LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Serangan Bom di Jeddah, Konsulat Prancis di Arab Saudi Minta Warganya Waspada | tvOne

Kamis, 12 November 2020

Jeddah, Arab saudi - Sedikitnya empat orang terluka dalam insiden, yang menurut pejabat Prancis sebagai "serangan bom" selama upacara peringatan di Jeddah, Arab Saudi pada Rabu, 11 November 2020.

Kementerian Luar Negeri Prancis mengatakan serangan terjadi dalam sebuah acara peringatan akhir Perang Dunia I, yang dihadiri oleh para diplomat asing.

"Upacara tahunan yang memperingati akhir dari Perang Dunia I di pemakaman non-Muslim di Jeddah dihadiri oleh sejumlah konsulat, termasuk Prancis, yang menjadi sasaran serangan IED (alat peledak rakitan) pagi ini, yang melukai sejumlah orang," bunyi pernyataan kementerian.

Emirat Provinsi Mekkah menggambar insiden tersebut sebagai "serangan pengecut" dan mengatakan penyelidikan sedang berlangsung.

Melalui pernyataan bersama, Kedutaan Besar Prancis, Yunani, Italia, Inggris, serta Amerika Serikat mengecam serangan tersebut. Mereka menili serangan terhadap orang-orang yang tak bersalah semacam itu memalukan dan sama sekali tidak dapat diterima.

Kelima negara yang terlibat dalam peringatan ini berjanji akan mendukung penyelidikan oleh otoritas Saudi.

Qatar mengecam serangan tersebut dan menolak segala kekerasan maupun teror dalam kasus apa pun. Juga Uni Emirat Arab (UAE) yang turut mengecam keras serangan "pengecut" itu. Pihaknya menyampaikan solidaritas melawan ancaman apa pun yang menargetkan keamanan dan stabilitas Arab Saudi.

Kementerian Luar Negeri Bahrain merilis pernyataan yang mendukung semua tindakan Arab Saudi untuk memastikan keamanan dan stabilitas di wilayah mereka, untuk memastikan keselamatan warganya.

Serangan keji ini, yang menimbulkan ketakutan sekaligus melanggar semua hukum agama dan sipil, mengungkapkan wajah buruk kekerasan dan ekstremisme, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Kuwait. Demikian juga Yordania mengatakan insiden tersebut bertentangan dengan semua prinsip dan nilai-nilai agama serta kemanusiaan.

Sementara itu, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah mengatakan hingga saat ini tidak ada warga negara Indonesia  (WNI) yang menjadi korban dalam Ledakan di kawasan Al balad.

"Pada tanggal 11 November 2020, telah terjadi ledakan sekitar pukul 12.30 waktu Arab Saudi di sebuah pemakaman Non-Muslim di kawasan Al Balad, Jeddah. Hingga saat ini, tidak ada WNI yang menjadi korban dalam kejadian tersebut," demikian bunyi pernyataan KJRI Jeddah, seperti dikutip dari akun miliknya di Instagram, Kamis, 12 November 2020.

Mereka mengimbau seluruh WNI di wilayah kerja KJRI Jeddah untuk meningkatkan kehati-hatian dan kewaspadaan terutama di tempat umum dan kerumunan massa seperti pusat perbelanjaan dan pasar.

WNI diharapkan selalu memantau informasi resmi dari otoritas setempat dan Perwakilan RI di Arab Saudi. KJRI Jeddah kembali mengingatkan seluruh WNI untuk tidak menyebarluaskan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya (hoaks).

Dalam kondisi darurat, WNI dapat menghubungi nomor Call Center Hotline KJRI Jeddah +966 50 360 9667. (act/ant)

(Lihat juga: TIGA ORANG TEWAS DAN 33 ORANG TERLUKA DALAM INSIDEN SERANGAN BOM DI AFGHANISTAN)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:52

Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kejagung Mencapai 68,4 Persen

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat tingkat kepercayaan publik masih sangat tinggi terhadap Kejaksaan Agung Republik Indonesia. 
img_title
02:38

Erupsi Gunung Ruang Meluas, Sejumlah Penerbangan Alami Penundaan

Pesawat dengan tujuan penerbangan Bandar Udara Sam Ratulangi Sulawesi Utara, Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Juanda Surabaya dan Soekarno Hatta menunda keberangkatan. 
img_title
27:36

Jokowi-Mega: Lebaran Tanpa Salaman

Pertemuan presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menjadi momen paling dinanti pasca Hari Raya Idul Fitri. 
img_title
04:29

Kecewa Dicerai Sepihak oleh Suami, Seorang Istri Nekat Bongkar Rumah |

Kecewa dicerai sepihak oleh suaminya, seorang istri di Madiun nekat membongkar rumah yang telah mereka bangun bersama. 
img_title
01:18

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat kepada Prabowo Subianto

Calon Presiden terpilih RI 2024-2029 Prabowo Subianto mendapatkan ucapan selamat kembali setelah diumumkan KPU yang memenangkan Pilpres 2024. 
img_title
02:19

Gunung Ruang Kembali Erupsi, Tinggi Letusan Mencapai 400 Meter

Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro,  Sulawesi Utara kembali erupsi. Tinggi kolom letusan mencapai sekitar 400 meter di atas puncak dengan mengarah ke selatan. 
img_title
01:09

Tidak Terima Dilecehkan, Seorang Wanita Siram Air Keras kepada Terduga Pelaku Pelecehan

Tidak terima dilecehkan, seorang ibu muda di Palembang nekat menyiram air keras ke terduga pelaku pelecehan tersebut. 
img_title
03:21

Pasutri di Lumajang Meninggal Dunia karena Tertimbun Material Vulkanis

Banjir lahar hujan Gunung Semeru menewaskan sepasang suami istri warga Candipuro, Lumajang, Jawa Timur. 
img_title
00:41

Seorang Pria Nekat Jual Sabu Demi Hidupi Sang Kekasih

Seorang pemuda di Padang Sidimpuan, Sumatera Utara nekat jual sabu untuk menghidupi sang kekasih. 
img_title
02:26

Detik-detik Pria Bacok Temannya Sendiri Gegara Merasa Ditipu

Seorang pemuda di Kabupaten Oku Selatan nekat membacok temannya sendiri. Kejadian pembacokan tersebut terekam oleh kamera CCTV. 
img_title
01:39

Seorang Pendaki Temukan Kerangka Manusia di Lereng Gunung Slamet

Warga Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal digegerkan dengan penemuan mayat manusia yang menjadi kerangka di pos 3 jalur pendakian Gunung Slamet. 
img_title
01:23

Banjir Lahar Dingin Semeru Buat Tanggul Jebol & Jembatan Desa Ambruk

Banjir lahar dingin Gunung Semeru dengan skala besar, menerjang sejumlah DAS ( Daerah Aliran Sungai) di Kabupaten Lumajang, pada Kamis (18/4) malam tadi.
img_title
04:51

Jubir MK Beberkan Mekanisme Sidang Putusan PHPU

MK akan membacakan putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 pada hari Senin, 22 April 2024 pukul 09.00 WIB di ruang sidang lantai dua Gedung I MK RI, Jakarta. 
img_title
01:28

Menlu RI Utamakan Diplomasi Terkait Konflik di Timur Tengah

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menegaskan, tengah berkomunikasi dengan Menlu Iran untuk meredam eskalasi konflik yang terjadi dengan Israel. 
img_title
03:04

Prabowo Minta Para Pendukungnya Tidak Lakukan Aksi di MK

Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto memberi peringatan keras kepada para pendukungnya terkait polemik jelang putusan sidang MK soal sengketa Pilpres 2024. 
img_title
07:15

MK Terima 33 Amicus Curiae, Jubir AMIN: Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Pengajuan permohonan amicus curiae atau sahabat peradilan terkait persoalan perkara PHPU atau sengketa Pilpres 2024 ke MK disebut paling banyak sepanjang sejarah. 
img_title
17:53

Piala Asia U23: Amuk Garuda Libas Australia

Timnas Indonesia U-23 mencatatkan poin penuh dan cleansheet pertama di Piala Asia U-23 usai mengalahkan Australia U-23 dengan skor 1-0. 
img_title
06:13

Kebakaran Toko Bingkai, 7 Orang Tewas di Tempat

Ruko berlantai 3 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis (18/4/2024) malam terbakar hebat. 
img_title
01:31

AHY Pastikan Transisi Kepemimpinan Presiden akan Berjalan Baik

Ketua Umum Partai Demokrat yang juga menteri ATR/BPN AHY menyatakan, transisi kepemimpinan antara Presiden Joko Widodo dengan calon presiden terpilih Prabowo Subianto harus dipastikan dengan baik. 
Jangan Lewatkan
Liga 1: Solidnya Lini Pertahanan Jadi Kunci Persib Kembali ke Jalur Kemenangan

Liga 1: Solidnya Lini Pertahanan Jadi Kunci Persib Kembali ke Jalur Kemenangan

Pelatih Bojan Hodak sebut solidnya lini belakang jadi kunci keberhasilan Persib Bandung mampu taklukkan Persebaya dan kembali ke jalur kemenangan Liga 1 23/24.
Masya Allah, Ternyata Ini Ciri-Ciri Orang yang Dekat dengan Allah SWT Kata Ustaz Adi Hidayat: Lihat Wajahnya...

Masya Allah, Ternyata Ini Ciri-Ciri Orang yang Dekat dengan Allah SWT Kata Ustaz Adi Hidayat: Lihat Wajahnya...

Ustaz Adi Hidayat ungkap ciri-ciri orang yang dekat dengan Allah SWT, ternyata ciri-cirinya nampak dari wajah, perilaku, hingga sifatnya. Lihat wajahnya...
Resmi! Vietnam U-23 Jadi Tim Asia Tenggara Pertama yang Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 Menyusul?

Resmi! Vietnam U-23 Jadi Tim Asia Tenggara Pertama yang Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 Menyusul?

Vietnam U-23 dipastikan menjadi tim Asia Tenggara pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024, timnas Indonesia U-23 berpotensi menyusul.
Hasil Red Sparks vs Indonesia All Star: Megawati Sempat Main di Skuat Timnas, Wakil Korea Selatan Unggul Tipis 3-2

Hasil Red Sparks vs Indonesia All Star: Megawati Sempat Main di Skuat Timnas, Wakil Korea Selatan Unggul Tipis 3-2

Hasil voli persahabatan Red Sparks vs Indonesia All Star pada Sabtu (20/04/24) malam WIB, sang wakil Korea Selatan keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2.
Aliansi Jakarta Utara Menggugat Soroti Penataan Kota Pelabuhan

Aliansi Jakarta Utara Menggugat Soroti Penataan Kota Pelabuhan

Aliansi Jakarta Utara Menggugat (A-JUM) dengan mengundang lima puluh tiga (53) perwakilan kelompok masyarakat, berbentuk lembaga/organisasi kemasyarakatan, LSM dan NGO yang ada di Jakarta Utara menggelar acara Halal Bil Halal dan Rapat Koordinasi (RAKOR) dengan mengundang stakeholder terkait, seperti Wali Kota Jakarta Utara, Polres Jakarta Utara, Dandim, Pelindo, dan KBN. 
Hasil Piala Asia U-23 2024: Vietnam Menangkan Derby ASEAN, Malaysia Resmi Pulang Kampung

Hasil Piala Asia U-23 2024: Vietnam Menangkan Derby ASEAN, Malaysia Resmi Pulang Kampung

Vietnam U-23 sukses memenangkan Derby ASEAN di Piala Asia U-23 2024 dengan mengalahkan Malaysia U-23 2-0 sekaligus mengirim Harimau Malaya Muda pulang kampung.
Tolong Jangan Lakukan Ini Saat Melakukan Ziarah Kubur, Ustaz Adi Hidayat Tegas Bilang Kalau Nekat Bisa…

Tolong Jangan Lakukan Ini Saat Melakukan Ziarah Kubur, Ustaz Adi Hidayat Tegas Bilang Kalau Nekat Bisa…

Ziarah kubur juga merupakan amalan yang dianjurkan agar selalu mengingat akan kematian juga mendoakan keselamatan di alam kubur pada orang yang telah mendahului
Pascaerupsi Gunung Ruang, BNPB Siagakan Helikopter Penanganan Darurat

Pascaerupsi Gunung Ruang, BNPB Siagakan Helikopter Penanganan Darurat

BNPB siagakan helikopter untuk bantu upaya penanganan darurat bagi warga di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, dan sekitarnya yang terdampak erupsi Gunung Ruang
Jelang Putusan MK, Anies: Mengoreksi Penyimpangan Masif itu Mahal

Jelang Putusan MK, Anies: Mengoreksi Penyimpangan Masif itu Mahal

Anies Baswedan sebut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa hasil Pilpres 2024 akan berdampak besar pada kehidupan negara di Indonesia. Ini katanya.
Prediksi Putusan Sengketa Pilpres 2024, Pakar: MK Tak Akan Diskualifikasi Gibran

Prediksi Putusan Sengketa Pilpres 2024, Pakar: MK Tak Akan Diskualifikasi Gibran

Dosen Hukum Tata Negara Universitas Indonesia Titi Anggraini memproyeksikan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) tidak akan mendiskualifikasi pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
One Pride Mixed Martial Arts
00:00 - 02:00
Bundesliga Seru
Selengkapnya