Perwakilan Kedubes Australia saat meninjau saluran PDAM di Dusun Mudal, Sariharjo, Ngaglik, Sleman (26/11/2021)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Target 2024 Air dari Keran PDAM Bisa Langsung Konsumsi Tanpa Dimasak

Jumat, 26 November 2021 - 15:34 WIB

Sleman, DIY - Pemerintah Indonesia dan Kedutaan Besar Australia menjalin kerja sama penyediaan air minum yang aman untuk masyarakat. Nantinya air dari kran langsung bisa diminum masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

Penyediaan air minum dari kran ini khusus untuk para pelanggan PDAM. Air yang dialirkan dari PDAM nantinya akan bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu dimasak.

"Target nasional ke depan, target kita adalah menyediakan air minum aman, artinya adalah air yang siap diminum dari kran, karena negara kita semakin maju tentunya penyediaan air minum juga harus mengikuti," kata Nur Aisyah Nasution, Koordinator Bidang Air Minum dan Sanitasi Direktorat Perumahan dan Permukiman Kementerian PPN/ Bappenas, saat mengecek saluran PDAM di Dusun Mudal, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Jumat (26/11/2021).

Dijelaskan Nur Aisyah, saat ini pihaknya sedang bersiap agar PDAM bisa menuju ke arah penyediaan air minum aman dari kran.

PDAM harus mampu naik kelas dari menyediakan air minum biasa ke air minum langsung konsumsi.

"Terutama PDAM yang sudah berkinerja baik, sehat, contohnya Sleman ini sudah memiliki beberapa hal untuk ditingkatkan kelasnya jadi air minum aman misalnya tekanannya sudah lancar, sudah 24 jam alirannya ada terus, kualitasnya juga baik," jelasnya.

Pemerintah, katanya, menargetkan pada tahun 2024 mendatang sekitar 15 persen wilayah di Indonesia sudah mampu menyediakan air minum aman langsung konsumsi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral