Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

[BREAKING NEWS] Berikut Kronologi Tragedi Berdarah di Stadion Kanjuruhan versi Kepolisian

Minggu, 2 Oktober 2022
Oleh :

Malang, Jawa Timur - Tragedi yang yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pascapertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, membawa duka mendalam. Berdasarkan laporan resmi pihak kepolisian, 127 orang tewas dalam peristiwa ini.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dalam jumpa pers di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022) mengatakan dari 127 orang yang meninggal dunia tersebut, dua di antaranya merupakan anggota Polri.

"Dalam kejadian itu, telah meninggal 127 orang, dua di antaranya adalah anggota Polri," kata Nico.

Dan berikut ini kronologi lengkap tragedi Kanjuruhan versi laporan pihak kepolisian:

Pukul 21.58 Wib setelah pertandingan selesai, pemain dan official Persebaya Surabaya dari lapangan masuk ke dalam kamar ganti pemain dan dilempari oleh aremania dari atas tribun dengan botol air mineral, air mineral gelas, dan lain lain.

Pukul 22.00 Wib, saat pemain dan official Pemain Arema FC dari lapangan berjalan masuk menuju kamar ganti pemain, suporter Arema (aremania) turun ke lapangan dan menyerang pemain, official Arema FC. Mengetahui hal tersebut petugas keamanan berusaha melindungi pemain hingga masuk ke dalam ruang ganti pemain.

Selanjutnya aremania yang turun ke lapangan semakin banyak dan menyerang aparat keamanan, karena aremania semakin brutal dan terus menyerang aparat keamanan serta diperingatkan beberapa kali tidak dihiraukan, kemudian aparat keamanan mengambil tindakan dengan menembakkan gas air mata ke arah Lapangan, Tribun Selatan (11, 12,13) dan Tribun Timur (Tribun 6).

Selain melakukan pembakaran, Aremania juga melakukan penyerangan personil pengawalan dengan menggunakan batu, botol dan kayu, sehingga kendaraan rombongan pemain Persebaya tertahan di jalur jalan keluar.

Untuk menghalau massa yang anarkis, dilakukan upaya pembubaran dengan penembakan Gas Air mata, namun massa tidak bergeming dan semakin menyerang Aparat keamanan.

Akibat kejadian di dalam Tribun Stadion tersebut banyak korban yang mengalami sesak napas dan lemas di evakuasi ke Unit Kesehatan Stadion Kanjuruhan, namun untuk mengevakuasi ke RS terhambat oleh aksi Aremania di Pintu masuk Stadion.

Pada Saat bersamaan dilakukan evakuasi dengan menggunakan mobil Ambulance dan bisa dibukakan jalan oleh Massa Aremania, namun karena banyaknya korban dan Ambulance kurang, maka evakuasi korban dengan menggunakan kendaraan Dinas Kasat Lantas, Kendaraan Grand max Polsek Jajaran, Truck Dalmas Polres, Truck Dalmas Brimob dan TNI, namun dalam perjalanan juga dilempari batu dan dihadang oleh Aremania.

Setelah Aremania mengetahui banyak korban yang dievakuasi menggunakan kendaraan Dinas TNI - Polri, akhirnya tekanan massa Aremania sedikit berkurang ketiga ada kendaraan Dinas melakukan Evakuasi korban melintas.

Ketika tekanan massa Aremania mulai berkurang, selanjutnya kendaraan Water Canon Polres Malang bergerak maju untuk memadamkan api dan diikuti oleh rombongan Kendaraan Baracuda Pemain Persebaya Surabaya, kendaraan Pengawalan dari TNI dan Brimob, sehingga rombongan kendaraan Pemain Persebaya Surabaya serta Petugas Pengawalan bisa bergerak meninggalkan Stadion Kanjuruhan.

Setelah rombongan kendaraan Pemain Persebaya meninggalkan Stadion, Kanjuruhan, massa Aremania mulai mencair dan meninggalkan lokasi depan Pintu masuk Stadion.

Setelah penembakan gas air mata, Suporter yang berada di Tribun berusaha keluar Tribun melalui pintu Tribun secara bersamaan sehingga berdesakan - desakan, banyak yang tergencet dan terjatuh serta mengalami sesak nafas.

Sementara itu pemain Persebaya Surabaya memasuki Kendaraan Baracuda dan akan bergerak meninggalkan Stadion, dengan Pengawalan Sat Lantas, Brimob dan TNI, namun dihadang oleh Aremania dengan melakukan pembakaran Barier Lantas, Pagar dan 2 kendaraan R4 Pribadi milik anggota Polri serta Truk Dalmas Sat Brimob.

(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:38

Seorang Perempuan Meninggal Dunia saat Antre Bansos

Seorang perempuan diketahui meninggal dunia saat mengambil Bantuan Sosial atau (Bansos) di Bogor, Jawa Barat.
img_title
02:28

Laksamana Yudo Margono Tegaskan Siap Jalani Fit and Proper Test

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono menyampaikan kesiapan dirinya untuk menjalani fit and proper test. 
img_title
02:46

Tasyakuran Pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran

Menjelang pernikahan putra Presiden Jokowi yaitu Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, sejumlah persiapan untuk tasyakuran pernikahan telah dilakukan. 
img_title
01:04

Korban Gempa Menolak Relokasi ke Tempat Baru karena Dekat dengan Pembuangan Sampah

Para warga korban gempa di Cianjur, Jawa Barat menolak untuk direlokasi karena lokasinya yang dekat dengan pembuangan sampah. Warga pun memilih untuk bertahan di pengungsian.
img_title
01:17

Terkait Tambang Ilegal, Istri dan Anak Ismail Bolong Diperiksa Polri

Istri dan anak Ismail Bolong memenuhi panggilan Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan tudingan aliran dana tambang ilegal di Kalimantan Timur. 
img_title
00:39

Tabrakan Kapal MV Serasi 1 dan MV Batanghari Mas, 7 ABK Alami Luka-luka

Tabrakan antara kapal MV Serasi 1 dengan MV Batanghari Mas terjadi di perairan Selat Bangka yang menyebabkan 7 ABK mengalami luka-luka.  
img_title
01:28

Gunung Api Terbesar di Dunia Meletus, Lava Panas Mengalir Deras

Gunung api terbesar di dunia yaitu Gunung Mauna Loa di Hawaii,  Amerika serikat terus menerus menyeburkan lava dari kawahnya. 
img_title
03:12

Setelah Tiga Kali Mangkir, Wakil Divpropam Polri Akhirnya Hadir Sebagai Saksi

Setelah sempat tiga kali mangkir, Wakil kepala Detasemen C Biro Paminal Divisi Propam Polri Radite Hernawa akhirnya hadir sebagai saksi untuk terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria.
img_title
01:25

Richard Eliezer: Saya Sempat Bohongi Kapolri dengan Skenario Ferdy Sambo

Richard Eliezer mengaku sempat berbohong ke Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo soal peristiwa pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat di Duren Tiga.
img_title
00:48

Pemkab Cianjur Siapkan Tiga Tempat Relokasi Untuk Korban Gempa

Pemkab Cianjur juga menyiapkan 3 tempat relokasi untuk korban gempa. Salah satu lahan yang disiapkan terletak di wilayah Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Cianjur.
img_title
04:52

Dapur Umum Kopassus Masak 5.000 Porsi Sehari Untuk Korban Gempa Cianjur

Dalam sehari, dapur umum tenda pengungsian Kopassus Desa Cijedil, Cianjur memasak menu untuk 5.000 porsi untuk pengungsi yang berada di pengungsian tersebut dan di pengungsian sekitar.
img_title
02:57

Merasa Dibohongi Ferdy Sambo, Agus Nurpatria Mengaku Sangat Marah

Dalam sidang sebelumnya, terdakwa kasus perintangan penyidikan atau obstruction of justice Agus Nurpatria mengaku marah ketika mengetahui dibohongi oleh Ferdy Sambo mengenai kematian Brigadir Yosua.
img_title
02:02

Makan Malam Koalisi Indonesia Bersatu Bahas Pemilu 2024

Jajaran Ketua Umum Parpol Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menggelar pertemuan dan jamuan makan malam bersama Rabu (30/11/2022) malam. Pertemuan sepakat mengusung nama ketua umum parpol koalisi sebagai prioritas Pilpres 2024.
img_title
02:14

Polisi Tetapkan Tersangka Pembunuhan Satu Keluarga di Magelang

Polresta Magelang telah menetapkan anak kedua dari korban bernama Dhio Daffa Swadilla (22) pembunuhan satu keluarga dengan cara diracun menjadi tersangka.
img_title
02:01

Ketua Tim Forensik Jelaskan Kematian Korban Kanjuruhan

Dokter Nabil Bahasuan SpFM menyebutkan dua korban Kanjuruhan yaitu Natasha dan Nayla yang diotopsi meninggal dunia karena kekerasan benda tumpul, bukan gas air mata.
img_title
06:32

Update Korban Cianjur, 12 Korban Masih dalam Pencarian

Korban hilang dan masih dalam pencarian pasca gempa bumi M5,6 di Kabupaten Cianjur berjumlah 12 orang. Penemuan tersebut menambah jumlah korban meninggal dunia menjadi 328 orang. 
img_title
01:23

Pecahkan Rekor, Ribuan Drone Hiasi Langit Malam Arab Saudi

Ribuan drone menghiasi langit malam di Arab Saudi. Kehadiran drone tersebut menandai peluncuran kendaraan listrik pertama Negeri Raja Salman tersebut. Drone membentuk Kode QR raksasa.
img_title
01:51

Tak Terima Ditegur, Pengamen Ancam Ojol dengan Anak Panah

Pengamen jalanan terlibat bentrok dengan pengemudi ojek online di traffic light Universitas Hasanuddin, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
img_title
02:12

