LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Pemerintah Izinkan Tarawih dan Salat Idul Fitri di Luar Rumah, Tapi Ada Syaratnya | tvOne Minute

Selasa, 6 April 2021

Jakarta - Pemerintah mengizinkan salat Tarawih dan salat Idul Fitri (Ied) di luar rumah pada tahun ini. Namun, ada sejumlah syarat yang perlu dipatuhi masyarakat. 

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah memperkenankan masyarakat beribadah tarawih Ramadan dan Idul Fitri di luar rumah, namun dengan menerapkan dan melaksanakan protokol kesehatan sangat ketat.

"Kegiatan ibadah selama Ramadhan dan Idul Fitri, yaitu tarawih dan shalat Idul Fitri pada dasarnya diperkenankan, diperbolehkan. Yang harus diperhatikan protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan sangat ketat," ujar Muhadjir melalui konferensi persnya di Kantor Presiden, Jakarta pada Senin (5/4/2021). 

Dia mengatakan untuk ibadah tarawih, jamaah harus terbatas pada lingkup komunitas, dalam arti jamaahnya saling kenal satu sama lain. "Jadi, jamaah di luar mohon tidak diizinkan. Selain itu, diupayakan sesimpel mungkin, sehingga waktu tidak berkepanjangan, mengingat kondisi masih darurat," katanya.

Untuk ibadah shalat Idul Fitri, juga diterapkan hal yang sama, yakni diperkenankan beribadah di luar rumah, dengan jamaah terbatas pada lingkup komunitas.

Selain itu, juga dalam melaksanakan shalat Idul Fitri masyarakat diminta menjaga agar tidak terjadi kerumunan, terutama saat akan menuju atau meninggalkan tempat ibadah, baik di lapangan atau masjid. "Jadi, supaya menghindari kerumunan yang terlalu besar," ujar dia.

Sementara itu, Kementerian Agama telah menerbitkan surat edaran terkait panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H/2021 masehi salah satunya memperbolehkan kegiatan buka puasa bersama asal kehadiran paling banyak 50 persen dari kapasitas ruangan.

Surat edaran nomor 03 tahun 2021 berisi sejumlah panduan-panduan ibadah maupun aktivitas di bulan Ramadhan. Adapun isinya berbeda dengan surat edaran tahun sebelumnya. Salah satu contohnya, pada pelaksanaan ibadah/aktivitas Ramadan tahun lalu, pemerintah melarang adanya kegiatan buka bersama. Namun kali ini Kemenag memberi keringanan dengan mengizinkannya namun tetap wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam surat itu juga berisi seruan bagi pengurus maupun pengelola masjid wajib menunjuk petugas yang memastikan penerapan protokol kesehatan. Termasuk mengumumkan kepada seluruh jamaah, seperti melakukan disinfektan secara teratur, menyediakan sarana cuci tangan di pintu masuk masjid/mushola, menggunakan masker, menjaga jarak aman, dan setiap jamaah membawa sajadah/mukena masing-masing.

Selain itu, dalam penyelenggaraan ibadah dan dakwah di bulan Ramadhan, segenap umat Islam dan para mubaligh/penceramah agama agar menjaga ukhuwwah Islamiyah, ukhuwwah wathaniyah, dan ukhuwwah basyariyah, serta tidak mempertentangkan masalah khilafiyah yang dapat mengganggu persatuan umat. (adh/ant)

 

Lihat juga: Tarawih di Masjid Dibolehkan, Tapi Dengan Catatan...

