Pengunjung menikmati bubur brongkos..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Menjajal Kuliner Nusantara, Nikmatnya Bubur Brongkos Khas Sukorejo Kendal

Rabu, 11 Oktober 2023 - 09:54 WIB

Kendal, tvOnenews.com - Jika anda melakukan perjalanan dari Kendal ke Dieng via jalur Sukorejo, sempatkan mampir ke warung makan legendaris Bu Topo. Di sini ada menu khas yang terkenal nikmatnya, yaitu Bubur Brongkos.

Perpaduan antara bubur beras yang lembut dengan sayur brongkos yang gurih-gurih pedas, membuat sajian ini banyak digemari wisatawan maupun pelaku perjalanan lainnya.

Brongkos adalah masakan berbahan daging dan kikil sapi dengan kuah berbumbu biji kluwak. Sayur ini merupakan kuliner khas di Sukorejo dan Temanggung yang berbatasan.

Rumah Makan Bu Topo lokasinya ada di tepi jalan alternatif Kendal - Temanggung, dekat dengan Alun-Alun Sukorejo. Tampilan warung tampak sederhana tapi punya ciri khas yang tak berubah sejak dulu. Yaitu jendela dan pintu kayu berwarna hijau muda, dengan ukiran jelas "Bu Topo". Warung ini sudah buka sejak tahun 1960an.

Foto: Seporsi bubur brongkos.

Menurut salah satu juru masak Warung Bu Topo, Fadliyah, brongkos merupakan resep khas di daerah Kedu dan Temanggung, juga Sukorejo yang berbatasan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral