LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Imbauan Larangan Mudik, Polisi Bangun 300 Pos Penyekatan | tvOne

Senin, 5 April 2021

Jakarta – Menyusul kebijakan larangan Mudik Lebaran 2021 yang dikeluarkan pemerintah, Korlantas Polri mendirikan sedikitnya 300 posko penyekatan, mulai dari Lampung hingga Bali. Titik penyekatan disiapkan baik di jalur arteri maupun jalur tol, baik yang menuju Jawa maupun menuju luar Jawa.

"Titik penyekatan ini untuk memastikan masyarakat agar tidak mudik lebaran 2021 sebagaimana keputusan pemerintah," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono dalam keterangan tertulis usai rapat bersama Kementerian Perhubungan di NTMC Polri, Jakarta, Jumat (2/4) pekan lalu.

Istiono menyebutkan, 333 titik penyekatan disiapkan baik di jalur arteri maupun jalur tol, baik yang menuju Jawa maupun menuju luar Jawa. "333 titik ini terutama dari Jakarta menuju Jawa Barat dan Jawa Tengah," kata Istiono.

Menurut Istiono, yang perlu diantisipasi pihaknya, jalur tol dan di jalur arteri baik jalur Pantura, jalur tengah, jalur selatan hingga Jawa Tengah. "Kami telah tetapkan titik titik penyekatan agar semua tidak bisa melakukan mudik sesuai aturan. Nanti akan ada aturan khusus yang kami siapkan di lapangan," ujarnya lagi.

Istiono menjelaskan, dalam rapat bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, membahas persiapan pengamanan larangan mudik Lebaran 2021.

Rapat tersebut menindaklanjuti keputusan pemerintah lewat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) yang melarang mudik Lebaran Idul Fitri 2021 dari tanggal 6-17 Mei 2021.

Larangan ini berlaku untuk ASN, TNI, Polri, BUMN, karyawan swasta, maupun pekerja mandiri dan juga seluruh masyarakat.

Menhub, lanjut Istiono, menekankan untuk meningkatkan koordinasi antara semua pihak yang terlibat (Kemenhub dan Korlantas) dalam pengamanan baik di tingkat maupun daerah.

Dia mengatakan koordinasi antara Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan perlu dilakukan untuk menyamakan persepsi agar larangan mudik lebaran 2021 bisa dilakukan dengan baik. Kakorlantas mengutip istilah keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi.

"Beliau (Menteri Perhubungan) memberikan atensi penuh terhadap persiapan dilarang mudik untuk 2021. Koordinasi intens ini untuk penyamaan persepsi di lapangan. Tentunya berangkat dari solus populi Excelso (keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi)," katanya.

Istiono menambahkan, larangan mudik oleh pemerintah dilakukan mengingat pandemi COVID-19 yang masih ada. Berdasarkan data Gugus Tugas COVID-19 bahwa setiap ada libur panjang, kasus COVID-19 selalu naik.

"Data menunjukkan bahwa setiap libur panjang itu terjadi peningkatan penularan COVID-19 yang cukup signifikan. Tidak ada kata lain adalah kita harus antisipasi semuanya," kata Istiono menegaskan. (ito/ant)

(Lihat Juga: Pemerintah larang mudik lebaran 2021)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
02:47

Chico Ungkap Bahwa PDIP Tidak Akan Terburu-buru Menentukan Koalisi atau Oposisi

PDIP menyebut hingga kini partainya belum menentukan sikap politik usai penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2024.
img_title
03:15

Sikap Partai PKB Atas Hasil Keputusan Sidang MK

PKB menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 
img_title
04:26

Prabowo: Kalo Kontestasi Tidak Keras, Namanya Bukan Pilihan Untuk Rakyat

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 telah selesai.
img_title
10:46

PKS Bertandang ke Markas NasDem "Lanjutkan Kolaborasi Membangun Negeri"

Tampak Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Sekretaris Jenderal DPP PKS Aboe Bakar Al-Habsyi, dan jajaran PKS lainnya tampak tiba di Kantor DPP Partai NasDem pukul 15.00 WIB. 
img_title
02:04

