LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali
Kucing
Sumber :
  • Freepik.com

5 Alasan Mengapa Induk Kucing Memakan Anak-anaknya yang Baru Saja Dilahirkan

Salah satu hal yang mungkin akan buat anda sebagai pemilik kucing adalah perilaku dari seekor induk kucing yang memakan anak-anaknya ketika baru saja melahirkan

Minggu, 19 Februari 2023 - 18:37 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Kucing kini menjadi salah satu hewan yang cukup populer untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan oleh kebanyakan orang selain seekor anjing atau jenis hewan lainnya.

Punya wajah yang lucu dan juga bentuk tubuh yang menggemaskan menjadi beberapa alasan mengapa seekor kucing dipilih oleh banyak orang untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan mereka di rumah. 

Bukan hanya itu sifat mereka yang mudah bersahabat dengan manusia juga menjadi alasan lain mengapa kucing menjadi salah satu hewan favorit yang kerap dipilih sebagai hewan peliharaan.

Namun, dibalik wajah lucu dan menggemaskan dari seekor kucing ada beberapa hal yang mungkin akan mengejutkan anda berhubungan dengan sifat dan juga kebiasaan mereka yang tidak biasa.

Baca Juga :

Salah satu hal yang mungkin akan membuat anda sebagai pemilik kucing adalah perilaku dari seekor induk kucing yang memakan anak-anaknya ketika baru saja melahirkan. 

Bagi anda yang memelihara seekor kucing di rumah, sudah pasti akan sangat terkejut kalau melihat kejadian tersebut secara langsung. Meskipun hal seperti itu tidak selalu terjadi.

Tapi ternyata ada banyak sekali alasan yang mendasari perilaku dari seekor induk kucing yang memakan anak-anaknya ketika baru saja dilahirkan. Melansir dari laman hewania, berikut ini 5 alasan mengapa induk kucing memakan anaknya yang baru lahir.

1. Adanya Anak Kucing yang Sakit atau Memiliki Kelainan

Kita tahu bahwa seekor kucing memiliki indra penciuman yang cukup kuat meski tidak sekuat indra penciuman dari seekor anjing. Tapi untuk seekor induk kucing mereka diketahui memiliki indra penciuman yang lebih tajam.

Hal itulah yang membuat induk kucing bisa mendeteksi masalah pada anak kucing yang baru saja dilahirkannya seperti sakit atau memiliki kelainan yang membuatnya menganggap kalau anaknya itu tidak bisa bertahan hidup sampai dewasa. 

Maka dari itulah mengapa induk kucing memilih untuk memakan anaknya yang sakit dan juga memiliki kelainan dan juga memberikan kesempatan hidup yang lebih baik untuk anak-anaknya yang lain. 

Dikatakan kalau seekor induk kucing biasanya akan memakan plasenta dan juga ari-ari anaknya yang baru saja lahir sebagai salah satu asupan nutrisi tambahan untuk memproduksi air susunya dan hal yang sama juga berlaku ketika mereka memakan anak kucing yang memiliki kelainan atau sakit.

2. Induk Kucing Kekurangan Nutrisi

Alasan lain yang membuat induk kucing memakan anaknya yang baru saja lahir adalah kondisi dari sang induk yang kekurangan nutrisi atau malnutrisi sehingga menyebabkan kurangnya berat badan. 

Bila seekor induk kucing yang baru saja melahirkan mengalami kondisi malnutrisi, mereka akan lebih memilih untuk memakan anak-anaknya yang baru lahir daripada membesarkannya.

Hal ini karena mereka merasa tidak dapat membesarkan dan menghasilkan susu untuk kelangsungan hidup dari anak-anaknya. Biasanya induk kucing akan memakan satu atau dua ekor untuk mendapatkan nutrisi bagi dirinya sendiri dan memproduksi susu untuk anaknya yang lain. 

Maka dari itu untuk anda para pemilik kucing sangatlah penting untuk memperhatikan nutrisi mereka, untuk mencegah hal tersebut terjadi dengan memberikan nutrisi yang tepat saat kucing hamil sampai melahirkan.

3. Mastitis

Mastitis atau gangguan yang diderita oleh seekor induk kucing pada saat menyusui juga bisa menjadi alasan mengapa mereka memilih untuk memakan anak-anaknya ketika baru saja dilahirkan.

Gangguan tersebut biasanya disebabkan karena adanya gangguan pada kelenjar mamae dan adanya infeksi bakteri disana dan kondisi tersebut sangatlah menyakitkan bagi induk kucing terlebih saat sedang menyusui.

