LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Ricuh! Gelar Unjuk Rasa Hingga Malam, Aksi Mahasiswa di Kendari Dibubarkan Paksa | tvOne

Minggu, 27 September 2020

Kendari, Sulawesi Tenggara – Unjuk rasa mahasiswa di depan markas Polda Sulawesi Tenggara dalam rangka memperingati tragedi kematian dua mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO), ricuh. Demonstrasi berlanjut hingga malam, sehingga polisi membubarkan aksi tersebut secara paksa.

Awalnya unjuk rasa yang berlangsung pada Sabtu , 26 September 2020 itu berjalan damai. Massa mempertanyakan kepada kepolisian perkembangan penyelidikan kasus yang menewaskan rekan mereka, Immawan randi (21) dan Muhammad Yusuf kardawi (19). Mereka menuntut keadilan atas kematian mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan dan Mahasiswa Teknik Sipil Univesitas UHO itu. Keduanya tewas pada demonstrasi di depan Gedung DPRD Sultra pada 26 September 2019. Para pengunjuk rasa yang berdatangan membawa atribut berupa topeng bergambar wajah almarhum Randi-Yusuf, poster, hingga spanduk.

Namun demo menjadi ricuh ketika mahasiswa tak berhasil menemui Kapolda Sulawesi Tenggara, Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya. Mereka menuntut bertemu Yan untuk menanyakan langsung nasib kasus Almarhum Randi dan Yusuf. Sebab menurut mahasiswa, kematian kedua korban sudah genap setahun, tetapi kasusnya masih belum tuntas.

Mahasiswa mengamuk dan mulai melempari batu. Polisi yang ada di lokasi berupaya membubarkan pendemo dengan tembakan gas air mata dan meriam air. Massa kembali membalas dengan melempari berbagai benda termasuk kayu.

Empat peserta aksi ditangkap dan dibawa ke dalam Mapolda. Aparat kemudian membubarkan paksa demo yang berlangsung hingga Sabtu malam.

Akibat aksi tersebut jalur menuju kantor gubernur Sultra ditutup dengan menggunakan kawat duri, sehingga para pengendara dialihkan menggunakan jalur lain. (act)

Dua mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Immawan Randi dan Muhammad Yusuf Kardawi meninggal dunia karena tembakan peluru yang diduga milik kepolisian, pada 26 September 2019, ketika Randi dan Yusuf ikut dalam demonstrasi menolak RKUHP.

Mahasiswa menilai ada kejanggalan pada proses hukum kematian Randi yang kini sudah berada dalam proses persidangan. Dalam perkara ini, Brigadir am didakwa dengan pasal berlapis atas tewasnya Randi dan tertembaknya warga bernama Putri.

Sementara kasus kematian Yusuf hingga kini belum diketahui siapa pelakunya. (act)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
05:27

Sopir Bus di Tulungagung Konsumsi Sabu Berujung Diamankan Polisi

Di tengah hiruk pikuk arus balik, seorang sopir bus di Terminal Gayatri, Tulungagung kedapatan positif narkoba. 
img_title
02:45

Sopir Bus yang Alami Kecelakaan di Tol Batang Ditetapkan sebagai Tersangka

Proses penyelidikan kecelakaan bus Rosalia Indah masih terus dilakukan oleh Polres Batang. Sopir bus berinisial JW pun telah ditetapkan menjadi tersangka karena kelalaian yang mengakibatkan 7 orang tewas. 
img_title
01:46

BRAAKK! Begini Detik-detik Mobil Pemudik Tertabrak Kereta Hingga Ringsek

Mobil pemudik tertabrak kereta Argo Semeru relasi Surabaya-Jakarta di Madiun, Jawa Timur. Sebelum mobil tertabrak, beruntung pengemudi mobil serta seluruh penumpang mobil berhasil menyelamatkan diri. 
img_title
01:52

Pihak Istana Menjawab Wacana Pertemuan Presiden Jokowi dengan Megawati

Wacana pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri kembali muncul di bulan Syawal ini.
img_title
01:59

Danramil Aradide Dibantai KKB, Kontak Tembak Sempat Terjadi

Danramil Aradide Letda Infanteri Oktavianus Sogorlay gugur dibunuh oleh sejumlah anggota organisasi Papua merdeka (OPM) pada Kamis (11/4/2024). 
img_title
00:56

Tersangka Kerusuhan Rempang Bebas dari Tahanan

8 orang tersangka kerusuhan Rempang di Pulau Galang pada September lalu dibebaskan dari tahanan.
img_title
01:39

Seorang Pria Ditemukan Tewas Dalam Mobil Es Krim

Seorang pria ditemukan tewas di dalam mesin pendingin sebuah mobil pengangkut es krim di Jalan Jenderal Sudirman, Tanah Abang, Jakarta. 
img_title
03:17

Hari Ketiga Lebaran, Presiden Jokowi Habiskan Waktu Bersama Keluarga di Medan

Hari ketiga perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah, Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Sumatera Utara. 
img_title
01:20

Jokowi Diusulkan Jadi Penasihat Khusus Prabowo-Gibran?

Presiden Joko Widodo dipertimbangkan untuk menjadi penasehat khusus presiden terpilih Prabowo Subianto dalam pemerintahan yang akan datang.
img_title
06:06

Remaja Tikam Pria Hingga Tewas Saat Perayaan Lebaran

Seorang remaja 19 tahun nekat membunuh pria paruh baya di tengah keramaian perayaan Hari Raya Idul Fitri. Pelaku pun langsung menyerahkan diri ke Polres Wakatobi. 
img_title
01:32

Menhub Budi Karya Tinjau Kesiapan Arus Balik Lebaran di Bandara Soetta

Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik untuk kembali ke Ibu Kota dan sekitarnya pada Jumat (12/4/2024) atau Sabtu (13/4/2024).
img_title
03:38

Identifikasi Korban Kecelakaan Maut KM 58 Tol Japek Terkendala Luka Bakar Parah

Tim Disaster Victim Identification (DVI) di Rumah Sakit Polri masih terus melakukan proses identifikasi baik ante-mortem maupun post mortem terhadap 11 jenazah korban kecelakaan Tol Jakarta-Cikampek kilometer 58. 
img_title
01:59

Suasana Wisata Candi Borobudur di Momen Libur Lebaran

Pada libur Lebaran tahun ini, sejumlah objek wisata terus dipadati oleh pengunjung yang tengah menghabiskan waktu libur Lebaran bersama keluarga. Salah satunya di objek wisata Candi Borobudur. 
img_title
02:34

Melirik Tradisi Barong Ider Bumi di Banyuwangi

Masyarakat Suku Osing Desa Kemiren, Banyuwangi,  Jawa Timur menggelar tradisi Barong Ider Bumi yang dipercaya masyarakat setempat sebagai ritual tolak bala, sekaligus sebagai ajang silaturahmi saat Lebaran. 
img_title
11:55

Respon PDIP Soal Sinyal Pertemuan Megawati-Prabowo

Ketua Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rosan Roeslani hingga 2 kali menemui Megawati Soekarnoputri menyusul rencana pertemuan Prabowo dan Megawati. 
img_title
05:24

Perkara Baju Lebaran, Kakak Bunuh Adik di Lampung

Seorang pria bernama Sri Hardiansyah (29) di Way Kanan, Lampung, tega menghabisi nyawa saudara kembarnya Sri Harmudin (29) disebabkan karena menyakiti sang istri lantaran sempat cekcok di antara keduanya hanya karena baju Lebaran. 
img_title
03:06

Jenazah Korban Kecelakaan Maut Bus di Batang Sudah Diperbolehkan Diambil Oleh Pihak Keluarga

Korban meninggal kecelakaan maut di kilometer 370 Tol Batang, Jawa Tengah sudah diperbolehkan diambil oleh pihak keluarga. 
img_title
01:17

Tali Sling Putus, 15 Orang Terjatuh dari Jembatan Gantung

15 warga terjatuh dari jembatan gantung di Kampung Cigedang, Desa Leuwiipuh, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Banten. 
img_title
02:35

Pantauan Arus Lalu Lintas di Gerbang Tol Pasteur

Pada hari ke-3 Lebaran ini, arus lalu lintas di Simpang Pasteur, Bandung, Jawa Barat terpantau ramai lancar. 
Jangan Lewatkan
Andai Timnas Indonesia Tak Kalah Cepat dari Negara Lain, 5 Pemain Bintang Ini Bisa Gabung ke Skuad Garuda, Siapa Saja?

Andai Timnas Indonesia Tak Kalah Cepat dari Negara Lain, 5 Pemain Bintang Ini Bisa Gabung ke Skuad Garuda, Siapa Saja?

Deretan wonderkid Eropa ini sebetulnya bisa bergabung dengan Timnas Indonesia, namun hal itu urung terjadi karena sang pemain pilih untuk membela negara lain.
Untung Cahyono, Khatib Idul Fitri yang Viral di Bantul Usai Ditinggal Jemaah Akhirnya Minta Maaf, Begini Katanya

Untung Cahyono, Khatib Idul Fitri yang Viral di Bantul Usai Ditinggal Jemaah Akhirnya Minta Maaf, Begini Katanya

Untung Cahyono, Khatib Shalat Idul fitri di Lapangan Tamanan, Banguntapan, Bantul yang singgung politik praktis saat khutbah beberapa hari lalu minta maaf. 
Berapa Tarif Undang Habib Bahar bin Smith untuk Ceramah? HBS Malah ‘Tempeleng’ Pengikutnya saat Bertanya, Katanya…

Berapa Tarif Undang Habib Bahar bin Smith untuk Ceramah? HBS Malah ‘Tempeleng’ Pengikutnya saat Bertanya, Katanya…

Sosok Habib Bahar bin Smith dikenal sebagai pendakwah muda yang kerap mengundang perhatian publik. Ceramahnya yang berapi-api dapat membakar semangat jamaahnya
3 Pelatih Keturunan Indonesia Ini Raih Kesuksesan Besar di Eropa, Salah Satunya Pernah Bawa Juara Klub di Liga Belanda

3 Pelatih Keturunan Indonesia Ini Raih Kesuksesan Besar di Eropa, Salah Satunya Pernah Bawa Juara Klub di Liga Belanda

Bukan cuma pemain skuad Garuda saja yang punya garis keturunan tanah air, namun sederet pelatih legendaris asal Eropa ini diketahui memiliki darah Indonesia.
H+3 Lebaran Terminal Kalideres Masih Sepi, Prediksi Puncak Arus Balik Mudik Terjadi Senin

H+3 Lebaran Terminal Kalideres Masih Sepi, Prediksi Puncak Arus Balik Mudik Terjadi Senin

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen sebut H+3 Lebaran, Terminal Kalideres, Jakarta Barat belum dipadati penumpang yang pulang mudik dari kampung halaman.
Pemudik Kembali ke Jawa Mulai Ramai di Pelabuhan Bakauheni

Pemudik Kembali ke Jawa Mulai Ramai di Pelabuhan Bakauheni

Gelombang arus balik mulai terlihat di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (13/4/2024). Puncak arus balik sendiri diprediksi terjadi 14-15 April 2024 besok.
TNI Beberkan Penyebab OPM Tembak Danramil 1703/04 Aradide Hingga Tewas

TNI Beberkan Penyebab OPM Tembak Danramil 1703/04 Aradide Hingga Tewas

Kadispen TNI AD Brigjen Kristomei Sianturi membeberkan alasan Organisasi Papua Merdeka (OPM) tembak Danramil 1703/04 Aradide, Letda Inf Oktovianus Sokolray.
Kota Tua Jakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran Idul Fitri 1445 H

Kota Tua Jakarta Diserbu Wisatawan di Libur Lebaran Idul Fitri 1445 H

Kawasan Wisata Kota Tua yang terletak di Jakarta Pusat menjadi salah satu pilihan utama bagi warga sekitar Jabodetabek untuk habiskan libur Lebaran tahun ini.
Korlantas Polri Berlakukan One Way di GT Kalikangkung

Korlantas Polri Berlakukan One Way di GT Kalikangkung

Korlantas Polri berlakukan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah di Gerbang Tol Kalikangkung, Sabtu (13/4/2024).untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik
JIMI Dukung Kebijakan WFH-Tambah Cuti Lebaran Bagi PNS dan Karyawan Guna Urai Kemacetan Arus Balik

JIMI Dukung Kebijakan WFH-Tambah Cuti Lebaran Bagi PNS dan Karyawan Guna Urai Kemacetan Arus Balik

Jaringan Insan Muda Indonesia (JIMI) mendukung wacana Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang menyebutkan bahwa kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk mencegah dampak buruk akibat kepadatan lalu lintas saat arus balik Lebaran.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
18:30 - 20:00
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Kabar Utama
21:00 - 22:00
Indonesia Dalam Peristiwa
22:00 - 23:00
One Pride Mixed Martial Arts
Selengkapnya