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:30

Alasan Prabowo Lontarkan Kata "Senyuman Berat" ke Anies & Muhaimin

Presiden terpilih Prabowo Subianto sempat menyinggung terkait "senyuman berat" yang terpancar dari wajah Anies Baswedan dan Muhaimin (Cak Imin). 
img_title
04:12

PDIP Absen Penyerahan Berita Acara & Salinan KPU ke Pengusung 03

KPU dalam sidang pleno pada Rabu (24/4/2024) pagi tadi telah menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024.
img_title
08:17

SAH! KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden & Wapres Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih 2024.  
img_title
19:35

Anies Muhaimin Tiba di KPU, Analis Politik: Menyejukkan Demokrasi

Ahmad Khoirul Umam selaku Analis Politik atau Direktur Eksekutif Indostrategic menilai bahwa kehadiran pasangan calon Anies Baswedan dan Cak Imin ke Gedung KPU hari ini sangat menyejukkan demokrasi. 
img_title
04:19

Hormati Proses Bernegara Anies-Muhaimin Tiba di KPU

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menghadiri acara penetapan pemenang Pilpres 2024 di KPU pada Rabu (24/4/2024).  
img_title
07:58

Prabowo & Gibran Tiba di Gedung KPU RI

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). 
img_title
07:14

Suasana Terkini di Gedung KPU RI Jelang Penetapan Presiden & Wapres Terpilih

KPU RI menggelar penetapan pemenang Pilpres 2024 bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih, seusai gugatan sengketa Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, hari ini.
img_title
02:34

EKSKLUSIF! Prabowo: Saatnya Semua Elite Bekerja Sama untuk Rakyat

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama kalangan elite agar bersatu demi rakyat.
img_title
03:02

Kemana Arah Politik Anies Usai Sidang Sengketa Pilpres 2024, Koalisi atau Oposisi?

Mustofa Nahrawardaya selaku Juru Bicara Timnas Anies-Muhaimin mengatakan bahwa Anies Baswedan menyatakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) itu sebagai pertanda selesainya Pemilu 2024. 
img_title
01:05

Tembok Rumah Tua Timpa 3 Anak-anak, Satu Tewas

Tembok rumah tua yang berada di Jalan Bahari Polewali Mandar, Sulawesi Barat roboh dan menimpa 3 orang anak yang sedang bermain di lokasi tersebut. Akibatnya, satu orang tewas dan dua lainnya kritis. 
img_title
01:06

Usai Pengumuman Hasil Sengketa Pilpres, Prabowo-Gibran Bertemu dengan TIm Hukum 02

Pasangan terpilih Prabowo Subianto dan juga Gibran Rakabuming Raka menggelar pertemuan dengan tim kuasa hukum dari 02 di rumah Kertanegara Jakarta. 
img_title
01:31

Selebgram Chandrika Chika Diciduk Bersama 5 Temannya di Hotel soal Kasus Narkoba

Selegram Chandrika Chika beserta dengan pro player e-sport game yakni Herli 'Jeixy' Juliansah ditangkap oleh Sat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan pada Senin (22/4/2024) malam. 
img_title
02:31

PDIP Sampaikan Sejumlah Catatan Khusus soal Putusan MK

PDIP merespon keputusan MK yang menolak permohonan sengketa Pilpres yang diajukan oleh Ganjar-Mahfud. PDIP menyatakan tetap mengambil langkah hukum lain melalui PTUN. 
img_title
04:59

Prabowo soal Putusan Gugatan Pilpres: Terima Kasih kepada MK

Presiden terpilih Prabowo Subianto merespon putusan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dibacakan kemarin (22/4/2024). Prabowo mengaku bersyukur dan tengah melakukan persiapan untuk langkah ke depan. 
img_title
04:55

Jawaban Gibran Terkait Rencana Bertemu Lawan Politik: Tunggu Arahan Pak Prabowo

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka membantah telah memprediksi hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa hasil Pilpres. 
img_title
01:41

Presiden Jokowi Tanggapi Putusan MK

Presiden Joko Widodo menghormati keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa Pilpres 2024. Menurut presiden, tuduhan kepada pemerintah yang disampaikan pemohon tidak terbukti. 
img_title
02:18

Babak Akhir Sengketa Pilpres, Kubu Anies dan Ganjar Hormati Keputusan MK

Kubu Paslon nomor urut 01 Anies-Muhaimin maupun Paslon nomor urut 03 Ganjar-Mahfud menyatakan menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa Pilpres. 
img_title
02:23

Mahfud MD Soroti Tiga Dissenting Opinion Hakim MK

Calon Wakil Presiden nomor urut 03 Mahfud Md menyoroti tiga dissenting opinion Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang pembacaan putusan perkara sengketa Pilpres 2024. 
img_title
01:53

