Nasi Penggel, nasi berisi sayur lodeh buah nangka bercampur kikil dan tetelan daging sapi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Wahyu Kurniawan

Nasi Penggel Khas Kebumen, Bulat Seukuran Bola Pingpong

Rabu, 16 Maret 2022 - 11:16 WIB

Kebumen, Jawa Tengah - Jika anda sedang melintas atau liburan ke Kebumen, Jawa Tengah, jangan lupa mencicipi makanan khas Kebumen yaitu Nasi Penggel. Hidangan yang hanya ada pada pagi hari ini wajib masuk ke dalam daftar menu kuliner saat berwisata ke Kebumen.

Nasi Penggel adalah makanan khas dari daerah Kabupaten Kebumen. Nama Penggel berarti nasi yang dibulat-bulat (di kepel-kepel) seukuran bola pingpong. Nasi Penggel biasanya diwadahi dengan daun pisang yang dibentuk ‘pincuk’

Dalam penyajiannya biasanya pembeli dipersilahkan mengambil sendiri nasi yang telah dibulat-bulatkan oleh penjual nasi penggel di dalam bakul. Nasi bulat tersebut seukuran bola pingpong dan lalu diletakkan di pincuk daun pisang.

Nasi kemudian dituangkan sayur dan lauk. Sayur ini merupakan lodeh santan berbumbu gurih pedas yang dicampur ‘gori’ atau nangka muda, daun singkong, tempe, tahu dan melinjo.

Bumbu sayur nangkanya sederhana pakai cabai keriting, rawit, bawang merah dan bawang putih. Untuk lauk nasi penggel bisa disajikan dengan sayur kulit dan jeroan sapi seperti babat, iso, kikil, ‘tetelan’, jantung, ginjal, paru, dan semacamnya. Pelengkap nasi penggel lainnya adalah tempe mendoan.

"Pas cocok untuk sarapan pagi, gurihnya sayur nangka berkuah santan bercampur sama kikil dan tetelan sapi mas, ditambah mendoan, mantab pokoke," ujar Yuki saat menyantab nasi penggel yang berada di Alun-alun Kebumen, Rabu (16/3/2022).

Penjual nasi penggel bisa ditemukan di Alun-alun Kebumen, Pejagoan tepatnya di Gunung Sari, Di Jalan Raya Sokka juga ada penjual nasi penggel dengan gerobak. Nasi penggel bisa ditemui mulai pukul 05.30 WIB.

Biasanya penjual nasi penggel berjualan hingga pukul 08.30 WIB. Seporsi nasi penggel lengkap serta lauk pauk jeroan dijual dengan harga Rp18.000. Tempe mendoan dan teh manis hangat seharga Rp2.500. (Wahyu Kurniawan/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral