LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Siap Panen, Dua Hektar Ladang Ganja di Jambi Disita Polisi | tvOne

Selasa, 13 Oktober 2020

Merangin, Jambi – Dua hektare lahan Ganja siap panen di Gunung Masurai, Desa Nilo Dingin, Kecamatan Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi disita polisi. Petugas juga menangkap dua orang yang menanam pohon berbahasa latin Cannabis sativa itu. Kedua tersangka, Dianta Rahmah (24) dan Febriansyah (27) merupakan warga Desa Nilo Dingin.

Dari lahan ganja yang digarap Dianta dan Febri, polisi menemukan 180 batang pohon ganja setinggi lebih dari satu meter. Rinciannya, 171 batang berada di kebun Dianta. Sembilan batang lainnya berada di lahan garapan Febri. Selain itu pihak berwenang juga menemukan bibit yang ada di lokasi itu. Petugas lantas menyitanya.

Informasi penggerebekan lahan ganja ini diberikan oleh Kapolres merangin akbp irwan andy, melalui keterangan resminya pada Sabtu, 10 Oktober 2020.

Menurut Irwan, info keberadaan ladang tanaman Narkotika golongan I ini didapat dari warga setempat. Mereka curiga dengan aktivitas kedua pelaku yang sering keluar masuk hutan. Dari keterangan tersebut akhirnya tim kepolisian menuju lokasi dan ternyata benar saat di sana ditemukan daun ganja dan dua tersangka berada di dalam pondoknya. Polisi pun membekuk Dianta dan Febri. Setelah diinterogasi petugas, barulah keduanya membeberkan semuanya.

Petugas kemudian meluncur ke ladang yang disampaikan kedua tersangka. Setelah beberapa jam perjalanan, mereka menemukan ladang tersebut. Lokasinya tersembunyi di sela-sela pohon. Pelaku sengaja menyembunyikan ratusan pohon ganja di antara pohon kopi milik tersangka, sehingga tertutup dan tidak terlihat warga maupun polisi.

"Lokasi memang cukup jauh, kalau dari jalan lintas menempuh perjalanan hampir empat jam dan lokasinya di dalam hutan di pinggiran gunung Masurai," kata Kapolres Merangin, AKBP Irwan Andy.

Dari pengakuan awal, pelaku mengatakan mendapatkan bibit tersebut dari rekannya. Namun keterangan ini masih diselidiki aparat. Berdasarkan penuturan tersangka, perkebunan ganja ini sudah berlangsung selama tiga bulan terakhir. Dan mereka mengaku baru pertama kali menanam ganja. Tetapi polisi tidak langsung mempercayai keterangan keduanya, dan masih menyelidiki lebih lanjut perkara ini. Polisi juga sedang mengembangkan kasus ini untuk memburu pelaku lainnya.

Atas perbuatannya, Polres Merangin  menjerat  kedua tersangka dengan pasal 112 ayat 2 dan 114 ayat 1 Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman lima tahun penjara. (act)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:34

Artis Vicky Prasetyo Dilaporkan ke Polisi

Selebritas Vicky Prasetyo dilaporkan ke Polsek Karawang Jawa Barat oleh seorang pengusaha proyek. Korban mengaku menderita kerugian senilai Rp3,8 miliar.
img_title
01:58

Warga Nganjuk Digegerkan Temuan Jasad Wanita Mengenaskan di Ladang Jagung

Mayat perempuan ditemukan warga di ladang perkebunan jagung di Loceret, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Mayat perempuan itu ditemukan dalam kondisi mengenaskan.
img_title
02:47

Rekonstruksi Pembunuhan Perempuan Terbungkus Selimut, Motif Cinta Segitiga

Indriana Dewi Eka Saputri (24) menjadi korban pembunuhan yang dilatari cinta segitiga dan mayatnya dibuang di Banjar, Jawa Barat. 
img_title
04:57

Penghitungan Rekapitulasi Suara KPU Sudah Mencapai 78,04%

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dimulai dari pemilihan luar negeri. Rekapitulasi hari kelima dimulai dari Helsinki, Finlandia.
img_title
01:03

Saksi PDIP Emosi di Rapat Pleno Kota Tanjungpinang

Aksi kericuhan terjadi saat rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat Kota Tanjungpinang, yang digelar di Hotel CK, Sabtu (2/3/2024) malam.
img_title
10:07

Cara Menghindari Lupus Jika Punya Faktor Keturunan

Penyakit lupus atau lupus eritematosus merupakan penyakit Autoimun kronis yang bisa menyebabkan peradangan di beberapa bagian tubuh, seperti kulit, sendi, ginjal, hingga otak. 
img_title
01:33

68 Rumah Warga Rusak Usai Diguncang Bencana Tanah Bergerak

Sebanyak 68 rumah warga di Brebes, Jawa Tengah rusak berat akibat bencana tanah bergerak.
img_title
04:36

Kisah Penyandang Disabilitas Meraih Mimpi jadi Anggota Polisi

Seorang pria penyandang disabilitas berhasil meraih mimpinya menjadi personel Kepolisian Negara Republik Indonesia.
img_title
02:19

PPP Minta Sirekap Tidak Menjadi Acuan Penghitungan Suara

Ketua DPP PPP Ahmad Baidowi mengklaim suara yang didapatkan PPP melalui Sirekap diklaim turun. Sementara ada parpol yang suaranya justru naik.
img_title
01:27

KPU Tanggapi Lonjakan Suara PSI

KPU buka suara terkait dengan hasil lonjakan perolehan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang bertambah secara signifikan dalam tempo yang singkat.
img_title
02:08

Tanggapi soal Putusan MK, Mahfud: Idealnya Berlaku Periode Berikutnya

Mantan Menkopolhukam dan juga cawapres dari paslon nomor urut 3 Mahfud md menyebut putusan Mk untuk menghapus Ambang batas partai politik untuk masuk ke DPR RI sebesar 4% belum dapat langsung diterapkan. 
img_title
01:16

3 Rumah Warga di Tana Toraja Rusak Parah Tertimpa Longsor

Material longsor menerjang permukiman penduduk dan membuat 3 rumah warga rusak tersapu material longsor hingga terperosok kedalam jurang.
img_title
06:06

Masyarakat Berburu Pakaian Lebaran di Tanah Abang

Bulan Ramadhan memang belum tiba, apalagi Lebaran, akan tetapi masyarakat sudah mulai menyerbu Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat untuk berburu baju lebaran.
img_title
07:54

Keterangan Reskrim Polresta Barelang soal Penganiayaan Anak

Entah apa yang merasuki para pelaku dengan santai dan tanpa perasaan bersalah memukuli hingga menginjak dua anak di bawah umur.
img_title
01:36

Oknum Kepala Desa Terlibat Aksi Perampokan

Pelaku aksi perampokan di salah satu tempat keramaian di Medan, Sumatera Utara berhasil diungkap Satreskrim Polrestabes Medan dan Polsek Sunggal.
img_title
02:04

Oknum Guru di Cianjur Cabuli Belasan Murid Laki-laki

Pelaku harus berurusan dengan penyidik setelah dilaporkan oleh salah satu orang tua murid atas dugaan kasus pencabulan.
img_title
30:34

Berebut Kursi Ketua DPR, Siapa yang akan Berkuasa?

Perebutan kursi Ketua DPR Republik Indonesia kian memanas. Dua partai sementara yang mendapat suara terbanyak di Pileg 2024 adalah PDI Perjuangan dan Partai Golkar.
img_title
02:21

Tiga Desa di Brebes Terisolir Karena Bencana Tanah Longsor

Bencana banjir dan tanah longsor mengakibatkan tiga desa di Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes terisolir. 
img_title
03:33

Respons Sandiaga Uno soal Gabungan Ke Koalisi Pemerintahan Terpilih

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang juga Ketua Bapilu PPP menjawab pertanyaan wartawan soal kabar akan bergabungnya PPP dengan koalisi partai pemenang pemilu versi quick count.
Jangan Lewatkan
Mayat Lansia Ditemukan di Saluran Irigasi Bulusan Klaten, Polisi Amankan Satu Orang

Mayat Lansia Ditemukan di Saluran Irigasi Bulusan Klaten, Polisi Amankan Satu Orang

Mayat laki-laki ditemukan di saluran irigasi di Dukuh Wonorejo, Bulusan, Karangdowo, Klaten, Jawa Tengah, Minggu (03/03/2024). Polisi mengamankan satu orang.
Update Kegiatan Shin Tae-yong di Belanda: Bertemu Pemain Naturalisasi hingga Pantau Gelandang Potensial Timnas Indonesia

Update Kegiatan Shin Tae-yong di Belanda: Bertemu Pemain Naturalisasi hingga Pantau Gelandang Potensial Timnas Indonesia

Update kegiatan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang saat ini tengah berada di Belanda untuk mencari pemain keturunan.
Mendagri Sampaikan Kabar Baik, Sebut 75.000 Satpol PP Berpeluang Jadi ASN 

Mendagri Sampaikan Kabar Baik, Sebut 75.000 Satpol PP Berpeluang Jadi ASN 

Hal tersebut disampaikan Mendagri Tito Karnavian pada peringatan HUT Ke-74 Satpol PP dan Satlinmas Ke-62 tingkat nasional yang dipusatkan di Kota Padang, Sumbar
Heboh Suara PSI Meroket Mendadak, Koalisi Masyarakat Sipil: Nggak Masuk Akal

Heboh Suara PSI Meroket Mendadak, Koalisi Masyarakat Sipil: Nggak Masuk Akal

Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Demokratis menilai lonjakan suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak masuk akal.
Pemakaman Kembang Koci atau Hadramaut Kedua Ramai Didatangi Peziarah dari Timur Tengah pada Puncak Ziarah Kubro, Ternyata Ini Alasannya

Pemakaman Kembang Koci atau Hadramaut Kedua Ramai Didatangi Peziarah dari Timur Tengah pada Puncak Ziarah Kubro, Ternyata Ini Alasannya

Peziarah tamu dari Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Yaman menghadiri puncak ziarah kubro atau tradisi ziarah kubur 10 hari menjelang bulan suci Ramadhan di Kambang Koci yang juga disebut Hadramaut Tsani atau Hadramaut kedua.
Jasad Mr. X Tersangkut Batang Bambu di Sungai Serang Kulon Progo, Ini Ciri-Cirinya

Jasad Mr. X Tersangkut Batang Bambu di Sungai Serang Kulon Progo, Ini Ciri-Cirinya

Warga Karangwuni, Wates Kabupaten Kulon Progo dihebohkan dengan penemuan jasad laki-laki di Sungai Serang, timur embung retensi Karangwuni, Minggu (3/3/2024).
DPR: Pilkada Jakarta Dipilih Rakyat Secara Langsung

DPR: Pilkada Jakarta Dipilih Rakyat Secara Langsung

DPR Sufmi Dasco Ahmad menegaskan pemilihan kepala daerah atau Pilkada DKI Jakarta akan sama seperti daerah lainnya, yakni dipilih secara langsung oleh rakyat.
BMKG Minta Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi 4 Meter di Banten

BMKG Minta Nelayan Waspadai Gelombang Tinggi 4 Meter di Banten

Potensi gelombang tinggi hingga 4 meter terjadi di perairan Banten. BMKG meminta nelayan mewaspadai kemungkinan gelombang tinggi ini untuk hindari kecelakaan.
Wanita Diperkosa Anak Pejabat di Mobil Dinas di Gowa, Begini Kronologi Kejadian Menurut Polisi

Wanita Diperkosa Anak Pejabat di Mobil Dinas di Gowa, Begini Kronologi Kejadian Menurut Polisi

Seorang wanita menjadi korban pemerkosaan di mobil dinas oleh tiga orang pria, dua di antaranya anak pejabat. Ketiga pelaku sudah ditangkap pihak kepolisian.
Banyak Pondok Pesantren Tak Penuhi Standar Perlindungan Anak, Kementerian PPPA Nyatakan Hal Ini

Banyak Pondok Pesantren Tak Penuhi Standar Perlindungan Anak, Kementerian PPPA Nyatakan Hal Ini

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) meminta semua pondok pesantren terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag) agar dibina dan diawasi serta memenuhi standar perlindungan anak.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
21:00 - 22:00
E-Talkshow
22:00 - 23:00
Kabar Hari Ini
23:00 - 01:30
Bundesliga Seru
Selengkapnya