Permohonan Gugatan Ditolak, Tim Hukum Anies-Muhaimin Tetap Apresiasi Para Hakim: Luar Biasa

Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi ( Mk) menolak dalil Ganjar-Mahfud soal permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2024. 
Jangan Lewatkan
Airlangga Sebut Jokowi dan Gibran Sudah Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Pengesahan

Airlangga Sebut Jokowi dan Gibran Sudah Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Pengesahan

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming Raka, sudah masuk keluarga besar partai Golkar.
Dua Orang Buronan Kasus Perzinaan Ditangkap Kejati Sulsel

Dua Orang Buronan Kasus Perzinaan Ditangkap Kejati Sulsel

Kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak Perzinaan berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI tanggal 30 Januari 2024 nomor: 81/Pid.B/2023/PN Wns
Kasus Kanker Meningkat di Surabaya, RSU Dr Soetomo sudah Tangani 389 Pasien dalam 3 Tahun

Kasus Kanker Meningkat di Surabaya, RSU Dr Soetomo sudah Tangani 389 Pasien dalam 3 Tahun

Pasien kanker di jawa timur yang menjalani perawatan di RSU Dr Soetomo Surabaya terus meningkat. Dalam tiga tahun terakhir pasien kanker ada sebanyak 389 kasus.
Ganjar Sebut Akan Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres Jika Dapat Undangan

Ganjar Sebut Akan Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres Jika Dapat Undangan

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku akan menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden Terpilih hasil Pilpres 2024 bila mendapatkan undangan
Lima Oknum Polisi yang Diduga Keroyok Warga di Kolaka Akhirnya Diperiksa

Lima Oknum Polisi yang Diduga Keroyok Warga di Kolaka Akhirnya Diperiksa

Lima orang oknum polisi yang diduga melakukan pengeroyokan terhadap warga berinisial M (27) dan F (28) di Kelurahan Lamokato, Kolaka diperiksa Kepolisian Resor (Polres), Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara.
Sudah Amankan Tiket Championship Series, Bek Asing Persib Siap Raih Kemenangan dari Borneo FC

Sudah Amankan Tiket Championship Series, Bek Asing Persib Siap Raih Kemenangan dari Borneo FC

Tiga poin di laga ini akan memastikan posisi kedua klasemen babak regular series akan digenggam Maung Bandung.
Kartu BPJS Hilang? Tenang, Begini Cara Mengurusnya dengan Cepat dan Mudah!

Kartu BPJS Hilang? Tenang, Begini Cara Mengurusnya dengan Cepat dan Mudah!

BPJS Kesehatan memberikan banyak manfaat layanan kesehatan kepada. Saat berobat, peserta diminta membawa kartu BPJS Kesehatan bagaimana saat kartu hilang?
Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih, PKB Langsung Gelar Karpet Merah Khusus ke Prabowo

Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih, PKB Langsung Gelar Karpet Merah Khusus ke Prabowo

Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto datang berkunjung ke markas DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jakarta Pusat, berlangsung Rabu (24/4/2024).
Kepulan Asap dan Api dari Sumur Gas Pertamina Gemparkan Warga Tuban

Kepulan Asap dan Api dari Sumur Gas Pertamina Gemparkan Warga Tuban

Warga di wilayah Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, beberapa hari terakhir kerap dikejutkan dengan munculnya kobaran api dan kepulan asap yang membumbung tinggi dari lokasi sumur gas Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE-TEJ)
Kata Ketua RW Soal Sosok TikToker Galih Loss yang Buat Video Penistaan Agama, Ternyata Dia...

Kata Ketua RW Soal Sosok TikToker Galih Loss yang Buat Video Penistaan Agama, Ternyata Dia...

Ketua RW 06 Kelurahan Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Saiful Hajat mengaku kaget dengan penangkapan Tiktoker Galih Loss, pelaku penistaan agama.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Indonesia Business Forum
21:00 - 22:00
Kabar Utama
Selengkapnya