Preman Kampung Nekat Halangi Truk untuk Minta Jatah Uang

Senin, 27 September 2021 - 08:59 WIB

Garut, Jawa Barat - Sebuah video aksi preman halangi setiap truk yang melintas di jalur Garut Selatan viral di media sosial. Pengadangan terhadap sopir truk itu terjadi di wilayah Pameungpeuk. 
Dalam video yang berdurasi 15 detik, memperlihatkan seorang pria diduga jagoan kampung menghadang setiap truk yang melintas. Diduga pria itu melakukan aksi pemalakan atau pungli kepada para sopir truk.
Terlihat pria berpakaian hitam nekat menghalangi truk yang melintas sambil meminta jatah uang. Sopir truk yang telah memberikan sejumlah uang itu pun lolos dan diperbolehkan untuk melintas. Aksi premanisme ini sudah menyebar jejaring media sosial sejak tanggal 25 September 2021 lalu.
Tak butuh waktu lama, tim Sancang Polres Garut pun langsung menangkap pelaku yang jumlahnya lebih dari satu orang di kawasan Jalan Raya Pameungpeuk. Petugas juga mengamankan barang bukti uang hasil pungli mereka. 
Para pelaku langsung digelandang ke Mapolres Garut untuk menjalani pemeriksaan. Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono pun memaparkan beberapa fakta terkait modus yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya.
“Beberapa modus yang kami temukan sudah kami lakukan penyelidikan itu ada dengan modus pengutipan atau pungli para sopir angkutan baik yang Elf ataupun truk berkisar Rp5.000 hingga Rp20.000,” ungkap Wirdhanto. 
Lebih lanjut, Ia mengungkapkan jika tak sedikit juga adanya tindakan pemaksaan atau intimidasi kepada sopir-sopir angkutan dan sopir truk supaya mendapatkan uang pungli tersebut. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral