LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Gemetaran Saat Suntik Vaksin Jokowi, Ini Jawaban Profesor Abdul | lifestyleOne

Rabu, 13 Januari 2021

Jakarta, Klik Disini - Vaksinator penyuntuk Presiden Joko widodo, Abdul Muthalib, mengaku sedikit gemetaran (grogi) saat menyuntikkan vaksin Sinovac ke orang nomor satu di Indonesia itu. "Menyuntik orang pertama di Indonesia ada rasa juga tapi tidak ada halangan bagi saya untuk menyuntikkan, pertama saja gemetaran tidak ada masalah tidak ada pendarahan sama sekali di bekas suntikannya," kata Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Abdul Muthalib yang menjadi vaksinator Presiden Jokowi di lingkungan Istana Merdeka Jakarta, Rabu (13 Januari 2021).

Abdul Muthalib yang juga staf divisi Hematologi Ongkologi Medik RSUPN Cipto Mangunkusumo tersebut juga mengoleskan alkohol ke lengan kiri Presiden Jokowi sebelum menyuntikkan vaksin. "Vaksinnya tetap Sinovac dan saya lakukan penyuntikan dibantu perawat saya, kemudian saya gosok alkohol seperti prosedur biasa dan saya suntikan. Setelah saya suntik bapak tidak merasa sakit sedikitpun. Bapak komentarnya sampai ke dalam juga demikian," tambah Abdul Muthalib.

Setelah disuntik, Presiden Jokowi pun beralih ke meja empat untuk mendapatkan kartu tanda suntik pertama telah dilakukan. Abdul Muthalib mengatakan, vaksin COVID-19 telah berhasil disuntikkan ke Presiden RI Joko Widodo dan Presiden tidak mengeluh rasa sakit sedikitpun. “Alhamdulillah, saya berhasil menyuntikkan vaksin ke bapak Presiden tanpa rasa sakit. Bapak (Presiden) komentarnya sampai ke dalam juga demikian,” kata Abdul.

Abdul mengatakan, secara keseluruhan proses vaksinasi terhadap Presiden Jokowi berjalan lancar.
Sebelum vaksin disuntikkan, Presiden lebih dulu melewati sejumlah tahapan pemeriksaan untuk menentukan layak atau tidak untuk disuntik vaksin. Saat pemeriksaan, tensi Presiden sebesar 130/60. "Biasanya 110/70," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

Setelah itu, Presiden Jokowi pun ditanya terkait Penyakit komorbid. Presiden menyebutkan tidak ada penyakit bawaan seperti ginjal, jantung, dan sebagainya. Vaksin yang akan disuntikkan pada Rabu ini ke Presiden adalah vaksin dari Sinovac yang telah mendapatkan izin edar darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari BPOM.

Sejumlah tokoh lain yang juga menjalani vaksinasi perdana bersama Presiden Jokowi adalah Ketua Ikatan Dokter Indonesia Daeng M. Faqih, Sekjen Majelis Ulama Indonesia Amiesyah Tambunan, Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Ishomuddin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis serta selebriti Raffi Ahmad.

Pada sesi 2 dilakukan penyuntikan terhadap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Ketua Umum PB Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Risyidin, perwakilan dari Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Ronal Tapilatu, perwakilan dari KWI Agustinus Heri, perwakilan dari PDHI I Nyoman Suarthanu, perwakilan dari Permabudhi Partono Bhikkhu N. M dan perwakilan dari Matakin Peter Lesmana.

Sedangkan pada sesi 3 disuntuk Kepala BPOM Penny Kusumastuti Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Rosan Roeslani Perkasa, Sekjen Ikatan Bidan Indonesia Ade Zubaedah, perawat Nur Fauzah, apoteker Lusy Noviani, buruh Agustini Setiyorini dan perwakilan pedagang Narti.

Sebelumnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat atau "Emergency Use Authorization" (EUA) untuk vaksin COVID-19 produksi Sinovac pada Senin (11/1). (ari/ant)

(Lihat juga RS Polri Terima 137 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Air SJ-182)

 

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
16:30

Basmi Hipertensi Dengan Belimbing, Apakah Manjur? | Hidup Sehat tvOne

Belimbing atau Averrhoa carambola merupakan buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. 
img_title
10:57

Kemangi, Lalapan Sehat Kaya Manfaat

Daun kemangi yang mempunyai nama latin Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Tumbuhan ini dikenal juga dengan sebutan Lemon basil. 
img_title
08:04

Benarkah Buah Stroberi Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat?

Strawberry merupakan jenis buah beri yang biasanya berwarna merah atau merah muda, dengan biji-biji kecil di permukaannya. 
img_title
02:31

Mulai Pelupa? Hindari Kepikunan Dengan 4 Tips Berikut

Seringkah Anda mendadak tidak mengingat letak atau posisi benda yang akan dipakai atau mungkin aktivitas yang akan anda lakukan?
img_title
07:31

Jangan Dibiarkan! Ini Akibat dari Penyakit Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan atau iritasi yang terjadi pada saluran bronkus, yaitu pipa yang berfungsi sebagai penyalur udara dari bagian tenggorokan menuju ke organ paru-paru.
img_title
07:48

Jangan Panik Dulu, Ini Penyebab Batuk Berdarah Selain TBC

Namun, perlu kita ketahui bahwa pemicu batuk darah bukan hanya gangguan pada paru loh, terdapat sejumlah penyakit atau gangguan lain yang dapat menjadi pemicunya. Berikut selengkapnya.
img_title
06:51

Ramuan Jahe Kunyit untuk Mengatasi Maag

Namun ternyata, selain menjadi penyedap masakan, jahe dan kunyit dipercaya dapat mengatasi maag loh! Berikut selengkapnya.
img_title
08:18

Benarkah Minyak Ikan Omega 3 Bisa Menurunkan Kolesterol?

Minyak ikan merupakan minyak yang diekstraksi dari jaringan lemak ikan. Terutama ikan laut seperti tuna, teri, mackerel yang kaya akan asam lemak omega-3.
img_title
25:37

Berbagai Penyakit Kuku yang Tidak Boleh Disepelekan, Salah Satunya Cantengan!

Cantengan adalah kondisi ketika kuku di bagian tepi tumbuh menancap ke kulit sehingga menyebabkan kulit dan jaringan di bawahnya mengalami radang.
img_title
03:22

Ingin Hidup Tenang? Ini Manfaat Saling Memaafkan Bagi Fisik dan Mental

Di Hari Raya Lebaran ini terdapat sebuah momen indah rutin yang kita lakukan yaitu saling berjabat tangan untuk saling memaafkan. 
img_title
02:53

5 Jenis Sayuran Ini Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda rutin mengkonsumsi brokoli setiap hari peradangan akan berkurang termasuk juga bobot tubuh Anda.
img_title
08:58

Cara Mencegah Retinopati Diabetik pada Pasien Diabetes Melitus

Retinopati diabetik adalah salah satu bentuk komplikasi dari penyakit diabetes melitus. Berikut cara pencegahannya.
img_title
11:13

Jenis-Jenis Hepatitis dan Penularannya

Jika disebabkan oleh infeksi virus, hepatitis bisa menular ke orang lain. Hepatitis ditandai dengan gejala berupa demam, nyeri sendi, sakit perut, dan penyakit kuning.  
img_title
05:36

Kebiasaan dan Asupan Agar Lebih Cepat Kurus

Banyak orang berlomba-lomba menahan lapar bahkan tidak masuk nasi sama sekali demi mendapatkan berat badan ideal. Lantas bagaimana cara yang tepat?
img_title
06:37

Mengenal Hormon Dopamine, Fungsi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Agar dapat berfungsi optimal, tubuh manusia memerlukan beragam hormon, salah satunya adalah hormon dopamin.
img_title
06:34

4 Masakan Nusantara Ini Justru Semakin Nikmat Jika Dipanaskan

Indonesia dikenal dengan keberagaman suku dan budaya karena banyaknya menu masakan yang muncul dari berbagai daerah.
img_title
02:24

Tak Hanya Kurang Minum, Ini Penyebab Dehidrasi yang Jarang Disadari

Dehidrasi selalu disangkutpautkan dengan kurangnya cairan di dalam tubuh atau dimana kondisi manusia yang kurang akan asupan air putih. 
img_title
02:28

Tips Tetap Sehat Walau Sering Duduk saat Bekerja

Siapa bilang bekerja di dalam ruangan selalu nyaman? pada kenyataannya, kerja terlalu lama di dalam ruangan terutama dengan keadaan menatap laptop dan duduk di kursi seharian dapat menimbulkan berbagai keluhan.  
img_title
10:39

Fakta Nutrisi dan Manfaat Temulawak, Lebih Sehat dari Gingseng?

Masyarakat Indonesia terkenal dapat mengolah obat-obatan tradisional salah satunya temulawak. 
Jangan Lewatkan
Khofifah Terima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha Presiden RI, Khofifah: Hasil Kerja Keras Semua Pihak

Khofifah Terima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha Presiden RI, Khofifah: Hasil Kerja Keras Semua Pihak

Gubernur Jatim periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa menerima penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden RI.
Coach Ahang dan David Singleton Jadi Pelatih IBL All Star 2024

Coach Ahang dan David Singleton Jadi Pelatih IBL All Star 2024

Pada musim ini, pelatih Pelita Jaya Jakarta Johannis Winar alias Coach Ahang dan Pelatih Prawira Harum Bandung David Singleton terpilih menjadi pelatih tim Future dan tim Legacy IBL All-Star 2024.
Inikah Cara Unik Korea Selatan untuk Kalahkan Timnas Indonesia? Memuji Dulu Setinggi Langit Kekuatan Garuda, Ada Harapan Marselino Ferdinan CS…

Inikah Cara Unik Korea Selatan untuk Kalahkan Timnas Indonesia? Memuji Dulu Setinggi Langit Kekuatan Garuda, Ada Harapan Marselino Ferdinan CS…

Ada yang unik dalam sesi konferensi pers sebelum pertandingan Korea Selatan U23 melawan timnas Indonesia U23 di babak 8 besar Piala Asia U23. Dimana skuad Shin-
Terungkap, Tidur 5 Kali Sehari Jadi Faktor Rahasia Kesuksesan Cristiano Ronaldo

Terungkap, Tidur 5 Kali Sehari Jadi Faktor Rahasia Kesuksesan Cristiano Ronaldo

Bintang Al Nassr, Cristiano Ronaldo, memiliki satu rahasia yang membuatnya sukses dalam berkarier karena menerapkan pola tidur lima kali dalam sehari.
Surya Paloh: NasDem Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Surya Paloh: NasDem Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan partainya resmi mendukung pemerintahan baru Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Kamis (25/4/2024).
Selesai Salat Berjamaah, Sebaiknya Zikir Bersama-sama dengan Imam atau Zikir Sendiri? Ustaz Adi Hidayat Bilang yang Benar…

Selesai Salat Berjamaah, Sebaiknya Zikir Bersama-sama dengan Imam atau Zikir Sendiri? Ustaz Adi Hidayat Bilang yang Benar…

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan perihal zikir setelah salat berjamaah, sebenarnya lebih baik zikir bersama-sama atau zikir sendiri? Begini penjelasannya.
Polisi Beberkan Kronologi Penangkapan 4 Perampok di Kalipare Malang

Polisi Beberkan Kronologi Penangkapan 4 Perampok di Kalipare Malang

Tim Satreskrim Polres Malang berhasil mengungkap dan menangkap 4 orang pelaku perampokan meskipun 2 orang pelaku lainnya dalam daftar pencarian orang (DPO).
Kekuatan Doa untuk Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Korea Selatan U-23

Kekuatan Doa untuk Timnas Indonesia U-23 Kalahkan Korea Selatan U-23

Timnas Indonesia U-23 akan menjajal kekuatan Korea Selatan U-23 di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB. 
Kronologi Mengerikan Kasus Penemuan Mayat Cewek BO di Pulau Pari, Korban Dibunuh Usai Enak-enak, Mayatnya Dibungkus Kardus AC

Kronologi Mengerikan Kasus Penemuan Mayat Cewek BO di Pulau Pari, Korban Dibunuh Usai Enak-enak, Mayatnya Dibungkus Kardus AC

Kronologi kasus penemuan mayat di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, bermula pada Selasa (9/4/2024) pukul 23.30 saat pelaku NYP alias Nico cari cewek BO terungkap.
Pesan Menohok Eks Pelatih Timnas Indonesia U-23, Sebut Garuda Muda Punya Keuntungan Hadapi Korea Selatan

Pesan Menohok Eks Pelatih Timnas Indonesia U-23, Sebut Garuda Muda Punya Keuntungan Hadapi Korea Selatan

Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan akan menghadapi Korea Selatan dalam perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Jumat (26/4/2024)
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Dua Sisi
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Cover Story One
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
Selengkapnya