Air Sungai Jabung di Kabupaten Barito Utara yang keruh, diduga akibat tercemar limbah batubara..
Sumber :
  • Tim Tvone-Didi

Air Sungai Jabung Keruh, Diduga Tercemar Limbah Perusahaan Batu Bara

Sabtu, 14 Mei 2022 - 15:10 WIB

Barito Utara, Kalteng - Sungai Jabung di Wilayah Desa Jangkang Baru, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, kini tidak dapat lagi difungsikan sebagai sarana air bersih bagi masyarakat setempat. 

Pasalnya, jika terjadi hujan sungai tersebut akan menjadi keruh dan tidak bisa dikonsumsi warga. Kini air sungai mulai bercampur tanah diduga akibat rangkaian aktivitas pertambangan. 

"Sungai Jabung airnya sangat jernih dan di konsumsi masyarakat sejak turun-temurun terdapat sarana air bersih dan sudah berpuluh-puluh tahun digunakan kini tercemar, akibat aktivitas rangkaian kegiatan pertambangan oleh PT. Arsy Nusantara," kata Deviy Ariadi, tokoh masyarakat desa Jangkang Baru, Jumat (13/5/2022). 

Ariadi menyampaikan bahwa hingga kini pihak perusahaan tidak ada sosialisasi tentang analisis dampak lingkungan (Amdal) maupun musyawarah dengan warga soal keruhnya Sungai Jabung. 

"Kami belum ada mendengar penjelasan secara resmi baik dari pihak Kepala Teknik Tambang (KTT) maupun dari pemerintahan Desa Jangkang Baru dalam upaya pencegahan keruhnya air bercampur dengan tanah ini," ujarnya. 

Sebelum tercemar, air sungai tetap jernih sekalipun hujan dan banjir. "Sungai Jabung ini merupakan untuk kebutuhan hajat hidup orang banyak," sambung Ariadi. 

Warga Jangkang Baru, Alpi Sukadi, mengatakan rangkaian pertambangan dapat merusak ekosistem lingkungan hidup di Sungai Jabung. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
01:07
03:09
04:29
01:56
01:27
Viral