Alasan Mahfud MD Tidak Ikut Hadiri Penetapan Presiden & Wapres di KPU

Adapun alasan dari calon wakil presiden 03 Mahfud MD yang memberikan alasan dirinya tak hadir dalam gelaran acara penetapan pemenang Pilpres di Gedung KPU.
img_title
02:50

Ganjar Mengaku Tak Diundang KPU di Acara Penetapan Presiden & Wapres Terpilih

Paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo tidak menghadiri acara penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 yang digelar hari ini.
img_title
05:05

Cak Imin Sambut Hangat Kedatangan Prabowo di Markas PKB

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyambut kedatangan Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (24/4/2024).
img_title
02:52

Gibran Blusukan Menyapa Warga di Rusun Muara Baru

Usai ditetapkan sebagai Wakil Presiden terpilih oleh KPU pada Rabu (24/4/2024), Gibran Rakabuming Raka langsung blusukan ke rusunawa Muara Baru Jakarta Utara.
img_title
01:30

Alasan Prabowo Lontarkan Kata "Senyuman Berat" ke Anies & Muhaimin

Presiden terpilih Prabowo Subianto sempat menyinggung terkait "senyuman berat" yang terpancar dari wajah Anies Baswedan dan Muhaimin (Cak Imin). 
img_title
04:12

PDIP Absen Penyerahan Berita Acara & Salinan KPU ke Pengusung 03

KPU dalam sidang pleno pada Rabu (24/4/2024) pagi tadi telah menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024.
img_title
01:52

Momen Anies-Muhaimin Jabat Tangan Prabowo-Gibran

Presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berjabatan tangan dengan capres-cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar usai menerima salinan surat Keputusan KPU.
img_title
08:17

SAH! KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden & Wapres Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih 2024.  
img_title
19:35

Anies Muhaimin Tiba di KPU, Analis Politik: Menyejukkan Demokrasi

Ahmad Khoirul Umam selaku Analis Politik atau Direktur Eksekutif Indostrategic menilai bahwa kehadiran pasangan calon Anies Baswedan dan Cak Imin ke Gedung KPU hari ini sangat menyejukkan demokrasi. 
img_title
04:19

Hormati Proses Bernegara Anies-Muhaimin Tiba di KPU

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menghadiri acara penetapan pemenang Pilpres 2024 di KPU pada Rabu (24/4/2024).  
img_title
07:58

Prabowo & Gibran Tiba di Gedung KPU RI

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). 
img_title
09:55

PDIP Minta Penetapan Presiden Terpilih Ditunda, Analis Politik: Belum Legowo

Ahmad Khoirul Umam selaku Analis Politik atau Direktur Eksekutif Indostrategic memberikan tanggapan bahwa pihak PDIP belum legowo terkait penetapan pemenangan Prabowo-Gibran.
img_title
07:14

Suasana Terkini di Gedung KPU RI Jelang Penetapan Presiden & Wapres Terpilih

KPU RI menggelar penetapan pemenang Pilpres 2024 bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih, seusai gugatan sengketa Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, hari ini.
img_title
02:34

EKSKLUSIF! Prabowo: Saatnya Semua Elite Bekerja Sama untuk Rakyat

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama kalangan elite agar bersatu demi rakyat.
img_title
03:02

Kemana Arah Politik Anies Usai Sidang Sengketa Pilpres 2024, Koalisi atau Oposisi?

Mustofa Nahrawardaya selaku Juru Bicara Timnas Anies-Muhaimin mengatakan bahwa Anies Baswedan menyatakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) itu sebagai pertanda selesainya Pemilu 2024. 
Jangan Lewatkan
Ketegasan Pelatih Timnas Indonesia U-23 Tak Pedulikan Korsel, Shin Tae-yong Fokus Libas Negara Asalnya Sendiri

Ketegasan Pelatih Timnas Indonesia U-23 Tak Pedulikan Korsel, Shin Tae-yong Fokus Libas Negara Asalnya Sendiri