Meski Legal Diperdagangkan, Buaya Siam di Thailand Masih Terancam Punah

Thailand menjadi tempat penangkaran buaya terbesar di dunia. Negeri Gajah putih ini juga berencana untuk meningkatkan jumlah buaya di alam liar hingga 200 ekor dalam 10 tahun ke depan.
img_title
00:52

Warga Iran Rayakan Kemenangan Amerika Serikat di Piala Dunia

Sejumlah video memperlihatkan warga Iran turun ke jalanan untuk merayakan kekalahan timnas Iran dari musuh bebuyutan Amerika Serikat di Piala Dunia.
Jangan Lewatkan
Ramalan ZODIAK BESOK Sabtu, 3 Desember 2022, Leo, Cancer, Leo Keuanganmu Makin Membaik

Ramalan ZODIAK BESOK Sabtu, 3 Desember 2022, Leo, Cancer, Leo Keuanganmu Makin Membaik

Ramalan zodiak hari Sabtu, 3 Desember 2022, Cancer berikan yang terbaik, Leo keuanganmu makin membaik, jangan manjakan dirimu Virgo.
Komisi I DPR Ungkap Materi yang Bakal Disinggung di Sesi Pendalaman Fit and Proper Test Yudo Margono

Komisi I DPR Ungkap Materi yang Bakal Disinggung di Sesi Pendalaman Fit and Proper Test Yudo Margono

Ketua Komisi I DPR dari Fraksi Partai Golkar Meutya Hafid mengungkapkan sejumlah materi dalam fit and proper test calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. 
Ketua Gerindra Jatim Masuk Tiga Besar dalam Bursa Cagub Jatim dari Hasil Survei

Ketua Gerindra Jatim Masuk Tiga Besar dalam Bursa Cagub Jatim dari Hasil Survei

Menjelang pertarungan pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2024 mendatang, berbagai nama tokoh mulai bermunculan, tak terkecuali nama petinggi partai di daerah.
KSAL Yudo Margono Tiba di Gedung DPR untuk Jalani Uji Kelayakan Calon Panglima

KSAL Yudo Margono Tiba di Gedung DPR untuk Jalani Uji Kelayakan Calon Panglima

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Yudo Margono tiba di Gedung Nusantara II DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022) untuk tes calon panglima,
Jaga Akuntabilitas dan Pengawasan Keuangan Haji, BPKH Gelar Sosialisasi Antikorupsi

Jaga Akuntabilitas dan Pengawasan Keuangan Haji, BPKH Gelar Sosialisasi Antikorupsi

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar sosialiasi anti korupsi dan benturan kepentingan dengan implementasi Whistle Blowing System dalam rangka memitigasi praktik tindak Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN) di lingkungan kerja.
Tekan Angka Kecelakaan di Jalan, Korlantas Polri Sosialisasikan Alat Tes Alkohol dan Narkoba

Tekan Angka Kecelakaan di Jalan, Korlantas Polri Sosialisasikan Alat Tes Alkohol dan Narkoba

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) Direktorat Penegakan Hukum Korlantas Polri (Ditgakkum) TA 2022
Pencuri Satroni Toko, Bawa Kabur Uang dan Dagangan

Pencuri Satroni Toko, Bawa Kabur Uang dan Dagangan

Sebuah toko yang terletak di lintasan jalan Trans Kalimantan, tepatnya di Jalan Cilik Riwut KM 43, Desa Luwuk Ranggan, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), disatroni pencuri. Akibat kejadian ini, Samarudin (29), si pemilik toko mengaku mengalami kerugian hingga mencapai puluhan juta rupiah.
KPU Gelar Rapat Koordinasi Konsolidasi Nasional, Persiapan Menuju Pemilu 2024

KPU Gelar Rapat Koordinasi Konsolidasi Nasional, Persiapan Menuju Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) menyelenggarakan rapat koordinasi Konsolidasi Nasional dalam menyambut Pemilu serentak 2024 pada 1-3 Desember 2022.
Kiper Muda Persib Bandung Sambut Baik Evaluasi yang Dilakukan oleh Luis Milla dan Tim Pelatih

Kiper Muda Persib Bandung Sambut Baik Evaluasi yang Dilakukan oleh Luis Milla dan Tim Pelatih

Evaluasi pertandingan uji coba melawan Persikabo 1973 yang dilakukan oleh Luis Milla Sebelum latihan, disambut baik oleh kiper muda Persib Bandung, Reky Rahayu.
Suara Dentuman Kencang Serta Aliran Listrik yang Mati Saat Detik-detik Robohnya Tembok

Suara Dentuman Kencang Serta Aliran Listrik yang Mati Saat Detik-detik Robohnya Tembok

Tembok pembatas Gedung CIMB Niaga di Bintaro Sektor 9 roboh hingga mengancam terputusnya akses permukiman warga Jalan Cendana Sektor 9, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Manusia Nusantara
14:30 - 15:00
Kabar Pasar
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
Selengkapnya