Dikatakan juga kalau infeksi tersebut dapat menular pada anak kucing dan itulah yang menjadi alasan mengapa mereka memakan anaknya karena kondisi menyakitkan tersebut membuat induk kucing menjadi stres. Bagi induk kucing daripada anaknya sakit karena infeksi mastitis lebih baik anaknya dimakan.

4. Stres

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, stres yang dialami oleh seekor induk kucing karena mengalami gangguan saat menyusui bisa menjadi faktor yang membuat mereka memakan anaknya yang baru lahir.

Meskipun biasanya stres jarang terjadi pada kucing rumahan, kondisi lingkungan mereka selama hamil bahkan hingga setelah melahirkan tidak kondusif bisa membuat mereka mejadi stress.

Beberapa hal yang bisa membuat induk kucing menjadi stress adalah dengan kehadiran orang asing yang mondar-mandir di depannya, suara yang keras, atau sesuatu kegiatan yang menurut kucing berlebihan dan dapat mengancam dirinya.

Hal itu juga membuat kucing menjadi takut anak-anaknya akan diambil dan menimbulkan stress yang berlebih pada mereka. Kondisi ini umumnya terjadi pada seekor induk kucing yang baru pertama kali menjadi ibu.

Stres yang berlebihan mengganggu naluri alamiahnya sehingga induk kucing salah menafsirkan. Induk kucing bahkan bisa menganggap bayi yang baru dilahirkannya sebagai ancaman atau mangsa. Dan menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk memakan anak kucing bayinya.

5. Kurangnya Naluri Keibuan

Terakhir, alasan mengapa induk kucing memakan anaknya yang baru lahir adalah karena mereka tidak memiliki naluri keibuan dan membuat mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan saat bayinya lahir.

Momen kebingungan itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa induk kucing memakan anak-anaknya yang baru saja mereka lahirkan. Beberapa latar belakang yang melatarbelakangi kucing memakan bayinya antara lain mungkin saat indukan kucing masih bayi mereka terlalu cepat dipisahkan dari ibunya. 

Maka dari itu sebagai pemilik kucing sangatlah diperlukan bantuan dari anda untuk mencegah perilaku dari induk kucing yang seperti itu. Anda harus memantau induk dan anaknya jika tampak naluri keibuannya tidak muncul dan membahayakan bayi kucing. Maka anda bisa mengambil langkah dengan mengambil alih seluruh kebutuhan anak kucing. (akg)

Baca Juga :
Komentar
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
Jangan Lewatkan
Majelis Rektor Ucapkan Selamat untuk Prabowo-Gibran, Beri Pesan Begini

Majelis Rektor Ucapkan Selamat untuk Prabowo-Gibran, Beri Pesan Begini

Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) ucapkan selamat atas terpilihnya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wapres.
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

PNM hadir pada forum Asia-Pacific Economic Cooperation Small Medium Enterprises Working Group (APEC SMEWG), ajang yang menjadi forum strategis untuk mengadvokasi berbagai tantangan serius yang dihadapi UMKM Indonesia. 
Disebut Airlangga Masuk Jadi Keluarga Besar Golkar, Gibran Tegaskan Belum Bergabung

Disebut Airlangga Masuk Jadi Keluarga Besar Golkar, Gibran Tegaskan Belum Bergabung

Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka, menegaskan bahwa dirinya saat ini belum masuk ke partai manapun. Usai ditetapkan jadi wakil presiden terpilih oleh KPU
Mimpi Ernando Ari Sebentar Lagi Jadi Kenyataan, Bahkan Targetnya Bersama Timnas Indonesia Lebih Tinggi Dari Olimpiade, Ernando Ari: Kami Harus Jadi Juara!

Mimpi Ernando Ari Sebentar Lagi Jadi Kenyataan, Bahkan Targetnya Bersama Timnas Indonesia Lebih Tinggi Dari Olimpiade, Ernando Ari: Kami Harus Jadi Juara!

Tak disangka mimpi Ernando Ari sebentar lagi jadi kenyataan. Ernando, Bagas Kaffa, dan Komang Teguh pernah menuliskan cita-citanya saat di Timnas Indonesia U-16
Haji Dulu atau Umrah? Agar Tak Salah Tafsir dalam Ibadah Ternyata Ustaz Abdul Somad Sebut Ini...

Haji Dulu atau Umrah? Agar Tak Salah Tafsir dalam Ibadah Ternyata Ustaz Abdul Somad Sebut Ini...

