayar Rp69 juta dan penggunaan nilai manfaat Rp5,9 triliun,” terang Menag Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

“Disepakati juga adanya afirmasi khusus bagi jemaah lunas tunda tahun 2020 dan dibutuhkan tambahan nilai manfaat mencapai Rp845 miliar. Sehingga, dana nilai manfaat yang dibutuhkan mencapai Rp8,9 triliun,” sambungnya.

Dijelaskan Menag, usulan awal pemerintah berangkat dari pentingnya memperhatikan aspek keadilan dan kesinambungan pengelolaan dana haji dalam kebijakan pemanfaatan hasil pengembangan dana haji atau nilai manfaat.

Karenanya, besaran penggunaan nilai manfaat yang diusulkan saat itu hanya berkisar 30%. 

Namun, setelah melalui serangkaian pembahasan, muncul sejumlah alternatif pemikiran yang perlu dielaborasi dan didiskusikan, antara lain efisiensi dalam pengelolaan BPIH serta peningkatan Bipih secara gradual untuk mencapai konsep istitha’ah.

“Dinamika yang terjadi selama proses pembahasan dengan perbedaan pendapat di antara kita merupakan cerminan dari wujud demokrasi, sekaligus menunjukkan betapa besar keinginan dan harapan kita untuk senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji. Komitmen untuk terus memperjuangkan peningkatan pelayanan kepada jemaah haji ini semoga dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa-masa mendatang,” tegasnya.

“Saya bersyukur dengan adanya kebijakan politik bahwa prosentase Bipih lebih besar dari nilai manfaat, meski komposisinya belum sepenuhnya ideal. Saya kira ini menjadi momentum kita untuk mengarah pada skema perhajian yang lebih proporsional,” lanjutnya.

Menag bersyukur, setelah melalui serangkaian pembahasan ada sejumlah efisiensi yang disepakati. Misalnya, nilai kurs Dollar dan Riyal disepakati ada penurunan. Usulan DPR untuk mengurangi layanan katering jemaah dari yang awalnya tiga kali hanya menjadi dua kali makan juga disepakati. Dalam rapat Panja juga disepakati besaran living cost di angka 750 riyal.

“Dari proses diskusi dan pembahasan itu, jemaah tahun ini akan membayar biaya haji rata-rata Rp49,8 juta. Untuk yang jemaah lunas tunda tahun 2020 tidak usah menambah biaya pelunasan,” sebutnya.

“Hasil kesepakatan ini selanjutnya akan diusulkan kepada Presiden untuk diterbitkan Keputusan Presiden tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji,” sambungnya.

Terkait penggunaan nilai manfaat, Menag mendorong Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk melakukan optimalisasi pengelolaan dana haji pada tahun-tahun mendatang.

Langkah progresif BPKH sangat diperlukan untuk memastikan dana nilai manfaat yang juga menjadi hak lebih 5 juta jemaah haji yang masih mengantri bisa terus berkesinambungan dan bisa digunakan oleh mereka pada saat keberangkatannya.

“Kesinambungan nilai manfaat perlu menjadi perhatian kita bersama. Penyelenggaraan haji akan terus berlangsung di masa-masa mendatang. Ada antrean lebih 5 juta jemaah yang juga berhak atas nilai manfaat dari hasil pengelolaan dana setoran awal mereka,” pesannya.

Saat ini, kata Menag, kemampuan BPKH mengalokasikan nilai manfaat maksimal hanya Rp7,1 triliun.

Beruntung BPKH punya saldo Rp15 triliun hasil pengelolaan tahun 2020 dan 2021 saat tidak ada penyelenggaraan ibadah haji.

Tahun 2022, saldo itu sudah digunakan untuk menutup pembayaran kenaikan biaya Masyair dan kekurangan lainya hingga hampir Rp2 triliun. Tahun ini, saldo yang ada juga akan terambil hampir Rp2 triliun.

“Hal ini perlu menjadi perhatian bersama. BPKH harus lebih produktif. Jika skema defisit Rp2 triliun per tahun ini terus berjalan, saldo BPKH bisa habis dalam lima tahun ke depan. Inilah pentingnya mulai memperhatikan keberadilan dan keberlanjutan nilai manfaat. Sebab, anggaran nilai manfaat juga hak jutaan jemaah yang masih antre,” tegasnya.

Dibanding tahun sebelumnya, proses pembahasan BPIH tahun ini bisa berlangsung lebih awal. Sehingga baik Kemenag maupun Komisi VIII DPR memiliki cukup waktu untuk melakukan telaah atas usulan biaya yang disampaikan.

“Kami sampaikan apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota Komisi VIII DPR-RI yang terus memberikan perhatian dan dukungan terhadap upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun,” tandasnya.
 

Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
02:49

"Nusuk", Kartu 'Sakti' untuk Jalani Puncak Ibadah Haji

Kementerian Haji dan Umrah (MoHU) Arab Saudi bekerja sama dengan Bank Nasional Saudi (SNB AlAhli) meluncurkan dompet digital internasional pertama di dunia bernama Dompet Nusuk untuk melayani jamaah umrah dan haji.
img_title
03:09

Mengunjungi Pabrik Pengemasan Air Zam Zam di Mekkah

Setiap saat air zam zam selalu tersedia di Masjidil Haram dan juga di Padang Arafah saat wukuf nanti.
img_title
57:08

Menanamkan Nilai Puasa Pada Anak

Mengajarkan konsep puasa pada anak sejak dini dapat membantu mereka Memahami arti penting dari ibadah ini dan mengapresiasi nilai-nilai keagamaan yang terkandung di dalamnya.  
img_title
09:21

Keutamaan dan Balasan Suami yang Memuliakan Istrinya

Dalam rumah tangga, suami dan istri memiliki kedudukan mulia. Tak hanya istri yang harus menghormati dan memuliakan suami, namun sebaliknya.
img_title
18:15

Perintah Allah Kepada Hambanya untuk Berikhtiar

Ikhtiar adalah sebuah usaha sungguh-sungguh seorang hamba untuk memperoleh apa yang dikehendakinya. 
img_title
11:35

Lakukan Ini Agar Dekat Bisa Dekat dengan Al-Qur'an

Bagaimana cara mendekatkan diri kepada Al-Quran? Simak video berikut, untuk mengetahui penjelasan selengkapnya.
img_title
07:08

Berkeliling Masjid yang Pertama Dibangun oleh Nabi Muhammad

Kota Madinah memiliki banyak keutamaan tempat bersejarah yang sangat layak untuk dikunjungi umat Islam saat melakukan ibadah umrah atau haji. Salah satunya masjid-masjid di sekitar Masjid Nabawi, Madinah. 
img_title
10:15

Kesuksesan Seseorang Itu Karena Ikhtiarnya Atau Takdir?

Dalam ajaran Islam kita sangat tidak boleh menyalahkan takdir, sebagai orang yang beriman kita harus mengevaluasi diri, apa sebenarnya yang salah dalam hidup kita sehingga kesengsaraan bisa datang. 
img_title
05:04

Ternyata Ada Ghibah yang Diperbolehkan

Larangan ghibah juga terlihat jelas pada kalimat "Janganlah sebagian kamu menggunjingkan sebagian yang lain". Lebih lanjut dijelaskan, ghibah ibarat memakan daging saudara sendiri yang telah mati. 
img_title
12:05

Cara Membagi Waktu Antara Bekerja dan Ibadah

Adapun ibadah wajib salah satunya yaitu dalam menjalankan salat 5 waktu. Namun terkadang kita sebagai (umat Muslim) sering sekali lengah, sulit bahkan secara sengaja meninggalkan ibadah salat lantara kegiatan bekerja yang tengah sibuk dan padat. 
img_title
05:02

Bagaimana Jika Telat Bayar Fidyah Sampai Ketemu Ramadan Lagi

Fidyah secara bahasa adalah tebusan. Berdasarkan istilahnya, fidyah adalah denda yang wajib ditunaikan karena meninggalkan kewajiban atau melakukan larangan.
img_title
05:06

Puasa Tapi Meninggalkan Sholat 5 Waktu, Bagaimana Hukumnya?

Meski berpuasa penuh selama sebulan, namun beberapa orang masih meninggalkan salat 5 waktu atau salat fardhu yang wajib dilaksanakan. Apa hukumnya?
img_title
08:11

Hukum Berpuasa Bagi Wanita yang Menyusui

Di bulan Ramadan ini, puasa menjadi kewajiban bagi seluruh umat Islam yang harus dilaksanakan selama satu bulan penuh. Lalu, bagaimana hukum puasa bagi wanita yang sedang menyusui? 
img_title
06:05

Melakukan Kebaikan Sebanyak-banyaknya di Bulan Ramadan

Menelusuri keutamaan dan hikmah Ramadhan memang tidak ada habisnya. Banyak hal yang diperoleh ketika seseorang menjalankan ibadah Ramadhan. 
img_title
07:14

Al Quran Sebagai Panduan Hidup Manusia

Al-Qur'an adalah wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril sebagai petunjuk bagi umat manusia. 
img_title
07:47

Berkunjung ke Gua Hira, Tempat Wahyu Pertama Turun di Tanah Suci

Gua Hira merupakan gua kecil yang berada di Gunung Jabal Nur. Walau begitu, Gua Hira juga kerap dikenal sebagai Jabal Nur atau Jabal Hira itu sendiri. Berikut penjelasannya.
img_title
13:34

Pengertian dan Ciri-Ciri Sifat Zuhud

Di Antara wujud ketakwaan terhadap Allah adalah sikap zuhud. Zuhud secara substansial dapat diartikan sebagai keadaan jiwa yang tidak didominasi oleh hal-hal yang bersifat duniawi.  
img_title
04:51

Bagaimana Hukum Puasa Jika Lupa Mandi Junub Setelah Masuk Imsak?

Dalam sebuah ceramahnya, KH. Cholil Nafis menjelaskan hukum puasa saat belum sempat mandi junub hingga adzan subuh. 
img_title
14:46

Hukum Mengemis-Ngemis dalam Islam

Dalam ajaran Islam, berbagi, bersedekah atau memberikan sedikit rezeki kita untuk orang lain merupakan bentuk kebaikan, terlebih jika dilakukan saat bulan suci Ramadan. 
Jangan Lewatkan
Gelaran 2nd Southeast Asian Open Water Swimming Championships 2024 Diharapkan Akan Menambah Sport Tourism di Bali

Gelaran 2nd Southeast Asian Open Water Swimming Championships 2024 Diharapkan Akan Menambah Sport Tourism di Bali

2nd Southeast Asian Open Water Swimming Championships 2024 akan digelar di Perairan Jimbaran, Badung dan didukung penuh Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra.
Akhirnya Kapolri Jenderal Listyo Berani Jujur Ada Kesalahan dari Awal Penanganan Kasus Vina Cirebon, Ternyata Sebenarnya Itu...

Akhirnya Kapolri Jenderal Listyo Berani Jujur Ada Kesalahan dari Awal Penanganan Kasus Vina Cirebon, Ternyata Sebenarnya Itu...

DPN Peradi merespons atas pernyataan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang mengoreksi terkait kesalahan penanganan awal kasus pembunuhan Vina Cirebon.
Tersebar Rekaman Detik-detik Musisi Virgoun dan Teman Wanitanya Digerebek di Kamar Kosnya, Polisi Tercengang Dapati Hal Ini

Tersebar Rekaman Detik-detik Musisi Virgoun dan Teman Wanitanya Digerebek di Kamar Kosnya, Polisi Tercengang Dapati Hal Ini

Musisi Virgoun diringkus Sat Res Narkoba Polres Metro Jakarta Barat usai terlibat kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu.
Jadi Juara Karena Championship Series, Persib Respon Kembalinya Sistem Kompetisi Penuh Liga 1 2024/2025

Jadi Juara Karena Championship Series, Persib Respon Kembalinya Sistem Kompetisi Penuh Liga 1 2024/2025

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak menyebut format liga dengan satu kompetisi penuh dengan setiap tim saling bertemu dua kali merupakan bentuk yang paling ideal
Belum Balik ke Korea dan Masih Main di Proliga, Posisi Megawati Hangestri Malah Terancam Setelah Red Sparks Rekrut Pemain Ini

Belum Balik ke Korea dan Masih Main di Proliga, Posisi Megawati Hangestri Malah Terancam Setelah Red Sparks Rekrut Pemain Ini

Red Sparks mendapatkan kekuatan baru pada bursa transfer V-league dengan mendatangkan pemain yang lagi-lagi memiliki posisi sama seperti Megawati Hangestri. 
UMKM dan Brand Lokal Capai Rekor Baru Bersama Shopee Live di Awal Tahun 2024

UMKM dan Brand Lokal Capai Rekor Baru Bersama Shopee Live di Awal Tahun 2024

Pesatnya perkembangan tren belanja di kalangan masyarakat saat ini membuat pengalaman berbelanja tidak lagi hanya sekadar aktivitas fungsional, melainkan menjadi sebuah pengalaman menarik yang menyenangkan.
Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, Ajang Promosi Sportainment Berkelas Dunia

Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, Ajang Promosi Sportainment Berkelas Dunia

Pertamina kembali hadir dalam ajang penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 (MotoGP) dan Asia Road Racing Championship (ARRC) di Pertamina Mandalika International Circuit Tahun 2024.
Ramalan ZODIAK Hari Ini, Sabtu 22 Juni 2024 Cinta dan Hubungan untuk Leo, Virgo, Libra, Scorpio

Ramalan ZODIAK Hari Ini, Sabtu 22 Juni 2024 Cinta dan Hubungan untuk Leo, Virgo, Libra, Scorpio

Berikut ini merupakan ramalan ZODIAK, hari Sabtu 22 Juni 2024 terkait dengan Cinta dan Hubungan buat kalian yang berzodiak Leo, Virgo, Libra dan juga Scorpio.
Dari Hama Jadi Harta: Daun Talas Beneng Disulap Jadi Alternatif Tembakau Penghasil Rupiah

Dari Hama Jadi Harta: Daun Talas Beneng Disulap Jadi Alternatif Tembakau Penghasil Rupiah

Ubi tanaman talas beneng sering kali menjadi gulma bagi petani. Di tangan Agus Setiawan, warga Wonotirto Jombang, tanaman ini disulap jadi pengganti tembakau
Tata Kelola Data Kemensos Mendapat Apresiasi dari KPK

Tata Kelola Data Kemensos Mendapat Apresiasi dari KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai, Kementerian Sosial RI telah berhasil dalam tata kelola data sehingga sukses meningkatkan jumlah DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang padan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Big Fight Boxing
15:00 - 15:30
Football Vaganza
15:30 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
Selengkapnya