LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Jasad Wanita Diduga WNI Ditemukan di Dalam Sebuah Koper di Mekkah Arab Saudi | tvOne

Senin, 30 November 2020

Mekkah, Arab saudi – Sesosok jasad wanita yang diduga warga negara Indonesia ( Wni) ditemukan di dalam sebuah Koper yang diletakkan di pinggir jalan di Kota Mekkah, Arab Saudi, Jumat malam, 27 November 2020.

Saksi yang pertama kali melihat koper mengaku curiga dengan sebuah koper yang tergeletak di tanah. Ia kemudian membukanya, dan melihat jasad seorang wanita yang telah meninggal dunia.

Saksi tersebut kemudian melaporkan temuannya ke pihak berwenang. Kepolisian Arab Saudi kemudian memulai investigasi untuk mengetahui identitas korban dan menyelidiki penyebab kematiannya. Jenazah kemudian dibawa ke rumah sakit setempat.

Berdasarkan hasil investigasi awal, wanita yang ditemukan di dalam koper itu berusia 23 tahun. Sponsor yang menaungi WNI tersebut melaporkan bahwa korban tidak masuk kerja saat jenazahnya ditemukan.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) membenarkan temuan jenazah itu. Menurut Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI, Judha Nugraha, korban adalah tenaga kerja Indonesia di Arab Saudi asal Tangerang, Banten. Namun beberapa bulan lalu dia kabur dari tempatnya bekerja.

“Yang bersangkutan tercatat bekerja di Saudi Arabia dengan majikannya namun dahulu tercatat telah kabur,” kata Judha di Kantor Kemlu RI, Senin (30/11).

Judha menambahkan ada dua WNI yang ditangkap Kepolisian Arab Saudi karena diduga membuang jasad korban.

“Kami juga mendapatkan informasi dari kepolisian bahwa ada dua warga negara Indonesia, laki-laki dan perempuan yang telah ditangkap oleh pihak kepolisian, yang diduga terlibat terhadap penempatan jenazah tersebut,” tambahnya.                         

Kini pihak Kementerian telah memberikan pendampingan hukum terhadap kedua WNI tersebut, serta menyediakan jasa penerjemah untuk mereka selama proses penyelidikan berlangsung.

Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono, mengatakan korban diduga meninggal dunia karena sakit.

“Sejauh ini tidak ada indikasi adanya pembunuhan ataupun tindakan kekerasan. Jadi informasi yang kita peroleh memang Almarhumah selama tiga bulan terakhir itu menderita sakit, ada diabetes, kemudian ada juga sesak napas di situ. Jadi sekali lagi tidak ada tanda-tanda tindak pembunuhan atau kekerasan,” ujar Eko.

Eko mengungkapkan bahwa selama masa pelariannya, korban tinggal di tempat wanita yang sekarang ditangkap polisi. Pelaku kemungkinan panik ketika mengetahui korban ditemukan sudah tak bernyawa di dalam kamarnya.

“Ini kita duga terjadi kepanikan. Jadi Almarhumah ditemukan meninggal di kamar, pihak perempuan ini yang membawa mayat sepertinya panik tidak tahu apa yang harus dilakukan. Kemudian meminta bantuan temannya yang laki untuk membuang jasad di jalan. Ditempatkan di pinggir jalan dengan harapan nanti ada warga yang menemukan dan membantu penguburan,” ungkap Eko.

Eko menambahkan, wanita yang kini diselidiki polisi itu panik karena dia juga telah melanggar hukum.

“Pelaku perempuan adalah wni yang menampung WNI overstay dan kabur dari majikan di Mekkah, ini melanggar hukum jadi dia takut,” kata Eko.

Jenazah saat ini masih ada di Arab Saudi. Pihak Kemlu RI tengah membahas bersama keluarga korban tentang lokasi penguburan korban.

“Sudah kita hubungi pihak keluarga, kita sedang bahas apakah nanti akan dipulangkan atau dimakamkan di Saudi. Memang terus terang untuk pemakaman di Indonesia memerlukan biaya yang cukup banyak kalau kita bawa dari Saudi,” tutupnya. (act)

Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:55

Hotman Paris Yakin Ayah Almarhum Eky Simpan Banyak Informasi Soal Kasus Vina

Hotman Paris Hutapea selaku kuasa hukum dari pihak almarhum Vina pun meminta untuk bertemu dengan ayah Eky selaku kekasih Vina yang juga ikut menjadi korban pembunuhan. 
img_title
03:07

Tim SAR Evakuasi 10 Pendaki Gunung Gunung Bawakaraeng

10 pendaki di pos 9 Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dievakuasi Tim SAR Gabungan. 
img_title
01:49

LPSK Tawarkan Perlindungan ke Saksi Kunci Pembunuhan Vina

Aep yang disebut-sebut sebagai saksi kunci kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon, Jawa Barat, mendapatkan penawaran perlindungan LPSK. 
img_title
01:21

Aksi Pengejaran Pelaku Pencurian, Polisi Terpaksa Tembak Mati

Nekad menabrak petugas dan warga saat dilakukan penangkapan, Tim Resmob Jembalang Satreskrim Polresta Pekanbaru, Riau terpaksa menembak mati seorang pelaku pencurian. 
img_title
00:54

Minibus Rombongan Wisatawan China Terguling di Jalur Ijen

Sebuah minibus yang mengangkut belasan wisatawan asal China dengan tujuan wisata Kawah Ijen terguling di jalur wisata Sengkan Mayit Banyuwangi, Jawa Timur. 
img_title
01:35

VIRAL! Polres Sikka Jadi Tempat Pesta Miras Oleh Sejumlah Wanita

Ruang penjagaan di Mapolres Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) justru menjadi lokasi pesta miras. 
img_title
03:35

Pegi Sempat Minta Keluarga Ikhlaskan Penangkapan Dirinya

Ibunda Pegi Setiawan alias Perong menangis sang anak diringkus hingga ditetapkan sebagai tersangka kasus Vina Cirebon oleh Polda Jabar. 
img_title
03:51

Tanggapan Petinggi Parpol soal Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

Siapa yang nanti bergabung dalam kabinet presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih menjadi tanda tanya. Para petinggi Parpol pun angkat bicara.
img_title
02:43

Ditanya soal Rakernas PDIP, Jokowi: Tanyakan Kepada yang Mengundang

PDI Perjuangan tidak akan mengundang Presiden Joko Widodo dalam Rakernas partai yang digelar pada pekan ini. 
img_title
03:42

PDIP Tentukan Arah Politik di Rakernas V Hari Ini

PDI Perjuangan akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V di BEach City International Stadium Ancol, Jakarta hari ini (24/5/2024). 
img_title
03:43

Tragis! Pegawai Pabrik di Makassar Tergiling Mesin Penggiling

Seorang pekerja pabrik di Makassar, Sulawesi Selatan tewas secara mengenaskan setelah tubuh bagian atasnya masuk ke dalam mesin penggiling. 
img_title
08:21

Gegara Ulah Sang Teman, Seorang Bocah di Padang Tewas Saat Terbakar Sampah

Adelia, seorang bocah perempuan (11) di Padang Pariaman yang divonis gizi buruk mengalami luka bakar hingga 80 persen di sekujur tubuhnya akibat ulah sang teman. 
img_title
01:18

Kesal Jembatan Ditabrak, Warga Ramai-ramai Bakar Kapal Tongkang di Batanghari

Warga ramai-ramai membakar sebuah kapal penarik tongkang batu bara di jembatan Tembesi di Batanghari, Jambi. 
img_title
03:15

Sempat Teriak Minta Tolong, Bocah di Riau Tewas Diterkam Buaya

Seorang bocah di Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau diterkam buaya saat menyeberang sungai bersama orang tuanya. Sebelum korban tenggelam dan dimangsa buaya, korban pun sempat teriak minta tolong. 
img_title
01:04

Pelaku Penusukan Imam Musola Akhirnya Ditangkap Setelah Buron Satu Bulan

Penusukan imam masjid yang sempat viral di media sosial dan menjadi buron selama satu pekan akhirnya ditangkap oleh aparat Polres Metro Jakarta Barat. 
img_title
01:48

Saksi Kunci Pembunuhan Vina & Eki Angkat Bicara

Aep, salah satu saksi kunci kejadian pembunuhan Vina dan Eky angkat bicara dan membenarkan terkait Pegi Setiawan memang sosok pelaku di lokasi kejadian pembunuhan.
img_title
09:36

Ibu Pegi Setiawan: Anak Saya Tidak Sama Dengan Yang Difoto

Ibu terduga pelaku pembunuhan Vina dan Eky 2016 silam yang sudah menjadi buron selama 8 tahun angkat bicara terkait penangkapan sang anak. 
img_title
04:13

Kesaksian Tetangga Soal Identitas Pegi Alias Perong DPO Kasus Vina Cirebon

Masniah, salah satu tetangga Pegi Setiawan alias Perong memberikan kesaksiannya terkait identitas tersangka pembunuhan Vina dan Eky Cirebon pada 8 tahun silam. 
img_title
07:05

Rumah Pegi Pernah Digerebek Polisi pada 2016, tapi Tidak Ada Penangkapan

Pantauan tim tvOne, situasi rumah keluarga Pegi ini tidak terlihat adanya aktivitas sejak tadi pagi setelah terjadi pemeriksaan dan penggerebekan oleh Polda Jawa Barat.
Jangan Lewatkan
Walau Bawa Persib Juara, Legenda Maung Bandung Ini Kehabisan Tiket Pertandingan Final Championship Series Liga 1

Walau Bawa Persib Juara, Legenda Maung Bandung Ini Kehabisan Tiket Pertandingan Final Championship Series Liga 1

Legenda Persib Bandung, Jajang Sukmara kedapatan mengikuti war tiket pertandingan leg pertama final Championship Series Liga 1 kontra Madura United.
Pernyataan Megawati soal Puan Jadi Ketum PDIP Dianggap Becandaan, Said: Kita akan Kesulitan

Pernyataan Megawati soal Puan Jadi Ketum PDIP Dianggap Becandaan, Said: Kita akan Kesulitan

Ketua DPP PDIP Said Abdullah menanggapi pernyataan Ketum PDIP Megawati soal Puan Maharani akan jadi Ketum PDIP untuk melanjutkan estafet Megawati. 
Justin Hubner Curhat: Jadi Pemain Timnas Indonesia Itu Berat, Soalnya…

Justin Hubner Curhat: Jadi Pemain Timnas Indonesia Itu Berat, Soalnya…

Bek tengah Justin Hubner mengakui menjadi pemain Timnas Indonesia itu bukan perkara mudah, tapi penuh dengan tantangan. Begini curhatan pemain Cerezo Osaka itu:
Menhub Semprot Garuda Indonesia soal Layanan Haji: Kalau Tak Perbaiki, Disanksi

Menhub Semprot Garuda Indonesia soal Layanan Haji: Kalau Tak Perbaiki, Disanksi

Menteri Perhubungan memberikan teguran dan tindakan tegas kepada maskapai penerbangan PT. Garuda Indonesia untuk melakukan perbaikan terkait sejumlah keluhan dan masukan mengenai pelayanan penyelenggaraan angkutan haji 2024.
Starlink Harus Tunduk Regulasi Indonesia Demi Keamanan Data

Starlink Harus Tunduk Regulasi Indonesia Demi Keamanan Data

Masuknya Starlink menjadi perhatian pakar digital Anthony Leong. Menurutnya, kehadiran internet satelit itu di Indonesia itu bisa mengancam bisnis operator dan Internet Service Provider (ISP), termasuk perusahaan plat merah milik Indonesia.
Ganjar Bocorkan Perintah Megawati untuk Pilkada 2024, Minta Kader Lakukan Ini

Ganjar Bocorkan Perintah Megawati untuk Pilkada 2024, Minta Kader Lakukan Ini

Politisi PDIP Ganjar Pranowo mengungkap perintah ketua umum partainya, Megawati Soekarnoputri, kepada seluruh kader PDIP pada hari kedua Rakernas V di Ancol.
Prabowo Blak-blakan soal Bujet dan Kementerian Khusus untuk Program Makan Siang Gratis, Sadar Dini Rawan Kebocoran Anggaran

Prabowo Blak-blakan soal Bujet dan Kementerian Khusus untuk Program Makan Siang Gratis, Sadar Dini Rawan Kebocoran Anggaran

Prabowo Subianto selaku presiden terpilih 2024 blak-blakan soal anggaran program makan siang gratis hingga perlunya pembentukan kementerian atau lembaga khusus.
Salam-salaman Setelah Salat Berjamaah Memang Boleh dan Ada Dalilnya? Ustaz Khalid Basalamah Tegas Bilang Begini, Ternyata…

Salam-salaman Setelah Salat Berjamaah Memang Boleh dan Ada Dalilnya? Ustaz Khalid Basalamah Tegas Bilang Begini, Ternyata…

Salaman setelah salat berjamaah kerap dilakukan di Indonesia, lantas sebenarnya boleh dilakukan atau tidak? Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan, ternyata...
Mobil Pribadi Angkut BBM Bersubsidi di Kupang Terbakar dan Tabrak Pagar Pos Polisi, Pertamina Selidiki

Mobil Pribadi Angkut BBM Bersubsidi di Kupang Terbakar dan Tabrak Pagar Pos Polisi, Pertamina Selidiki

PT Pertamina Patra Niaga Jawa Timur Bali Nusa Tenggara (Jatimbalinus) menyelidiki kejadian terbakarnya salah satu kendaraan pribadi yang membawa 420 liter BBM bersubsidi jenis Pertalite setelah menabrak pos polisi di Kota Kupang pada Jumat (24/5) subuh.
Pelatih Vietnam Pesimis Bisa Capai Final Piala AFF 2024, Sementara Timnas Indonesia sampai Hari Ini Belum Pasang Target 

Pelatih Vietnam Pesimis Bisa Capai Final Piala AFF 2024, Sementara Timnas Indonesia sampai Hari Ini Belum Pasang Target 

Tugas Pelatih Vietnam Kim Sang Sik membawa The Golden Star mencapai putaran final Piala AFF 2024 sebagaimana yang ditargetkan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF)
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Kabar Utama
21:00 - 22:00
Indonesia Dalam Peristiwa
22:00 - 23:00
One Pride Mixed Martial Arts
00:00 - 02:00
Bundesliga Seru
Selengkapnya