LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Anindya Bakrie Bertemu Gibran Bahas Potensi Sekolah Menengah Kejuruan

Jumat, 9 April 2021

Solo, Jawa tengah – Calon Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia ( Kadin) yang juga pengusaha, Anindya bakrie dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menggelar pertemuan di Balai Kota Surakarta, Jumat, 9 April 2021. Pada pertemuan itu, keduanya membahas potensi Sekolah Menengah Kejuruan atau Smk terutama di bidang industri kendaraan listrik.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama lebih dari satu setengah jam itu, keduanya juga membicarakan berbagai isu.

"Tadi kami bercakap-cakap mengenai banyak hal, yang paling menarik mengenai SMK. Bagaimana pak Wali punya niat untuk membesarkan SMK atau sekolah vokasi untuk bisa jadi percontohan bagi kota yang lain," kata lelaki yang akrab disapa Anin.

Ia mengatakan salah satu ide yang disampaikan adalah bagaimana SMK di Kota Solo bisa menjadi pusat kompetensi untuk kendaraan listrik mengingat sektor usaha ini membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang kuat.

"Kadin percaya semua itu. Ke depan kami melihat bukan hanya dari sisi SMK tetapi industri juga bisa dibuat di Solo dan sekitarnya. Walaupun tidak tepat di Solo, sejak Presiden Jokowi sudah ada Esemka, ini contoh cikal bakal bahwa Solo jadi pioneer," kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Pemberdayaan Daerah itu.

Ia mengatakan SMK dianggap memiliki potensi besar untuk mengembangkan pendidikan vokasi karena bukan hanya menyediakan gedung tetapi juga ketersediaan modul pembelajaran.

"Sudah ada badan sertifikasi nasional yang merestui. Ini juga bisa jadi 'link and match', hasil-hasil (lulusan) dari SMK dapat kerjaan dengan industri 'electric vehicle' atau kendaraan berlistrik. Apalagi kalau Solo dan sekitarnya bisa mempunyai industrinya sendiri," katanya.

Ia mengatakan rencana pengembangan pendidikan vokasi tingkat SMK ini akan didetailkan dalam waktu dekat.

"Di sini juga ada Sinarmas, Astra, karena di masa COVID-19 ini kolaborasi penting. Harapannya bisa membantu Indonesia bangkit kembali. Dengan izin Mas Wali, agar kami bisa sesegera mungkin mendetailkan. Pada prinsipnya di era COVID-19 kami memilih untuk optimistis walaupun kami tahu di daerah sangat sulit," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Gibran mengatakan saat ini masih ada beberapa SMK di Solo dengan peralatan lama sehingga harus diperbarui untuk bisa memenuhi kebutuhan zaman.

"Yang sangat jadul alat-alatnya, kan harus diperbarui. Mengenai 'electric vehicle', masa depan ada di situ. Kami ingin SMK bukan sebagai pencetak pengangguran tetapi anak-anak juga bisa kerja, jadi enterpreneur," katanya.

Ia berharap Kadin bisa berkontribusi lebih banyak pada pemulihan ekonomi pascapandemi.

"Harus ada 'link and match' antara sekolah dan industri. Saya yakin Mas Anin bisa bawa perubahan di SMA dan SMK di Solo. Mengenai pemulihan ekonomi pascapandemi, itu juga tugas Kadin, makanya Kadin juga harus bisa merangkul sebagai mentor untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi," katanya. (act/ant)

Lihat juga: PERMINTAAN MOBIL LISTRIK DIPREDIKSI AKAN MENINGKAT

Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:44

PDIP Respon Anies Baswedan Maju Pilkada Diusung NasDem

PDIP merespon nama Anies Baswedan yang resmi dideklarasikan oleh Partai NasDem, PKS, PKB untuk Pilgub Jakarta. PDIP mengatakan, partainya tidak akan mengeluarkan nama calon gubernurnya di tengah deklarasi partai lain. 
img_title
01:44

NasDem Dukung Kaesang di Pilgub Jateng

Partai NasDem bakal mendukung Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep jika maju dalam pemilihan gubernur di Jawa Tengah. 
img_title
04:25

Ada Potensi Ancaman, Dede Minta Perlindungan LPSK

Dede, salah satu saksi kunci dalam kasus Vina dan Eky di Cirebon ditemani kuasa hukumnya, Titus Tampubolon bersama politikus Dedi Mulyadi mendatangi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).
img_title
02:00

Gerindra Ungkap Alasan Pilih Ahmad Luthfi Maju di Pilgub Jateng

Partai Gerindra mengusung Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi menjadi calon gubernur di Jawa Tengah. 
img_title
02:20

NasDem Beri Kebebasan Anies untuk Pilih Calon Wakilnya

Partai NasDem resmi menetapkan Anies Baswedan menjadi bakal calon gubernur Jakarta. Partai NasDem pun memberikan kebebasan pada Anies Baswedan untuk memilih wakilnya di Pilkada Jakarta mendatang. 
img_title
01:56

Pernikahan Berkalung Dollar di Bangkalan Bikin Gempar

Tradisi saweran atau sumbangan (buwuhan) yang tidak biasa terjadi oleh tamu undangan mengabadikan resepsi pernikahan pasangan pengantin Abdul Adhim dan Amelia Putri tersebut, lalu ia sebarkan ke media sosial hingga viral. 
img_title
02:47

VIRAL! Hendak Ditilang, Pria Ini Berteriak Mengamuk Bak Kerasukan Makhluk Halus

Seorang pengendara sepeda motor di Karawang,  Jawa Barat tiba-tiba kesurupan di depan polisi. Aksi kesurupan ini diduga untuk mengelabui polisi agar tidak ditilang pada razia Operasi Patuh Lodaya. 
img_title
11:11

Dihujat Pakai Cadar, Wanda Hara Minta Maaf

Nama Wanda Hara tengah ramai diperbincangkan di Media Sosial (Medsos) usai sikapnya yang mengenakan pakaian wanita saat kajian agama. Ia pun membuat video permohonan maaf atas perilakunya.
img_title
03:24

Kebakaran SDN 01 Pagi Pondok Bambu, Api Diduga Berasal dari Kantin

SD Negeri Pondok Bambu 01 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur terbakar. 
img_title
05:13

Gibran Pantau Uji Coba Makan Bergizi Gratis di SDN 02 Sentul

Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka  memantau langsung uji coba pemberian makan bergizi gratis di dua sekolah dasar negeri di kawasan Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 
img_title
02:26

Penampakan Garis Api yang Membakar Hutan & Lahan di Kab. Samosir

Meski sempat padam, kawasan hutan lindung di Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara kembali terbakar. 
img_title
03:05

Dede, Liga Akbar & Dedi Mulyadi akan Dilaporkan ke Polisi! Jika Tidak Minta Maaf

Setelah viralnya video pengakuan Dedi di media sosial, tim kuasa hukum Iptu Rudiana menyatakan mensomasi 3 orang karena dinilai telah menyebarkan fitnah. 
img_title
02:08

Saka Tatal Ucapkan Terima Kasih ke Dede Karena Sudah Berani Muncul

Saka Tatal berharap pengakuan Dede yang menyebut dirinya membuat keterangan berdasarkan skenario Iptu Rudiana menjadi titik terang dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky.
img_title
02:23

Penampakan Venue Pesta Olahraga Dunia 2024 di Paris

4 hari lagi, pesta olahraga terbesar di dunia akan berlangsung di Paris yang berada di jantung Eropa. Persiapan sejumlah venue pun dikebut. 
img_title
01:24

Teriak Kesakitan, Video Amatir Pengemudi Ojol Tertimpa Aspal Panas

Sebuah truk pengangkut aspal terguling dan menimpa seorang driver ojol di Medan pada Sabtu lalu. Kejadian ini sempat direkam warga dan viral di media sosial.
img_title
06:05

36 Siswa SMK 1 Tambun Dikeluarkan dari Sekolah, Orang Tua Marah

Gerbang SMK 1 Tambun Utara, Bekasi, Jawa Barat digembok orang tua murid lantaran anaknya dikeluarkan dari sekolah tanpa alasan setelah mengikuti masa pengenalan siswa atau MPLS.
img_title
02:22

Anindya Bakrie Pantau Venue Olimpiade 2024 di Paris

Persiapan sejumlah venue terus dikebut dalam 1 bulan terakhir. Kota Paris, Ibu Kota Prancis bersolek untuk menyambut pesta olahraga terbesar di dunia Olimpiade 2024.
img_title
01:54

Video Amatir Satpol PP Usir Pedagang Roti di Acara CFD Viral di Medsos

ksi petugas Satpol PP Kota Medan yang mengusir seorang pedagang roti viral di media sosial. Aksi pengusiran tersebut menuai komentar tajam dari para netizen.
img_title
01:09

Barang Bukti Mewah Milik 'Crazy Rich' Helena Lim-Harvey Moeis Disita

Harvey Moeis dan Helena Lim resmi diserahkan oleh Kejaksaan Agung pada Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Tata Niaga Timah.
Jangan Lewatkan
Ungkapan Jujur Indra Sjafri Soal Gol Jens Raven di Laga Timnas Indonesia U-19 Vs Timor Leste, Tak Disangka Dia Bicara...

Ungkapan Jujur Indra Sjafri Soal Gol Jens Raven di Laga Timnas Indonesia U-19 Vs Timor Leste, Tak Disangka Dia Bicara...

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, berbicara soal penampilan Jens Raven di pertandingan melawan Timor Leste.
Termasuk Jens Raven, Tiga Pemain Ini Buktikan Diri Layak Diandalkan Timnas Indonesia U-19 untuk Semifinal Piala AFF U-19 2024

Termasuk Jens Raven, Tiga Pemain Ini Buktikan Diri Layak Diandalkan Timnas Indonesia U-19 untuk Semifinal Piala AFF U-19 2024

Ada tiga pemain yang sukses membuktikan diri kepada Indra Sjafri bahwa mereka layak menjadi starter Timnas Indonesia U-19 di semifinal Piala AFF U-19 2024.
Di Balik Lolosnya Timnas Indonesia U-19 ke Semifinal, Ada Rencana PSSI yang Bikin Thailand dan Vietnam Resah

Di Balik Lolosnya Timnas Indonesia U-19 ke Semifinal, Ada Rencana PSSI yang Bikin Thailand dan Vietnam Resah

Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Indra Sjafri dipastikan melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2024. Itu dipastikan setelah mereka mengalahkan Timor Leste ...
Didampingi 60 Pengacara, Ternyata Segini Gaji Iptu Rudiana yang Hingga Kini Belum Kelihatan Batang Hidungnya

Didampingi 60 Pengacara, Ternyata Segini Gaji Iptu Rudiana yang Hingga Kini Belum Kelihatan Batang Hidungnya

Iptu Rudiana akan didampingi oleh 60 pengacara dalam melawan balik pernyataan kesaksian palsu oleh Dede. Sebagai Iptu, segini gaji Rudiana di kepolisian.
Di Depan Cak Imin, Surya Paloh Minta PKB Tidak Boleh Berpisah dengan NasDem, Ada Sinyal Koalisi di Pilgub Jakarta 2024?

Di Depan Cak Imin, Surya Paloh Minta PKB Tidak Boleh Berpisah dengan NasDem, Ada Sinyal Koalisi di Pilgub Jakarta 2024?

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh meminta PKB selalu bersama dalam situasi apa pun. Hal itu bisa merujuk adanya sinyal koalisi antara NasDem dan PKB.
Madura United Bertekad Bangkit di Laga Kontra Bali United

Madura United Bertekad Bangkit di Laga Kontra Bali United

Pelatih Madura United Widodo Cahyono Putro mengatakan timnya siap memperbaiki permainan ketika berjumpa Bali United pada pertandingan Grup B Piala Presiden 2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (24/7) pukul 15.30 WIB.
Tafsir Surah Al-Baqarah Ayat 6: Peringatan Orang Kafir Tidak Pernah Masuk Golongan Beriman

Tafsir Surah Al-Baqarah Ayat 6: Peringatan Orang Kafir Tidak Pernah Masuk Golongan Beriman

Orang kafir yang telah mendapat peringatan dan menutupi hati, akalan pikirannya dari kebenaran menjadi topik tafsir Surah Al-Baqarah ayat 6. Mari simak di sini!
Singgung Naturalisasi Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Berani Jawab Tegas di Hadapan Jurnalis Malaysia, Katanya...

Singgung Naturalisasi Timnas Indonesia, Shayne Pattynama Berani Jawab Tegas di Hadapan Jurnalis Malaysia, Katanya...

Ditanya perihal pemain naturalisasi di Timnas Indonesia, bintang berdarah Belanda Shayne Pattynama berani menjawab tegas bahkan di hadapan jurnalis Malaysia.
Keren! Sandiaga Uno Sebut Indonesia Punya 2 Desa Wisata Kelas Dunia, Lokasinya Ada di Bali dan Jogja

Keren! Sandiaga Uno Sebut Indonesia Punya 2 Desa Wisata Kelas Dunia, Lokasinya Ada di Bali dan Jogja

Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa Indonesia kini memiliki dua desa wisata terbaik yang diakui di kancah internasional yang ada di Bali dan Jogja.
Arema FC Percaya Diri Bisa Kalahkan Persija Jakarta

Arema FC Percaya Diri Bisa Kalahkan Persija Jakarta

Pelatih Arema FC Joel Cornelli mengatakan timnya membidik kemenangan atas Persija Jakarta pada pertandingan Grup B Piala Presiden 2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (24/7) pukul 19.30 WIB.