LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Dampak Udara Buruk di Jakarta Harus Diwaspadai, Apa yang Harus Dilakukan?

Kamis, 8 Juni 2023

Jakarta, tvOnenews.com - Tingkat polusi udara di Ibu Kota Jakarta dalam beberapa hari terakhir kian memburuk, berdasarkan data dari Indeks Kualitas udara (AQI) Indonesia pada kualitas udara di Jakarta berada pada tingkat 155 atau peringkat ke 6 dengan kualitas udara terburuk di dunia. Tentu hal ini sangat berdampak bagi kesehatan masyarakat. 

Terlebih, buruknya kualitas udara di Jakarta membuat kelompok-kelompok sensitif, khususnya pada anak-anak yang memiliki kerentanan dengan polusi udara.  

Terkait hal tersebut, dr. Hinky HIndra Irawan Satari selaku Dokter Spesialis Anak memaparkan pemicu dan cara penanganan dalam mencegah udara buruk. 

“Orang tua yang cerdik pasti bisa membaca situasi seperti menghindari sumber paparan polusi tersebut,” ungkapnya.  

Polusi kendaraan menjadi salah satu faktor terbesar atas buruknya udara yang terjadi di Jakarta.

Mengingat pada saat pandemi yang dimana lockdown diberlakukan di seluruh Indonesia, sangat terlihat langit dan awan khususnya wilayah Jakarta jauh lebih bersih dan sehat dibandingkan dengan kondisi terkini.

Dengan mewajibkan masyarakat dalam penggunaan masker pun menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi buruknya udara belakang ini, tak hanya saat maraknya virus Covid-19 saja. 

Namun yang terpenting, kita sebagai pemilik tubuh harus mengenal 'tanda bahaya' yang meliputi sejumlah sistem vital yaitu otak untuk kesadaran, suhu, sistem pernapasan yang bisa dilihat dari cara bernapas. 

Jika anak sudah mengalami sejumlah gangguan dan gejala-gejala buruk, segeralah untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan kepada ahli kesehatan. Berikut selengkapnya. (ayu)  

 

  

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
02:26

Detik-detik Pria Bacok Temannya Sendiri Gegara Merasa Ditipu

Seorang pemuda di Kabupaten Oku Selatan nekat membacok temannya sendiri. Kejadian pembacokan tersebut terekam oleh kamera CCTV. 
img_title
01:39

Seorang Pendaki Temukan Kerangka Manusia di Lereng Gunung Slamet

Warga Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal digegerkan dengan penemuan mayat manusia yang menjadi kerangka di pos 3 jalur pendakian Gunung Slamet. 
img_title
04:51

Jubir MK Beberkan Mekanisme Sidang Putusan PHPU

MK akan membacakan putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 pada hari Senin, 22 April 2024 pukul 09.00 WIB di ruang sidang lantai dua Gedung I MK RI, Jakarta. 
img_title
01:28

Menlu RI Utamakan Diplomasi Terkait Konflik di Timur Tengah

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menegaskan, tengah berkomunikasi dengan Menlu Iran untuk meredam eskalasi konflik yang terjadi dengan Israel. 
img_title
03:04

Prabowo Minta Para Pendukungnya Tidak Lakukan Aksi di MK

Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto memberi peringatan keras kepada para pendukungnya terkait polemik jelang putusan sidang MK soal sengketa Pilpres 2024. 
img_title
07:15

MK Terima 33 Amicus Curiae, Jubir AMIN: Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Pengajuan permohonan amicus curiae atau sahabat peradilan terkait persoalan perkara PHPU atau sengketa Pilpres 2024 ke MK disebut paling banyak sepanjang sejarah. 
img_title
17:53

Piala Asia U23: Amuk Garuda Libas Australia

Timnas Indonesia U-23 mencatatkan poin penuh dan cleansheet pertama di Piala Asia U-23 usai mengalahkan Australia U-23 dengan skor 1-0. 
img_title
06:13

Kebakaran Toko Bingkai, 7 Orang Tewas di Tempat

Ruko berlantai 3 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Kamis (18/4/2024) malam terbakar hebat. 
img_title
01:31

AHY Pastikan Transisi Kepemimpinan Presiden akan Berjalan Baik

Ketua Umum Partai Demokrat yang juga menteri ATR/BPN AHY menyatakan, transisi kepemimpinan antara Presiden Joko Widodo dengan calon presiden terpilih Prabowo Subianto harus dipastikan dengan baik. 
img_title
02:40

Erupsi Gunung Ruang, Basarnas Evakuasi 28 Napi & Petugas Lapas Klas III Tahuna

Pasca erupsi Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, situasi dan kondisi pada Kamis (18/4/2024) pagi Gunung Ruang diguyur hujan lebat dan tertutup awan tebal. 
img_title
01:48

Bahlil: Pertemuan Prabowo & Megawati Masih Mungkin Terjadi

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran yang juga Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menegaskan, pertemuan Jokowi dan Megawati masih mungkin terjadi. 
img_title
01:02

Relawan Prabowo-Gibran Batalkan Rencana Aksi Damai di MK

Relewan Prabowo Gibran resmi membatalkan acara aksi damai yang akan digelar di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari Jumat (18/4/2024) ini. 
img_title
06:15

Misteri Kasus Mayat Wanita Terbungkus Plastik di Sukoharjo

Polisi masih terus menyelidiki kasus penemuan mayat wanita yang terbungkus plastik di Sukaharjo, Jawa Tengah, belasan orang telah diperiksa sebagai saksi atas tewasnya wanita yang diduga menjadi korban pembunuhan dari teman dekatnya.
img_title
01:27

Purnawirawan TNI-Polri Temui Sekjen PDIP

Hasto Kristianto Sekjen PDIP menggelar pertemuan bersama purnawirawan TNI-Polri di salah satu rumah pemenangan Ganjar-Mahfud.
img_title
01:20

Ratusan Pedagang Adang Alat Berat Tolak Pembongkaran Pasar Kutabumi Tangerang

Sebanyak 400 pedagang pasar Kotabumi Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten menghadang alat berat yang akan digunakan untuk menggusur bangunan pasar pada Kamis siang.
img_title
02:41

Gunung Ruang Meletus, Puluhan Napi dan Pegawai Lapas Ikut Dievakuasi

Pasca erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara warga yang bermukim di kaki gunung telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. 
img_title
02:17

Relawan Prabowo-Gibran Akan Gelar Aksi Damai di Depan Mahkamah Konstitusi

10.000 pendukung dan relawan Prabowo-Gibran akan menggelar aksi damai di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (19/4/2024). 
img_title
01:45

Kembalikan Uang Rp100 Juta Milik Pemudik, Aiptu Supriyanto dapat Hadiah dari Kapolda Lampung

Atas kejujurannya, Iptu Supriyanto mendapatkan penghargaan dari Kapolda Lampung berupa beasiswa Perwira pendidikan alih golongan atau SAG. 
img_title
09:24

AWAS! Jerat Pelaku Perdagangan Manusia Berkedok Kawin Kontrak

Polres Cianjur, Jawa Barat, menangkap dua orang perempuan berinisial RN (21) dan LR (51) atas dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan modus kawin kontrak. 
Jangan Lewatkan
Konflik Iran - Israel Memanas,

Konflik Iran - Israel Memanas, "Hot Money" Senilai Rp21,46 Triliun Keluar Dari Pasar Keuangan Indonesia Dalam Tiga Hari

Bank Indonesia melaporkan hot money atau aliran modal asing yang keluar dari pasar keuangan domestik mencapai Rp21,46 triliun pada periode 16-18 April 2024.
Liga Europa: Dulu Disingkirkan Mourinho, Kini Xabi Alonso Tak Sabar Balas Dendam ke AS Roma

Liga Europa: Dulu Disingkirkan Mourinho, Kini Xabi Alonso Tak Sabar Balas Dendam ke AS Roma

Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso tak sabar untuk kembali menghadapi AS Roma pada semifinal Liga Europa 23/24, Jumat (03/5/24) mendatang pukul 02.00 WIB.
Misteri Hilangnya Ahli Nuklir UGM Jadi Buron, Kini Dicari Polisi

Misteri Hilangnya Ahli Nuklir UGM Jadi Buron, Kini Dicari Polisi

Kepolisian Daerah Jawa Timur memburu ahli nuklir berinisial YUI yang masuk daftar pencarian orang (DPO) karena beberapa kali mangkir dari panggilan pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan penggelapan dalam jabatan dan tindak pidana pencucian uang.
Di Balik Timnas Indonesia U-23 Tampil di Piala Asia U-23, Kedubes RI Doha Bagikan Suporter Tak Lupakan Ini

Di Balik Timnas Indonesia U-23 Tampil di Piala Asia U-23, Kedubes RI Doha Bagikan Suporter Tak Lupakan Ini

Kedutaan Besar (Kedubes) RI Doha bagikan kegiatan salat yang dilakukan oleh suporter Garuda saat Timnas Indonesia U-23 pentas di Piala Asia U-23 2024, di Qatar.
Terungkap Modus Wanita Cantik yang Ngaku Jadikan Driver Ojek Online Sebagai Pelampiasan Nafsu, Ungkap Hal ini di Depan Rey Utami, Katanya…

Terungkap Modus Wanita Cantik yang Ngaku Jadikan Driver Ojek Online Sebagai Pelampiasan Nafsu, Ungkap Hal ini di Depan Rey Utami, Katanya…

Seorang wanita mengaku kerap jadikan driver ojol sebagai pemuas nafsunya. Awalnya karena pelampiasan, namun ia jadi ketergantungan. Ternyata begini modusnya
Penuh Kontroversi Termasuk Lawan Timnas Indonesia, Pelatih Qatar Akui Timnya Layak ke Perempat Final Piala Asia U-23

Penuh Kontroversi Termasuk Lawan Timnas Indonesia, Pelatih Qatar Akui Timnya Layak ke Perempat Final Piala Asia U-23

Pelatih Qatar U-23, Ilidio Vale sebut timnya pantas lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024 meski penuh kontroversi termasuk saat hadapi Timnas Indonesia.
Hasil Sidang Sengketa Pilpres 2024 Diumumkan Minggu Depan, TKN Sampaikan Pesan Prabowo dan Gibran

Hasil Sidang Sengketa Pilpres 2024 Diumumkan Minggu Depan, TKN Sampaikan Pesan Prabowo dan Gibran

Sufmi Dasco Ahmad, sampaikan pesan dari Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka untuk pendukungnya tanggal 22 April nanti.
Perempuan Bertopeng ini Beri Pengakuan Mengejutkan, Akui Sering Jadikan Driver Ojol Sebagai Pemuas Nafsu, Kok Bisa? Ternyata…

Perempuan Bertopeng ini Beri Pengakuan Mengejutkan, Akui Sering Jadikan Driver Ojol Sebagai Pemuas Nafsu, Kok Bisa? Ternyata…

Seorang perempuan mengaku sering jadikan driver ojek online sebagai pemuas nafsu karena suaminya cuek. Ia mengaku sering memesan ojol hanya untuk kesenangannya.
Melalui PSI, Eks Kapolda NTT Daftar Jadi Bakal Calon Gubernur NTT

Melalui PSI, Eks Kapolda NTT Daftar Jadi Bakal Calon Gubernur NTT

Eks Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Brigjen Pol Johanis Asadoma resmi mendaftarkan diri menjadi bakal calon Gubernur NTT periode 2024-2029 melalui PSI.
Dengan Wajah Murung, Pelatih Australia U23 Akui Cara Bertahan Timnas Indonesia U23 Bikin Para Pemainnya Frustasi: Saya Pikir…

Dengan Wajah Murung, Pelatih Australia U23 Akui Cara Bertahan Timnas Indonesia U23 Bikin Para Pemainnya Frustasi: Saya Pikir…

Olyroos menderita kekalahan sengit melawan timnas Indonesia U23 pada Kamis (18/4/2024) malam, dengan gol tunggal yang dicetak Komang Teguh. Pelatih Tony Vidmar
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Telusur
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
00:00 - 01:00
Kabar Dunia
01:00 - 02:00
Trust
Selengkapnya