Timnas Indonesia U-23 akan bertemu Korea Selatan (Korsel) di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. STY tidak peduli negaranya karena melatih Garuda Muda.
Gibran Rakabuming Raka Memilih Langsung Blusukan Usai Ditetapkan Jadi Wakil Presiden RI

Gibran Rakabuming Raka Memilih Langsung Blusukan Usai Ditetapkan Jadi Wakil Presiden RI

Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan sebagai Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029 oleh KPU.
Jadi Presiden dan Wapres 2024, Prabowo-Gibran akan Langsung Makan Malam Bareng Jokowi di Istana

Jadi Presiden dan Wapres 2024, Prabowo-Gibran akan Langsung Makan Malam Bareng Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada malam ini di Istana Negara
Gibran Langsung Sowan ke Ma’ruf Amin usai Ditetapkan Wakil Presiden 2024, Ini Isi Pertemuannya

Gibran Langsung Sowan ke Ma’ruf Amin usai Ditetapkan Wakil Presiden 2024, Ini Isi Pertemuannya

Gibran Rakabuming Raka langsung menemui Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin setelah ditetapkan sebagai Wakil Presiden 2024 oleh KPU di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.
Tuntut Ganti Majelis Hakim, Ratusan Karyawan Polo Ralph Lauren Indonesia Unjuk Rasa di Depan MA

Tuntut Ganti Majelis Hakim, Ratusan Karyawan Polo Ralph Lauren Indonesia Unjuk Rasa di Depan MA

Memasuki hari ketiga protes, sekitar seratus orang berkumpul di depan Mahkamah Agung untuk mengekspresikan keprihatinan mereka terhadap rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) massal yang dihadapi oleh karyawan PT Polo Ralph Lauren.
Cegah Lonjakan Gula Darah dengan Campurkan Air Putih dan Cairan Kecut ini lalu Minum, dr Zaidul Akbar Bilang Manfaatnya Luar Biasa

Cegah Lonjakan Gula Darah dengan Campurkan Air Putih dan Cairan Kecut ini lalu Minum, dr Zaidul Akbar Bilang Manfaatnya Luar Biasa

Terdapat cara sederhana untuk cegah lonjakan gula darah menurut dr Zaidul Akbar. Salah satunya dengan campuran air putih dengan cairan kecut seperti cuka apel.
Polisi Tangkap 5 Pemuda Gegara Cekcok di Medsos, Pesilat Banyuwangi Tewas Dikeroyok

Polisi Tangkap 5 Pemuda Gegara Cekcok di Medsos, Pesilat Banyuwangi Tewas Dikeroyok

Seorang anggota Perguruan Silat NU Pagar Nusa di Banyuwangi meninggal dunia usai dikeroyok sejumlah orang yang diduga dari perguruan silat lain.
Banten Jadi Juara Nasional MTQ hanya di Era Rano Karno, Srikandi Banten Bulatkan Dukungan

Banten Jadi Juara Nasional MTQ hanya di Era Rano Karno, Srikandi Banten Bulatkan Dukungan

Lembaga Sosial Perempuan Srikandi Banten menyatakan dukungannya secara terbuka kepada Rano Karno untuk maju pada Pilkada Banten 2024.
Jelang Laga Timnas Indonesia Lawan Korsel di Piala Asia U-23, Prabowo Minta Doa

Jelang Laga Timnas Indonesia Lawan Korsel di Piala Asia U-23, Prabowo Minta Doa

Timnas Indonesia bakal melakoni laga Perempat Final Piala Asia U-23 melawan Korea Selatan (Korsel).
Pemain Timnas Indonesia U-23 Bahagia Nathan Tjoe-A-On Kembali Gabung, Sempat Buat Kejutan

Pemain Timnas Indonesia U-23 Bahagia Nathan Tjoe-A-On Kembali Gabung, Sempat Buat Kejutan

Timnas Indonesia U-23 dipastikan bermain dengan kekuatan penuh setelah Nathan Tjoe-A-On kembali bergabung dengan skuad Piala Asia U-23. 
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Indonesia Business Forum
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
Selengkapnya