Baceman ati onta alias gembus khas Kaliwungu Kendal..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Gurihnya Baceman Ati Onta Khas Kendal yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Kamis, 23 Maret 2023 - 22:54 WIB

Kendal, tvOnenews.com - Namanya memang ati onta. Tapi, jangan buru - buru membayangkan ini ati atau hati onta dari Arab sana. Enggak sama sekali. Karena bahannya dari gembus atau ampas kedelai.

Gembus ini diolah dengan bumbu bacem khas Jawa, maka hasilnya pun berwarna coklat kehitaman yang sepintas memang mirip hati sapi, onta, atau sejenisnya. Maka warga di Kaliwungu Kendal, Jawa Tengah dengan baceman ati onta.

Ini beda dengan bacem biasa. Karena bumbu yang dipakai adalah bumbu momoh, kuliner khas Kaliwungu yang berbahan baku daging sapi. Bumbu momoh tersebut lebih kaya rempah dan ada taburan cabai merah dan cabai hijau yang memberi rasa pedas.

"Orang Kaliwungu kan dari dulu dikenal kreatif. Termasuk gembus ini kita namai ati onta. Kita kasih bumbu yang kuat, juga kaldu, sehingga ada rasa - rasa daging meski teksturnya jelas beda," kata Erwin, penjual baceman anti onta saat ditemui Pasar Jajanan Ramadhan 2023 di Kampung Krajan Kulon, Kaliwungu Kendal.

Baceman ati onta alias gembus khas Kaliwungu Kendal.(Teguh Joko)

Bahan baku yang dipakai adalah gembus besar dan tebal. Gembus ini dibuat dari ampas kedelai atau ampas olahan tahu. Setelah dberi ragi tempe, maka jadilah gembus.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral