LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Bansos Tantangan Mensos | Kabar Siang di Lokasi tvOne

Senin, 4 Januari 2021

Jakarta - Penyaluran bantuan sosial alias bansos di masa pandemic, masih menyisakan banyak masalah / sepeninggal mantan menteri sosial Juliari Batubara yang ditangkap KPK karena tersandung kasus korupsi.

Tidak hanya dikorupsi, proyek bansos ini juga tak tersistem dengan baik sehingga membuat rugi banyak vendor penyedia barang nya.

Kerugian vendor bermacam-macam, diantaranya banyak paket bansos yang terlantar karena dibatalkan sepihak. fakta ini terkuak setelah sebuah video viral meski dengan narasi kedaluwarsa yang ternyata keliru.

Kini nakhoda kemensos beralih ke tangan Tri Rismaharini yang sudah mulai blusukan bertemu warga yang kurang mampu di ibu kota.

Risma pun mengubah skema bansos menjadi bantuan tunai dengan cara ditransfer. Hal ini dilakukan Mensos Risma agar tepat sasaran dan tak dikorupsi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Menanggapai skema baru Mensos Baru Risma, sejumlah pertanyaan pun muncul, apakah skema baru tersebut sudah tepat dengan dilakukan pembayaran Tunai. Menanggapi hal ini, Direktur Eksekutif Center for Budjet Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi menilai rencana Kemensos mengubah bansos menjadi duit cash akan membuat para pejabat pusat dan para pengusaha tidak bisa memankan dana bansos.

Namun meski skema baru tersebut dapat mencegah dana bansos di korupsi para pejabat dan pihak yang tidak bertanggung jawab, namun ucok khawatir jika korupsi tersebut justru pindah ke pejabat-pejabat yang ada di Daerah.

“Yang saya takutin korupsinya pindah ke daerah, ke desa, di desa itu pendataan-pendataan yang dilakukan oleh pejabat desa dalam menentukan apakah warga tersebut miskin atau tidak. Nah disitulah celah korupsinya, pejabat desa bisa meminta uang kepada warga jika ingin masuk dalam daftar penerima bantuan.” Jelas Khadafi

Selain itu, anggaran dana yang telah disalurkan dari pusat, biasanya dipotong-potong oleh pejabat desa, sebelum disalurkan kepada warga. Lanjut khadafi.

Uchok Sky Khadafi berharap, jika Mensos Risma dan jajaranya tetap menjalankan skema baru dengan mentransfer uang  secara tunai, Uchok menyarakan untuk mencari mekanisme lain, misalnya melalui mekanisme perbankan. Uang cash bansos harus langsung ke masyarakat, bisa melalui perbankan atau kantor pos. (mii)

 

Lihat Juga: Mensos Risma: Bantuan Tunai Jangan Dipakai Beli Rokok, Kami akan Pantau! | tvOne Minute

 

 

 

 

 

 

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:58

Menabung Selama 20 Tahun, Pedagang Sayur Naik Haji

Dari modal awal Rp50.000 sebagai penjual sayur keliling, mengantarkan Naharia ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini.
img_title
05:09

Sidang Kasus Korupsi SYL, Jaksa Penuntut Hadirkan 4 Saksi dari Kementan

Sidang lanjutan kasus korupsi mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) kembali digelar di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta dengan agenda mendengarkan keterangan saksi.
img_title
06:21

Prabowo Ingin Kumpulkan Para Mantan Presiden di "Presidential Club"

Presiden terpilih Prabowo Subianto mencetuskan ide membentuk Presidential Club sebagai forum berkumpulnya para mantan presiden untuk dapat saling bertukar pikir.
img_title
05:05

Sidang Sengketa Pemilu Legislatif, Agenda Dengar Jawaban Termohon

Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi menggelar total 297 perkara perselisihan hasil pemilihan umum atau PHPU legislatif pada hari ini.
img_title
03:27

Gunung Semeru Keluarkan Semburan Abu 700 Meter

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi pada Senin pagi. Hingga saat ini Gunung Semeru berstatus siaga atau Level 3. Warga diharap untuk terus waspada.
img_title
01:36

Ngaku untuk Fantasi, Pencuri Pakaian Dalam Wanita Dibekuk

Seorang pencuri pakaian dalam wanita berhasil dibekuk pihak kepolisian. Dari tangan pelaku pun polisi ini mendapatkan hampir 700 celana dalam wanita hasil curian.
img_title
06:06

Sadis, Suami Habisi Istri dengan Menusuk Leher Gunakan Sikat Gigi

IS, tega menghabisi nyawa istrinya menggunakan sikat gigi dengan cara menusukannya ke bagian leher korban. Aksi ini dilakukan pelaku di dalam kamar tidur.
img_title
01:05

Kakek di Garut Ditemukan Tewas Mengenaskan, Tubuh Tidak Utuh

Seorang kakek di Garut, Jawa Barat tewas dengan kondisi mengenaskan dengan bagian tubuh tidak utuh. Polisi menduga ini adalah korban pembunuhan.
img_title
01:46

Masukan Cairan ke tubuh Pasien, Polisi Bongkar Dugaan Malapraktik Oknum Bidan

Seorang oknum bidan sekaligus lurah di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan diduga melakukan malapraktik yang menyebabkan seorang pasien meninggal dunia.
img_title
02:38

Letuskan Senapan Bubarkan Keributan, Warga Tertembak Oknum TNI AL

Oknum TNI Angkatan Laut Lantamal VI Makassar menembak dua warga di Kota Makassar. Satu di antaranya meninggal dunia.
img_title
03:57

Siswi SD Meninggal Dunia Usai Terjatuh, Polisi Periksa 9 Saksi

Polres Lamongan, Jawa Timur telah memeriksa 9 orang saksi atas meninggalnya siswa SD Negeri Karanggeneng, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.
img_title
02:09

Cak Imin Sebut Belum Ada Komunikasi Antara Khofifah dengan PKB Terkait Pilgub Jatim 2024

Partai kebangkitan bangsa (PKB) hingga saat ini belum menentukan siapa bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Timur yang akan diusung pada Pilgub Jawa Timur 2024.
img_title
03:28

Bocah SD Terbakar saat Mengikuti Aktivitas Gotong Royong Bersihkan Sampah

Bocah berumur 11 tahun asal Padang Pariaman, Sumatera Barat mengalami luka bakar serius di sekujur tubuhnya.
img_title
12:33

Disomasi Pencipta Lagu ‘Bilang Saja’, Agnez Mo Dituntut Bayar Penalti Rp1,5 Miliar

Komposer Ari Bias melayangkan somasi terbuka terhadap Agnez Mo dan HWG Group atau PT Aneka Bintang Gading.
img_title
02:09

Diduga Ditelantarkan, Anak Disabilitas Ditinggal di Kamar Kos

Seorang anak penyandang disabilitas berusia 10 tahun di Ambon, Maluku diduga ditelantarkan oleh kakak angkatnya.
img_title
08:03

Psikiater Menyingkap Kejiwaan Suami yang Tega Mutilasi Istri

Tarsum kemudian mengumpulkan bagian tubuh istrinya di sebuah wadah dan menyimpannya di depan pos ronda. Tak hanya itu pelaku pun menawarkan daging itu ke tetangganya.
img_title
01:19

AHY Tinjau Lahan Relokasi Pengungsi Erupsi Gunung Ruang

Menteri ATR/BPN, AHY meninjau calon lahan relokasi warga pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Kecamatan Pinolosian Bolaang Mondo Selatan, Sulawesi Utara.
img_title
03:36

Lansia Tersesat Ditemukan Lemas di Pegunungan Muria

Seorang pria lanjut usia yang ditemukan lemas di jalur pendakian puncak Tanggulangsi Gunung Muria Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
img_title
03:56

Pasca Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Sawahlunto Sumbar

Pemkot didukung masyarakat dan TNI-Polri sudah bergerak mengevakuasi sampai mengantarkan bantuan pada warga yang menjadi korban terdampak bencana itu.
Jangan Lewatkan
Pengakuan Istri Pelaku Pembunuhan Wanita Dalam Koper di Bekasi, Ternyata Pelaku Lakukan Ini

Pengakuan Istri Pelaku Pembunuhan Wanita Dalam Koper di Bekasi, Ternyata Pelaku Lakukan Ini

Pengakuan istri Ahmad Arif Ridwan Nuwloh pelaku pembunuhan 'wanita dalam koper' di Kabupaten Bekasi setelah mengetahui suaminya telah melakukan pembunuhan.
Offline Store Lifting Equipment Merek Ternama Hadir di Glodok Blustru