Pentingnya ibadah haji atau umrah dulu terhadap umat Islam masih membingungkan. Ustaz Abdul Somad akhirnya menjawab pertanyaan tentang keutamaan dua ibadah ini.
Bak Bumi dan Langit, Shin Tae-yong Sukses Cetak Sejarah di Timnas Indonesia, Sementara Korea Selatan Terpuruk di Piala Asia U-23

Bak Bumi dan Langit, Shin Tae-yong Sukses Cetak Sejarah di Timnas Indonesia, Sementara Korea Selatan Terpuruk di Piala Asia U-23

Pulangkan Korea Selatan, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tak berhenti cetak sejarah bagi tim nasional Indonesia sejak tangani Garuda pada tahun 2019.
Trending
Alasan Nathan Tjoe-A-On Tak Ikut Menendang dalam Sesi Adu Penalti Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan

Alasan Nathan Tjoe-A-On Tak Ikut Menendang dalam Sesi Adu Penalti Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan

Nathan Tjoe-A-On tidak ikut menendang dalam sesi adu penalti ketika timnas Indonesia U-23 mengalahkan Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U-23 2024.
Reaksi Netizen Korea Selatan usai Timnya Kalah dari Timnas Indonesia U-23, Sebut Shin Tae-yong sebagai Pengkhianat

Reaksi Netizen Korea Selatan usai Timnya Kalah dari Timnas Indonesia U-23, Sebut Shin Tae-yong sebagai Pengkhianat

Netizen Korea Selatan sangat kecewa usai timnya disingkirkan Timnas Indonesia U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024.
Komentar Pedas Jose Mourinho Pada Timnas Indonesia Terbukti, Dibawah Asuhan Shin Tae-yong Skuad Garuda Kini Bahkan Bisa Menembus...

Komentar Pedas Jose Mourinho Pada Timnas Indonesia Terbukti, Dibawah Asuhan Shin Tae-yong Skuad Garuda Kini Bahkan Bisa Menembus...

Komentar pedas mantan pelatih Chelsea, Jose Mourinho kini terbukti. Pasalnya dibawah asuhan Shin Tae-yong Timnas Indonesia kini menjelma menjadi tim kuat bahkan
Netizen Korea Ngamuk Usai Negaranya Disingkirkan Timnas Indonesia di Piala Asia U23, Katanya Garuda Muda Itu seperti...

Netizen Korea Ngamuk Usai Negaranya Disingkirkan Timnas Indonesia di Piala Asia U23, Katanya Garuda Muda Itu seperti...

Usai disingkirkan Timnas Indonesia di babak perempat final Piala Asia U23, netizen Korea Selatan lampiaskan amarahnya karena anggap ini kekalahan memalukan.
Reaksi Pengamat Bola Malaysia usai Timnas Indonesia U-23 Bekuk Korea Selatan U-23, Tak Disangka Sampai Menyebut...

Reaksi Pengamat Bola Malaysia usai Timnas Indonesia U-23 Bekuk Korea Selatan U-23, Tak Disangka Sampai Menyebut...

Pengamat sepak bola Malaysia turut senang dengan kesuksesan Timnas Indonesia U-23 melangkah ke perempat final Piala Asia U-23 usai mengalahkan Korea Selatan U-23.
Bukan Shin Tae-yong, Sosok Ini Justru yang jadi Bulan-bulanan di Korea Selatan Setelah Timnas Indonesia U-23 Menang

Bukan Shin Tae-yong, Sosok Ini Justru yang jadi Bulan-bulanan di Korea Selatan Setelah Timnas Indonesia U-23 Menang

Shin Tae-yong tak melakukan selebrasi berlebihan saat tendangan penalti Pratama Arhan memastikan kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Korea Selatan U-23. 
Legenda Korea Selatan Park Ji Sung Ikhlas Akui Skuad Shin Tae-yong, Jujurnya Pengakuan Pengamat Sepak Bola Australia soal Permainan Timnas Indonesia

Legenda Korea Selatan Park Ji Sung Ikhlas Akui Skuad Shin Tae-yong, Jujurnya Pengakuan Pengamat Sepak Bola Australia soal Permainan Timnas Indonesia

Ini berita paling top. Legenda Korea Selatan Park Ji Sung ikhlas akui skuad Shin Tae-yong hingga jujurnya pengakuan pengamat sepak bola Australia soal permainan Timnas Indonesia.
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Perempuan Bicara
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Telusur
Selengkapnya