LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Anies Baswedan Renggut Hati Milenial, PDIP Panas? | AKIM tvOne

Rabu, 24 Maret 2021

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies baswedan 'memikat hati' kalangan anak muda sebagai salah satu calon presiden dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang berdasarkan Survei Indikator Politik. Nama Anies Baswedan menjadi pilihan terbanyak di antara 17 nama lainnya.

"Di antara 17 nama yang paling tinggi secara absolut yang tertinggi itu Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif Indikator Indonesia Burhanuddin Muhtadi

Berdasarkan hasil survei itu, Anies mendapatkan pilihan sebesar 15,2 persen, disusul Ganjar Pranowo sebesar 13,7 persen dan Ridwan Kamil 10,2 persen.

Sementara itu, Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto mendapat suara masing-masing 9,8 persen dan 9,5 persen. Di posisi keenam ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 4,1 persen.

Sisanya, masing-masing nama mendapat pilihan di bawah 2 persen, seperti Tito Karnavian, Puan Maharani, Eric Thohir, Gatot Nurmantyo, dan Khofifah.

Dari survei ini ditemukan juga data anak muda yang memilih Joko Widodo pilihannya menyebar ke sejumlah nama. Akan tetapi, Anies paling banyak mendapat pilihan dari pendukung Prabowo-Sandi.

"Kalau melihat datanya secara umum, Anies paling banyak mendapat dukungan di antara mereka yang mencoblos Pak Prabowo-Sandi pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2019," kata Burhanuddin.

Survei nasional suara anak muda ini pada tanggal 4—10 Maret 2021, menggunakan respoden anak muda berusia 17 hingga 21 tahun berjumlah 1.200 responden. Survei ini menggunakan kontak telepon.

Metode survei secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan Indaktor Politik Indonesia pada rentang Maret 2018 hingga Maret 2020.

Dengan asumsi metode simpel random sampling, ukuran sampel 1.200 repsoden memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei itu, pertanyaan yang diajukan adalah 'jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapakah yang akan dipilih sebagai presiden di antara 17 nama yang disebutkan.

"Kalau ditanya kepada anak muda 17 nama yang paling tinggi walaupun kisaran margin of error dengan Ganjar dan Ridwan Kamil secara umum tidak ada nama yang dominan. Akan tetapi, di antara 17 nama yang paling tinggi secara absolut itu Anies di angka 15,2 persen," kata Burhanuddin. (mii)

Lihat Juga: Prabowo Capres Terkuat 2024 - Mardani Ali Sera, Masinton & M. Qodari | Dialog tvOne (24/2/2020)

 

Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:51

Kontroversi Pernikahan Sesama Jenis di Halmahera Selatan

ernikahan sesama jenis terjadi lagi. Kali ini di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Terbongkar identitas pengantin wanita ternyata adalah pria. Sontak hal ini membuat warga sekitar marah.
img_title
06:48

Banjir di Kutai Barat Meluas, Rendam 3 Kecamatan

Tiga kecamatan di Kutai Barat yang terendam banjir yaitu Kecamatan Long Iram, Kecamatan Tering, dan Kecamatan Melak yang mayoritas penduduknya berada di bantaran sungai Mahakam.
img_title
03:52

Tokoh Pers Dan Pengamat Militer Salim Said Wafat

Salim Said dikenal sebagai seorang pengamat sekaligus penulis yang telah menelurkan banyak buku bertema film, politik, dan militer.
img_title
01:15

Diinterogasi Sang Istri Akibat Dugaan Selingkuh, Pejabat Kemenhub Ini Malah Injak Al Quran

Seorang pria diduga melakukan penistaan agama setelah bersumpah sambil  menginjak kitab suci Al Quran. 
img_title
01:10

Polisi Tetapkan Epy Kusnandar Sebagai Tersangka Narkoba dengan Hukuman Empat Tahun Penjara

Aktor Epy Kusnandar dan juga Yogi Gembels resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkotika.
img_title
11:40

Fakta Baru Kasus Pembunuhan Vina Cirebon

Kuasa hukum lima terdakwa kasus penganiayaan dan pembunuhan sepasang kekasih Vina dan Eky Cirebon menilai ada kejanggalan dalam pengungkapan kasus yang terjadi 8 tahun lalu tersebut.
img_title
03:35

Jokowi Tak Diundang Ke Rakernas PDIP, Ada Apa?

Walau acara itu masih sepekan lagi, namun PDIP sudah lebih dulu menegaskan bahwa pihaknya tidak akan mengundang Presiden Joko Widodo.
img_title
01:05

Sakit Hati, Satpam Bakar Pusat Oleh oleh di Pasuruan

Asal tebal membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di PT Kaboki, Desa Lecari, Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada Sabtu pagi.
img_title
01:25

Petugas Keamanan Tewas Tertimpa Longsor di Ponpes Yaspida Sukabumi

Seorang petugas keamanan tewas tertimpa tanah longsor yang terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Tebing dengan tinggi sekitar 10 meter amblas dan menimpa tembok rumah dinas.
img_title
06:32

Kuasa Hukum Terpidana: Polisi Telah Salah Tangkap

Jogi Nainggolan, kuasa hukum 5 terdakwa kasus penganiayaan dan pembunuhan Vina dan Eky asal kota Cirebon membeberkan fakta-fakta kejanggalan dalam kasus pembunuhan ini.
img_title
05:14

Kuasa Hukum Keluarga Vina Sebut Adanya Intimidasi yang Datang ke Rumah Keluarga Vina

Kuasa hukum keluarga Vina, Putri Maya Rumanti mengatakan ada tekanan yang diterima oleh keluarga Vina pada saat kasus pembunuhan Vina akan diangkat ke layar lebar.
img_title
09:22

Sempat Bertanya Ke Pelaku Soal Foto 3 DPO, Kakak Vina: Mereka Semua Diam

Marliayana selaku kakak almarhumah Vina diketahui sempat bertanya kepada pelaku lainnya terkait foto 3 DPO yang masih buron. 
img_title
02:07

Momen Petugas Merayu Jemaah Calon Haji Takut Naik Pesawat

Seorang jemaah calon haji wanita mengaku takut naik pesawat dan khawatir ternak-ternaknya di tempat tinggalnya tidak ada yang memberi makan. 
img_title
02:34

Jelang Konser NCT, GBK Sudah Dipenuhi Fans

Konser The Dream Show 3 Dream Space-NCT dan 2024 Kyuhyun Asia TourJakarta akan diselenggarakan Malam ini (19/5/2024) di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat. 
img_title
04:41

Menyambut World Water Forum, Petugas Polisi Disebar ke titik Rawan Macet

Menyambut World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Polres Tabanan bakal mempersiapkan pengamanan jalur lalu lintas di tiga objek wisata yang akan dikunjungi para delegasi WWF. 
img_title
02:33

Casis Bintara Korban Begal dapat Golden Tiket Anggota Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menanggapi calon siswa Bintara Polri Bernama Satrio Mukhti (18) menjadi korban begal yang mengakibatkan jari tangannya putus.
img_title
02:15

Video Seorang Pria Bersumpah sambil Menginjak Al-Qur'an

Seorang pria yang tengah diinterogasi istrinya akibat selingkuh, diduga menistakan agama lantaran bersumpah sambil menginjak Al-Qur'an. 
img_title
05:26

Golkar Duetkan Khofifah-Emil di Pilkada Jatim

Partai Golkar resmi mengusung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur di Pilkada 2024.
img_title
01:05

Ali Ngabalin Bantah Jokowi Sengaja Sibukan Diri

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin membantah Presiden Joko Widodo sengaja menyibukkan diri sehingga tak diundang Rakernas PDIP. 
Jangan Lewatkan
Termasuk Eks Juara Liga Champions, Persib Bandung Banjir Ucapan Selamat dari Para Mantan Usai Kalahkan Bali United dan Lolos Final Liga 1

Termasuk Eks Juara Liga Champions, Persib Bandung Banjir Ucapan Selamat dari Para Mantan Usai Kalahkan Bali United dan Lolos Final Liga 1

Termasuk Eks Juara Liga Champions, Persib Bandung dibanjiri ucapan dari para mantannya pasca berhasil melaju ke babak final babak Championship Series Liga 1.
Terlampau Sadis, Kronologi Penemuan Mayat di Kali Sodong Pulo Gadung Merupakan Korban Begal Modus Debt Collector

Terlampau Sadis, Kronologi Penemuan Mayat di Kali Sodong Pulo Gadung Merupakan Korban Begal Modus Debt Collector

Korban bernama Ahmad Effendy merupakan korban begal modus debt collector mengambang di aliran Kali Sodong, Pulo Gadung, Jakarta Timur, pada Senin (13/5/2024).
Babak Baru Kasus Vina Cirebon: Pelaku Saka Tatal Klaim Ngaku Salah Tangkap, Ungkap Fakta Saat Penangkapan

Babak Baru Kasus Vina Cirebon: Pelaku Saka Tatal Klaim Ngaku Salah Tangkap, Ungkap Fakta Saat Penangkapan

Kasus pembunuhan Vina Cirebon kini memasuki babak baru. Salah satu dari delapan pelaku yang telah divonis bersalah, Saka Tatal mengungkapkan bahwa ia korban salah tangkap.
Pesawat Ringan Jatuh Hancur Berkeping-keping di BSD, Satu Orang Tampak Tergeletak di Samping Puing

Pesawat Ringan Jatuh Hancur Berkeping-keping di BSD, Satu Orang Tampak Tergeletak di Samping Puing

Sebuah pesawat ringan jatuh dan hancur berkeping-keping di wilayah Lapangan Sunburst BSD, Kecamatan Serpong, Minggu (19/5/2024) siang.
Pesawat Latih Jatuh di BSD Tangerang Selatan, Tiga Dinyatakan Meninggal Dunia

Pesawat Latih Jatuh di BSD Tangerang Selatan, Tiga Dinyatakan Meninggal Dunia

Pesawat latih ditemukan jatuh di kawasan BSD, lokasi persisnya yakni di dekat Lapangan Sunburst. Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ibnu mengkonfirmasi tiga korban
Aksi Kemanusiaan, Jurnalis di Sijunjung Kumpulkan Donasi untuk Korban Galodo Marapi dan Padang Sibusuk

Aksi Kemanusiaan, Jurnalis di Sijunjung Kumpulkan Donasi untuk Korban Galodo Marapi dan Padang Sibusuk

Jurnalis di Kabupaten Sijunjung turun ke jalan mengumpulkan donasi untuk korban galodo lahar dingin Gunung Marapi wilayah Tanah Datar dan Padang Panjang, serta bajir Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Minggu (19/5/2024).
Breaking News! Pesawat Latih Jatuh di Kawasan BSD Tangerang Selatan, Ada Korban Tewas

Breaking News! Pesawat Latih Jatuh di Kawasan BSD Tangerang Selatan, Ada Korban Tewas

Pesawat diduga pesawat latih jatuh di dekat kawasan Lapangan Sunburst BSD, Tangerang Selatan. HIngga saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan.
Mulai Menuju Makkah Besok, PPIH Berharap Jemaah Haji Indonesia Selamat

Mulai Menuju Makkah Besok, PPIH Berharap Jemaah Haji Indonesia Selamat

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah, Ali Machzumi mengatakan jemaah haji Indonesia di Madinah akan berangkat menuju wilayah Makkah pada Senin, 20 Mei 2024.
Meski Ada Insiden Petugas Yang Jatuh Dari Pesawat, Aspek Keamanan dan Keselamatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Ternyata Tetap Diapresiasi

Meski Ada Insiden Petugas Yang Jatuh Dari Pesawat, Aspek Keamanan dan Keselamatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Ternyata Tetap Diapresiasi

Insiden jatuhnya petugas (ground handling) dari pesawat yang tengah parkir, ternyata tidak berdampak besar pada aspek keselamatan Bandara Soekarno - Hatta. 
Kesaksian Aktor Senior Slamet Rahardjo soal Sosok Prof Salim Said: Ternyata Orang Seperti Dia..

Kesaksian Aktor Senior Slamet Rahardjo soal Sosok Prof Salim Said: Ternyata Orang Seperti Dia..

Aktor dan Sutradara senior, Slamet Rahardjo mengenang sosok Tokoh Pers dan Perfilman, almarhum Prof. Dr. Salim Said yang meninggal dunia pada usia 81 tahun.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Football Vaganza
15:30 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Kabar Utama
Selengkapnya