Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Tuntut Perbaikan Polri, Psikolog Forensik: Tidak Cukup Berbicara Tentang Oknum Saja

Rabu, 27 Oktober 2021
Oleh :
Jakarta - Akhir-akhir ini santer terdengar aksi tak terpuji dari anggota Polri, mulai dari kekerasan fisik, kekerasan seksual, bahkan kekerasan terhadap sesama anggota kepolisian sendiri.
Indonesia Police Watch (IPW) mengaku terkejut dengan rentetan kejadian-kejadian tersebut. Ia pun setuju dan mendukung pernyataan bahwa perlu ada pembenahan dan reformasi di tubuh Polri.
"Tampak dimana-mana kekerasan ditampilkan oleh anggota Polri, padahal anggota Polri adalah polisi sipil. Sudah berbeda dengan ketika sebelum berlakunya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian. Dulu polisi berada di bawah ABRI. Mungkin main pukul, main tendang, itu paradigmanya masih menggunakan cara-cara kekerasan fisik," ujar Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso.
Ia menjelaskan, setelah berlakunya Undang-Undang no 2 tahun 2002, ada prinsip-prinsip masyarakat sipil di tubuh Polri seperti penghormatan terhadap hak asasi manusia, ketaatan pada peraturan perundang-undangan, pembagian tugas dan wewenang, dan segenap peraturan lain yang dibuat untuk mengarahkan polisi Indonesia polisi sipil.
Melengkapi pernyataan tersebut, Reza Indragiri Amriel menyatakan bahwa jika dilihat sebagai fenomena, menurut penelitian ada tiga subkultur menyimpang yang marak di organisasi kepolisian di seluruh dunia.
"Dua diantaranya relevan dengan topik perbincangan kita. Yang pertama adalah perilaku brutal dan yang kedua adalah kecenderungan sesama personil polisi untuk menutup-nutupi kesalahan yang dilakukan kolega mereka. Istilahnya adalah blue curtain code atau kode tirai biru," ungkap psikolog forensik ini.
Menyitir sebuah studi, personil polisi ketika ditanya belajar dari mana perilaku misconduct atau perilaku yang tidak profesional, mereka menjawab "persis dari atasan saya di atas". Temuan dari survei tersebut cukup mengkhawatirkan karena mengindikasikan adanya budaya regenerasi kekerasan, perilaku korup, serta menutup-nutupi kesalahan kolega.
"Tapi pada sisi lain ada survei yang menemukan kabar baik. Bahwa kalau personil polisi harus melakukan perubahan perilaku, siapa yang paling bisa mempengaruhi anda? Jawabannya ternyata sama. Yang paling bisa mempengaruhi perilaku saya dari tidak baik menjadi baik, dari tidak profesional menjadi profesional, dari awalnya brutal menjadi civil alias santun, tak lain adalah atasan saya di atas," papar Reza.
Dengan kata lain sistem hierarkial yang ada di tubuh kepolisian, termasuk Polri, membuat atasan memiliki posisi yang sangat strategis jika ingin melakukan reformasi atau perbaikan. Reza juga mengatakan, jika polisi ingin memberikan penghargaan terhadap hak asasi manusia, penghormatan terhadap demokratisasi dan kebebasan sipil, maka para atasan langsung bisa dan harus memberikan contoh serta membangun sistem secara lebih mendasar.
Lalu ketika diminta memberikan resep bagaimana Polri dapat membenahi diri, Reza menjelaskan perbaikan institusi kepolisian tidak boleh hanya berbicara oknum, melainkan harus memahami bahwa hal ini merupakan gejala sistemik yang juga terjadi di lembaga kepolisian lain di seluruh dunia. Namun ada tiga hal penting yang masih dapat dibenahi untuk menciptakan lingkungan polisi yang lebih profesional dan etis.
"Tidak cukup perbincangan ini tentang individu dan individu saja, tapi secara terpadu, komprehensif. SDMnya (biro psikologi kepolisian), lalu yang kedua Lemdiknya (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan), dan ketiga adalah Humasnya," tegasnya. (afr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:19

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan Jatuh Pada 23 Maret 2023

PP Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis tanggal 23 Maret 2023 dan 1 Syawal jatuh pada hari Jumat 21 April 2023.
img_title
02:35

Prabowo Puji Presiden Jokowi di HUT Ke-15 Gerindra

Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto membuka perayaan hari ulang tahun ke-15 Gerindra di kantor DPP Gerindra Ragunan, Jakarta.
img_title
08:48

Korban Pelecehan Ibu Muda di Jambi Terus Bertambah

Polisi kembali melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di rumah seorang ibu muda tersangka pelecehan belasan anak di kawasan Rawasari, Kota Jambi.
img_title
07:46

Jaksa Meminta Majelis Hakim Tolak Pledoi Hendra Kurniawan

JPU meminta majelis hakim menolak pleidoi dari terdakwa Hendra Kurniawan. Jaksa menilai bahwa pleidoi yang disampaikan oleh Hendra Kurniawan dan kuasa hukumnya tidak ada kesesuaian dengan fakta persidangan.
img_title
11:25

Mendag Zulkifli Hasan Atur Beli Minyakita Pakai KTP

Pemerintah berencana mengeluarkan kebijakan baru yakni menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat melakukan pembelian minyak.s
img_title
12:31

WNI Melaporkan Kondisi Terkini Usai Turki Diguncang Gempa M 7,4

Laporan dari warga negara Indonesia di Turki, Nurhadi Fauzi mengatakan bahwa selain adanya gempa bumi, banyak penerbangan dari dan ke Turki yang ditunda dan dibatalkan.
img_title
01:43

Penyelundupan 176 Kg Sabu Asal Malaysia Digagalkan Polisi

Sebanyak 4 pengedar sabu jaringan internasional diringkus Polda Riau. Barang buktinya 176 kg sabu yang disembunyikan di tumpukan kelapa.
img_title
11:33

Gempa Besar M 7,4 di Turki, Jumlah Korban Terus Bertambah

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,8 menghantam Turki selatan dan Suriah utara Senin (6/2/2023) pagi. Dikutip dari APnews pada Senin (6/2/2023), sedikitnya 360 tewas dan ratusan luka-luka.
img_title
07:28

Jaksa Minta Hakim Tolak Pleidoi Terdakwa Agus Nurpatria

Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta kepada majelis hakim untuk menolak nota pembelaan atau pleidoi terdakwa perintangan penyidikan atau obstruction of justice, Agus Nurpatria
img_title
14:03

Sidang Narkoba Teddy Minahasa, Pengacara Nilai Dakwaan Jaksa Prematur

Pengacara Teddy Minahasa, Hotman Paris Hutapea menganggap dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap kliennya bersifat prematur.
img_title
10:30

Tersangka Obstruction Of Justice Kompak Tidak Tahu Menahu Rencana Ferdy Sambo

Hari ini, Senin (6/2/2023), sidang obstruction of justice atau perintangan penyidikan kasus pembunuhan Brigadir J digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).
img_title
06:00

Kronologi Adik Tikam Kakak yang Tengah Tertidur Pulas

Peristiwa penganiayaan hingga menyebabkan korban tewas Indra Lesmana (38) menggemparkan warga Kampung Lengkong, Desa Condong, Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya.
img_title
01:17

Tidak Diberi untuk Nikah, Remaja Bakar Rumah Orang Tua

Seorang remaja bernama Rangga Sariles (17), seorang anak membakar rumah orang tuanya di Jalan Linta Tebo-Bungo Km 07 RT 02/04, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi.
img_title
07:00

Dengar Suara Gemuruh Keras dari Semeru, Warga Panik Berlarian

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi disertai awan panas guguran dengan jarak luncur 6 km ke arah Tenggara.
img_title
01:35

Mantan Sekjen PSSI Nugraha Besoes Tutup Usia

Mantan Sekjen PSSI Nugraha Besoes tutup usia di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) Cawang, Jakarta Timur Senin (6/2/2023) dini hari tadi.
img_title
02:11

Keterangan Kombes Pol. Hengki soal Dugaan Polisi Peras Polisi

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengky Haryadi menyebut polisi yang mengaku menjadi korban polisi peras polisi anggota Provos Polsek Jatinegara, Bripka Madi tidak konsisten.
img_title
01:21

Jasad Pria Mulai Membusuk Ditemukan Tergantung di Dalam Kamar Indekos

Seorang warga ditemukan tewas di rumah indekos di Jalan Johar Baru, Jakarta Pusat. Saat ditemukan jasad mulai membusuk.
img_title
11:51

Wanita Lecehkan Belasan Anak, Reza: Kontak Seksual dengan Anak Terkena Pidana

Wanita berinisial Y alias N (20) warga Kelurahan Rawasari, Alam Barajo, dilaporkan ke Polda Jambi karena diduga melakukan pelecehan seksual kepada 11 anak di bawah umur.
img_title
01:07

Pamitan Mencari Keong, Pria Ditemukan Tak Bernyawa Terbenam Lumpur

Seorang pria ditemukan tewas terkubur lumpur di sawah di Banjar, Jawa Barat. Sebelumnya korban berpamitan mencari keong.
img_title
01:14

Nyamar jadi Pengunjung Lapas, Kurir Narkoba Ditangkap Polisi

Seorang pengedar narkoba ditangkap Polres Tagabus Lampung. Pelaku kerap mengirim narkoba ke Rumah Tahanan (Rutan) Kota Agung.
Jangan Lewatkan
Siswi SD di Blora Dikabarkan Nyaris Diculik, Pelaku Lebih dari 2 Orang dan Membawa Mobil

Siswi SD di Blora Dikabarkan Nyaris Diculik, Pelaku Lebih dari 2 Orang dan Membawa Mobil

Seorang siswi SDN 1 Cabak, Jiken, Blora, Jawa Tengah dikabarkan hampir menjadi korban penculikan. Aparat kepolisian di Blora langsung melakukan pengecekan.
Man City Terancam Kehilangan 6 Gelar Liga Inggris, MU dan Liverpool Berpeluang Menjadi Juara

Man City Terancam Kehilangan 6 Gelar Liga Inggris, MU dan Liverpool Berpeluang Menjadi Juara

Manchester City terancam kehilangan gelar juara Liga Inggris yang pernah didapat setelah diduga melanggar aturan keuangan.
Pertandingan Persita Vs Persija dan PSIS Vs Persebaya Resmi Ditunda

Pertandingan Persita Vs Persija dan PSIS Vs Persebaya Resmi Ditunda

Sebanyak dua pertandingan pekan ke-23 Liga 1 2022/2023 antara Persita Tangerang melawan Persija Jakarta pada Selasa (7/2) dan PSIS Semarang menghadapi Persebaya Surabaya yang berlangsung Rabu (8/2) resmi ditunda.
Terungkap, Wajah Asli Ibu Muda yang Cabuli Belasan Anak di Jambi, Dia Buat Lubang di Kamar agar Bisa Diintip saat

Terungkap, Wajah Asli Ibu Muda yang Cabuli Belasan Anak di Jambi, Dia Buat Lubang di Kamar agar Bisa Diintip saat

Terungkap foto Y ibu muda (25) yang cabuli belasan anak di Jambi. Dia mengaku terpuaskan apabila para korbannya menuruti hasrat seksualnya yang tak lazim ...
Delegasi ATF 2023 Belajar Membatik di Kampung Wisata Batik Tulis Giriloyo Bantul

Delegasi ATF 2023 Belajar Membatik di Kampung Wisata Batik Tulis Giriloyo Bantul

ASEAN Tourism Forum 2023 berakhir tanggal 5 Februari 2023. Sebagian peserta delegasi dari negara ASEAN masih berada di Yogyakarta dan mengikuti Post-tour.
RDP Komisi VII, Dirut MIND ID Jawab Soal Utang Pajak di Saka Energi saat menjabat di PGN

RDP Komisi VII, Dirut MIND ID Jawab Soal Utang Pajak di Saka Energi saat menjabat di PGN

Direktur Utama Holding BUMN Industri Pertambangan MIND ID, Hendi Prio Santoso bersama Direktur Utama PT Freeport Indonesia hadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP).
Bejat! Pengurus Masjid di Sleman Cabuli 20 Anak Laki-Laki

Bejat! Pengurus Masjid di Sleman Cabuli 20 Anak Laki-Laki

Seorang pria berinisial AS (28) ditangkap petugas Polresta Sleman Yogyakarta karena diduga melakukan tindak pidana pencabulan kepada puluhan anak laki-laki.
Diguyur Hujan Lebat Tebing Setinggi 30 Meter di Kab. Semarang Longsor dan Putus Akses Jalan

Diguyur Hujan Lebat Tebing Setinggi 30 Meter di Kab. Semarang Longsor dan Putus Akses Jalan

Hujan deras yang mengguyur wilayah Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah menyebabkan tanah longsor yang menimpa Jalan Wanawisata Penggaron Senin (6/2/2023)
Bea Cukai Jateng-DIY Ungkap Peredaran Rokok Ilegal  yang Diangkut dengan Mobil Pribadi

Bea Cukai Jateng-DIY Ungkap Peredaran Rokok Ilegal yang Diangkut dengan Mobil Pribadi

Bea Cukai Jateng-DI Yogyakarta mengungkap peredaran rokok ilegal di Jawa Tengah. Ratusan ribu rokok tanpa cukai ini didistribusikan menggunakan mobil pribadi
Anggota Komisi IX DPR Sebut Sanksi Pelanggar Pembuatan Obat Sangat Lemah: Tak Ada Efek Jera

Anggota Komisi IX DPR Sebut Sanksi Pelanggar Pembuatan Obat Sangat Lemah: Tak Ada Efek Jera

Komisi IX DPR RI buka suara soal dua kasus baru Gangguan Ginjal Akit Progresif Atipikal (GGAPA) yang kembali terjadi di wilayah DKI Jakarta sanksi masih lemah.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
01:00 - 01:30
Trust
01:30 - 02:00
Trust
Selengkapnya