Anggota Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara menemui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Jumat (11/2/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Bertemu Komnas HAM, Ganjar Pranowo: Perundungan di Wadas Harus Diselesaikan

Jumat, 11 Februari 2022 - 19:58 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Anggota Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara hari ini, Jumat (11/2/2022), memenuhi janjinya untuk menemui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di rumah dinas Puri Gedeh, Semarang.

Keduanya membahas tiga agenda bersama untuk menyelesaikan masalah di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo. Tiga agenda itu adalah evaluasi teknis, pendekatan masyarakat, dan pemulihan kondisi warga.

Ganjar Pranowo mengatakan, salah satu hal yang jadi perhatian adalah cara pendekatan sebelumnya yang dinilai banyak pihak mengandung unsur kekerasan. Untuk selanjutnya, Ganjar menegaskan tidak boleh lagi ada cara-cara seperti itu.

"Pertama tentu kami akan mengevaluasi teknis. Kedua adalah cara pendekatan agar tidak terjadi kekerasan dan ketiga soal bagaimana kita menyiapkan kondisi masyarakat agar kembali guyub rukun. Dan cara-cara yang nanti ada, kekerasan nggak boleh lagi dan polda juga sudah setuju juga,” tegas Ganjar.

Ganjar menambahkan, ia mendapat informasi kalau terjadi perundungan di tengah warga Wadas antara yang pro dan kontra. Maka pihaknya akan melakukan pendekatan psikologis agar warga hidup rukun.

"Ada informasi bahwa terjadi perundungan di tengah warga antara yang pro dan kontra. Udah deh jangan. Insya Allah kita akan masuk, saya senang tadi ada informasi KPAI mau diajak masuk itu bagus, kita nanti dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak juga kita minta untuk masuk,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menyatakan, pihaknya akan terus mengawasi dan siap memfasilitasi dialog antara Pemprov Jateng dengan warga Wadas.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral