Kuliner Gimbal Udang.
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Gimbal Udang, Makanan Hajatan yang Kini Jadi Kuliner Wisata di Kendal

Senin, 10 Januari 2022 - 13:25 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Mendengar kata gimbal, mungkin saja akan terbayang rambut ala penyanyi reggae. Tapi kalau di Kendal Jawa Tengah, gimbal itu nama makanan dengan bahan utama udang dan tepung. Rasanya gurih. Kalau sudah makan satu maunya nambah lagi dan lagi.

Gimbal banyak dijual di kawasan pantai. Terutama di daerah Mororejo Kaliwungu, Kendal yang punya banyak tambak udang. Biasanya, udang hasil panen yang berukuran besar dijual ke pedagang atau tengkulak, sertab sebagian diekspor.

Nah, untuk udang yang berukuran kecil hingga sedang dgunakan untuk membuat gimbal. Ada juga yang memanfaatkan udang hasil tangkapan di tepi laut.

Gimbal merupakan hasil olahan turun temurun di kampung nelayan Desa Mororejo Kendal. Biasanya dipakai untuk lauk saat ada hajatan di kampung pesisir pantai.

Setelah pantai di desa tersebut berkembang menjadi obyek wisata, maka gimbal pun menjadi buruan wisatawan karena rasanya yang enak.  Ini yang kemudian memberi manfaat ekonomi bagi warga. Mereka pun kemudian membuat gimbal udang sebagai oleh-oleh khas wisata.

"Ya awalnya ini makanan buat hajatan di kampung. Tapi waktu kita coba buat dan dijual di tempat wisata pantai, kok laris. Ya sekalian kita buka warung gimbal dan lumayan hasilnya," kata Ninik, penjual gimbal.

Pembuat gimbal pun kemudian punya ide menambah variasi. Gimbal tak hanya berisi udang, tapi juga coba dibuat dengan isian ikan wader, teri, rebon, serta kacang. Bedanya, kalau yang ini bentuknya lebih datar dan melebar. Kalau yang udang bundar dan gemuk.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:14
04:24
04:36
09:59
01:57
01:51
Viral