LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Lagi Ramai! Detik-detik Rombongan TNI Turunkan Baliho HRS, Pangdam Jaya: Itu Perintah Saya | tvOne

Jumat, 20 November 2020

Jakarta – Video yang mengabadikan detik-detik pria berseragam loreng menurunkan baliho Habib rizieq shihab (HRS) viral di jagat maya. Panglima Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurachman membenarkan bahwa para pria itu merupakan anggota TNI. Dan dia menegaskan bahwa itu perintahnya. Belakangan beredar pula rekaman saat rombongan TNI konvoi di jalan Petamburan.

Dudung menegaskan hal itu terkait dengan pemasangan spanduk dan baliho yang bermuatan ajakan revolusi dan provokatif dari pimpinan FPI.

Perwira tinggi itu menyampaikan perintah kepada anggota Kodam Jaya untuk menertibkan spanduk dan baliho ajakan provokatif.

“Ada berbaju loreng menurunkan baliho Habib Rizieq. Itu perintah saya. Itu perintah saya. Karena berapa kali Pol PP (Satpol PP) menurunkan dinaikkan lagi. Perintah saya itu. Begini kalau siapapun di Republik ini, siapapun! Ini negara hukum harus taat kepada hukum. Kalau memasang baliho itu sudah jelas ada aturannya. Ada bayar pajaknya, tempatnya juga sudah ditentukan, jangan seenaknya sendiri seakan-akan dia yang paling benar. Ndak ada itu. Ndak ada. Jangan coba-coba pokoknya,” kata Dudung usai Apel Kesiagaan Pasukan Bencana di Jakarta, Jumat pagi, 20 November 2020.

Bahkan Dudung menyebutkan FPI dibubarkan saja bila diperlukan.

“Kalau perlu FPI bubarkan saja itu, bubarkan saja itu! Kalau coba-coba dengan TNI mari. Sekarang kok seperti mereka yang ngatur suka-sukanya sendiri,” tambah Dudung.

Dudung menyatakan petugas Kodam Jaya akan membersihkan baliho provokatif dan akan menindak tegas oknum yang terlibat mengajak revolusi.

“Sekali lagi saya sampaikan jangan mengganggu persatuan dan kesatuan yang ada di wilayah Jakarta. Saya Panglimanya. Jangan coba-coba mengganggu persatuan dan kesatuan yang ada di Jakarta. Kalau coba-coba mengganggu itu akan saya hajar nanti,” ucapnya tegas.

Perwira tinggi TNI itu menyayangkan ucapan Rizieq yang dianggap menghujat seseorang, padahal menurutnya seorang kyai atau habib harus menyampaikan ucapan dan tindakan kebaikan.

"Kalau perkataan tidak baik bukan habib itu. Kemudian, jangan asal bicara sembarangan. Jaga lisan kita," tutur Pangdam Jaya.

Setelah apel, petugas gabungan dari TNI, POLRI, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menertibkan sejumlah baliho dan spanduk-spanduk tak berizin di Ibu Kota dan sekitarnya dengan menurunkan sekitar 500 personel.

"Ini bagian dari kegiatan tiga pilar sebagai patroli pengamanan dan kami juga melakukan pelepasan baliho-baliho yang terpasang tidak sesuai aturan," kata Dandim 05/01 JP BS Kolonel Inf Luqman Arief yang memimpin kegiatan tersebut, saat ditemui di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat siang.

Beberapa kendaraan taktis yang diturunkan dalam pengamanan di wilayah Jakarta Pusat itu adalah empat panser anoa serta puluhan motor yang dikendarai baik oleh petugas TNI dan Brimob Polri.

Rute pengamana dilakukan dari arah Jalan Budi Kemuliaan, lalu berbelok ke arah Jalan Abdul Muis, lanjut ke Pasar Tanah Abang, lalu mengarah ke kawasan Petamburan.

"Dari jalur yang kami lewati kurang lebih ada 10 baliho liar yang kami amankan," ujar Luqman.

Selepas dari arah Petamburan perjalanan berlanjut menuju ke Bundaran Semanggi dan mengarah ke Jalan Jendral Sudirman lalu kembali ke titik awal yaitu Monumen Nasional.(act/ant)

(Lihat juga: PRAJURIT TNI COPOT BALIHO HRS, PENCOPOTAN DILAKUKAN ATAS PERINTAH PANGDAM JAYA)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
11:42

Wasit Buat Kontroversi, Pengamat: Ini Pemain ke-12 Qatar

Kepemimpinan wasit Nasrullo Kabirov pada laga Qatar U-23 lawan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 menjadi sorotan dunia. 
img_title
07:47

Polisi Ungkap Kasus Suami Bunuh dan Kubur Istri di Makassar

Sebuah kasus pembunuhan seorang ibu rumah tangga berinisial J (35) akhirnya terungkap setelah selama enam tahun ditutupi pelaku alias suami korban sendiri berinisial H (43). 
img_title
05:56

Kedatangan Penumpang di Stasiun Pasar Senen Masih Tinggi

Libur Lebaran telah berakhir, arus balik mudik pun terlihat di sejumlah bandara, terminal maupun stasiun, salah satunya adalah Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. 
img_title
06:37

Kondisi Terkini Tol Cikatama Terpantau Ramai Lancar

Libur Lebaran telah berakhir, arus balik mudik pun terlihat di sejumlah titik jalan, salah satunya ruas Tol Cikatama, Karawang, Jawa Barat. 
img_title
02:03

Isak Tangis Pecah, 9 Jenazah Korban Kecelakaan Maut di Tol Cikampek Tiba di Ciamis

Kecelakaan tragis yang terjadi (8/4/2024) saat arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di Ciamis hingga merenggut 12 korban jiwa, yang dimana 9 jenazah sudah diterima oleh pihak keluarga. 
img_title
00:57

Jalur Gentong Tasikmalaya Padat Dipenuhi Kendaraan

Antrean kendaraan arus balik terjadi di jalur Gentong Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Senin pagi.
img_title
04:17

10.654 Penumpang Tiba di Stasiun Gubeng Surabaya

Memasuki H+4 lebaran hari Senin ini, lebih dari 30.000 penumpang turun atau tiba di sejumlah stasiun kereta api di daerah operasi DAOP VIII Surabaya.
img_title
02:40

Oknum TNI-Polri Terlibat Perkelahian di Papua Barat, Ini Kronologinya

Kehebohan terjadi melihatkan kronologi bentrokan antara anggota TNI AL dan Personel Batalyon B Pelopor Brimob di Pelabuhan Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Minggu (14/4/2024). 
img_title
01:29

Misteri Jasad Gadis Berumur 20 Tahun di Jambi, Polisi Masih Cari Pelaku

Jenazah seorang wanita bernama Nasifa (20) yang diduga menjadi korban pembunuhan hingga kini kasusnya masih menjadi misteri.
img_title
11:27

12 Identitas Korban Kecelakaan KM 58 Tol Japek Diumumkan

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri telah rampung melakukan identifikasi terhadap 12 jenazah korban kecelakaan di kilometer 58 Jalan Tol Jakarta - Cikampek. 
img_title
11:31

Prediksi Zainudin Amali di Pertandingan Indonesia vs Qatar Malam Ini

Piala Asia U-23 akan dimulai pada Senin (15/4/2024).  Pada pertandingan hari pertama, dua laga dari Grup A akan digelar. 
img_title
03:16

Joe Biden Menekankan Tetap Konsisten Mendukung Israel

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengutuk keras serangan militer Israel ke wilayah Israel pada Sabtu (13/4/2024).
img_title
01:02

Nekat Membuka Arah Putar Balik yang Ditutup, Pak Ogah Ditangkap Petugas

Seorang pemuda di Cikarang Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ditangkap polisi Setelah nekat membuka pembatas arah putar balik yang ditutup petugas kepolisian.
img_title
04:58

Serangan Rudal Iran ke Israel Bisa Mengarah ke Perang Dunia 3

Serangan Israel atas Kedubes Iran dapat Memicu Perang Dunia 3. Hal ini disampaikan oleh Pengamat Hubungan Internasional, Hikmahanto Juwana.
img_title
01:35

Libur Lebaran, Serunya Berlibur ke Candi Prambanan Bersama Keluarga Tercinta

Candi Prambanan merupakan salah satu objek wisata yang menjadi favorit keluarga pada saat liburan lebaran seperti ini.
img_title
01:02

Bus Brimob Tergelincir Tabrak Rumah Warga

Sebuah bus brimob tergelincir dan menabrak rumah di Jalan Kaduagung, Cileles, Desa Cigoong Selatan, Kecamatan Cikulur, Lebak, Banten.
img_title
01:30

Motor Anggota Polisi Dicuri Saat Sedang Pengamanan Arus Mudik Lebaran

Satu unit sepeda motor milik anggota kepolisian lalu lintas sektor Malangbong Kabupaten Garut ditemukan di semak belukar di wilayah Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya pada hari Sabtu malam lalu.
img_title
03:36

Stasiun Tugu Yogyakarta Dipadati Pemudik

Data DAOP VI Yogyakarta menyebut tiket arus balik kereta api jarak jauh masih cukup tersedia pada hari Minggu (14/4/2024).
img_title
06:58

Kepadatan Arus Balik di Tol Jakarta-Cikampek

Kemacetan panjang terjadi di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek pada arus balik di hari kelima lebaran ini. 
Jangan Lewatkan
Pemilik Akun yang Sebar Dugaan Perselingkuhan yang Dilaporkan Oleh Istri TNI Ditangkap

Pemilik Akun yang Sebar Dugaan Perselingkuhan yang Dilaporkan Oleh Istri TNI Ditangkap

Kepolisian menangkap seorang pria berinisial HSA yang membuat postingan dan memviralkan soal dugaan kasus perselingkuhan anggota TNI dengan perempuan inisial BA
Puasa Syawal Sebaiknya Dimulai Kapan dan Haruskah Berurutan?

Puasa Syawal Sebaiknya Dimulai Kapan dan Haruskah Berurutan?

Puasa Syawal memiliki keutamaan yang luar biasa. Namun sebaiknya kapankah puasa syawal dilakukan? Lalu apakah puasa syawal harus dilakukan berurutan?
Serangan Rudal Iran ke Israel, Benjamin Netanyahu: Kita Merasa Tertekan, akan Bertindak Bijak Tanpa Emosi

Serangan Rudal Iran ke Israel, Benjamin Netanyahu: Kita Merasa Tertekan, akan Bertindak Bijak Tanpa Emosi

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tegaskan Israel akan membalas serangan drone dan rudal Iran secara bijak, bukan secara emosional
Selain Timnas Indonesia, 2 Raksasa Asia Ini Juga Jadi 'Korban' Wasit saat Lawan Qatar

Selain Timnas Indonesia, 2 Raksasa Asia Ini Juga Jadi 'Korban' Wasit saat Lawan Qatar

Selain Timnas Indonesia, ternyata ada dua negara top kawasan Asia lain yang juga pernah jadi korban wasit ketika berhadapan dengan Qatar. Siapa saja mereka?
Tak Hanya Wasit, Kecurangan Tuan Rumah Qatar Memperlakukan Timnas Indonesia Sebelum Pertandingan Diungkap Penerjemah Shin Tae-yong ..

Tak Hanya Wasit, Kecurangan Tuan Rumah Qatar Memperlakukan Timnas Indonesia Sebelum Pertandingan Diungkap Penerjemah Shin Tae-yong ..

Keputusan kontroversial wasita Nasrullo Kabirov menjadi perbincangan hangat publik setelah laga Timnas Indonesia vs Qatar di Piala Asia U-23 2024. (16/4/2024)
Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Buruk usai Dikalahkan Qatar U-23 dan 'Dicurangi' Wasit Nasrullo Kabirov

Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Buruk usai Dikalahkan Qatar U-23 dan 'Dicurangi' Wasit Nasrullo Kabirov

Timnas Indonesia U-23 mendapat kabar buruk setelah dikalahkan Qatar U-23 dengan skor 0-2 pada pertandingan pembuka Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad, Senin (16/4/2024).
Kenapa Puasa Syawal Disamakan dengan Puasa Selama 1 Tahun? Ternyata Kata Ustaz Adi Hidayat Karena Begini…

Kenapa Puasa Syawal Disamakan dengan Puasa Selama 1 Tahun? Ternyata Kata Ustaz Adi Hidayat Karena Begini…

Salah satu keistimewaan dari puasa enam hari di bulan Syawal adalah nilai yang dianggap setahun. Mengapa? Simak penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat berikut ini.
KOVO Rilis 30 Nama Pemain untuk Kuota Pemain Asia Musim Depan, Megawati Hangestri Bakal Ditemani Dua Pevoli Indonesia, Siapa?

KOVO Rilis 30 Nama Pemain untuk Kuota Pemain Asia Musim Depan, Megawati Hangestri Bakal Ditemani Dua Pevoli Indonesia, Siapa?

Megawati Hangestri, kembali masuk dalam daftar pemain asing yang bisa dipilih melalui sistem Asian Draft Quarter dari KOVO untuk gelaran V league musim depan.
Mangkir Apel Hari Pertama Kerja Pascalibur Idul Fitri, 38 ASN Terancam Dapat Sanksi

Mangkir Apel Hari Pertama Kerja Pascalibur Idul Fitri, 38 ASN Terancam Dapat Sanksi

Sebanyak 38 ASN lingkup Pemkab Jombang, terancam mendapatkan sanksi disiplin akibat tidak hadir dalam apel hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri.
Konflik Iran - Israel di Timur Tengah Bisa Ancam Ekonomi Indonesia, Presiden Jokowi Gelar Rapat Internal

Konflik Iran - Israel di Timur Tengah Bisa Ancam Ekonomi Indonesia, Presiden Jokowi Gelar Rapat Internal

ari ini (16/4/2024), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat kabinet internal untuk memitigasi dampak dari gejolak di Timur Tengah. 
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Damai Indonesiaku
14:00 - 14:30
Manusia Nusantara
14:30 - 15:00
Kabar Pasar Sore
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
Selengkapnya