Offline Store Lifting Equipment Merek Ternama Hadir di Glodok Blustru

Salah satu online store brand pelopor penyedia lifting equipment ternama di Indonesia, diketahui tengah mengumumkan pembukaan offline store baru dengan konsep inovatif di Pertokoan Glodok Blustru, No. 29, RT.1/RW.6, Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat pada 26 April 2024.
Di Tengah Persidangan Kasus Pemerasan dan Gratifikasi di Kementrian Pertanian, SYL Klaim Dapat 4 Penghargaan Antikorupsi dari KPK

Di Tengah Persidangan Kasus Pemerasan dan Gratifikasi di Kementrian Pertanian, SYL Klaim Dapat 4 Penghargaan Antikorupsi dari KPK

Mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengklaim pernah mendapatkan penghargaaan antikorupsi dari KPK sebanyak 4 kali di Kementerian Pertanian (Kementan).
Zulhas Pastikan Barang Pekerja Migran Bisa Dikirim ke Kampung Halaman Tanpa Denda, Ini Syaratnya

Zulhas Pastikan Barang Pekerja Migran Bisa Dikirim ke Kampung Halaman Tanpa Denda, Ini Syaratnya

Mendag, Zulhas mengatakan bahwa kini para Pekerja Migran Indonesia (PMI) dapat leluasa mengirimkan barang-barangnya dari luar negeri ke kampung halaman.
Masih Ingat Bella Damaika yang Dituding Pelakor? Kabarnya Kini Pindah Maskapai, Garuda Indonesia Ikut Merespons

Masih Ingat Bella Damaika yang Dituding Pelakor? Kabarnya Kini Pindah Maskapai, Garuda Indonesia Ikut Merespons

Masih ingat dengan pramugari Bella Damaika? Pramugari Bella Damaika sempat viral usai skandal perselingkuhannya dibongkar istri dari selingkuhannya.
Tak Bisa Menahan Hasrat, Pasangan Sejoli Probolinggo Berbuat Mesum di Depan Balita

Tak Bisa Menahan Hasrat, Pasangan Sejoli Probolinggo Berbuat Mesum di Depan Balita

Beredar video di media sosial soal mesum sepasang sejoli di Jawa Timur, Probolinggo. Mirisnya, sepasang sejoli itu lakukan aksi bejatnya dihadapan balita.
Tingkatkan Kapasitas Pelayanan, Imigrasi Surabaya Layani E-Paspor dan Percepatan

Tingkatkan Kapasitas Pelayanan, Imigrasi Surabaya Layani E-Paspor dan Percepatan

Imigrasi Surabaya berkomitmen meningkatkan kualitas dan kapasitas pelayanan keimigrasian kepada masyarakat, di wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto. 
Bantah Gugatan PDIP soal Suara Pileg di Papua Tengah, PSI Pastikan Kantongi 19.157 Suara Sah

Bantah Gugatan PDIP soal Suara Pileg di Papua Tengah, PSI Pastikan Kantongi 19.157 Suara Sah

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai pihak terkait membantah klaim PDIP yang menyebut suaranya 0 (nol) di Provinsi Papua Tengah.
Tak Mampu Melakukan Ini, Tukang Siomay di Semarang Nekat Curi 675 Celana Dalam Wanita, Ternyata Polisi Bilang Niatnya Mau…

Tak Mampu Melakukan Ini, Tukang Siomay di Semarang Nekat Curi 675 Celana Dalam Wanita, Ternyata Polisi Bilang Niatnya Mau…

Warga Semarang, Jawa Tengah dikejutkan oleh pemberitaan oknum tukang siomay yang bernama Jeri (32) ketahuan mencuri 675 celana dalam wanita. Aksinya ini untuk..
Skor Gila di Laga Perdana Piala Asia Putri U-17 2024, Korea Utara Hancurkan Korea Selatan 7-0

Skor Gila di Laga Perdana Piala Asia Putri U-17 2024, Korea Utara Hancurkan Korea Selatan 7-0

Korea Utara berpesta gol tanpa balas dalam laga perdana grup A kontra Korea Selatan pada Piala Asia Putri U-17 2024 di Bali Training Center, Senin (6/5/2024).
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Fakta
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Menyingkap Tabir
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
Selengkapnya