LIVESTREAM
img_title
Tutup Menu
Daerah Sulawesi Sumatera Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim Bali

Bareskrim Polri Sebut Rekonstruksi Penembakan Laskar FPI Belum Final | tvOne

Selasa, 15 Desember 2020

Jakarta – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menyebutkan bahwa Rekonstruksi kasus penembakan enam orang Laskar Front Pembela Islam ( Fpi) belumlah final. Polisi menyatakan tetap membuka ruang bila ada informasi atau saksi baru.

“Apabila ada temuan baru terkait dengan tambahan-tambahan keterangan informasi saksi maupun bukti yang lain, tentunya tidak menutup kemungkinan bisa dilanjutkan dengan proses rekonstruksi lanjutan,” ujar Kepala Bareskrim Polri, Komjen Pol Listyo sigit prabowo di Kantor Bareskrim, Selasa, 15 Desember 2020.

“Kami selalu membuka ruang apabila ada informasi baru, ataupun saksi-saksi baru yang memahami dan mengetahui peristiwa yang terjadi untuk kami periksa dan menjadi tambahan di dalam melengkapi penyidikan kami,” tambahnya.

Listyo menegaskan bahwa pihaknya selalu berupaya bersikap terbuka dengan melibatkan pengawas di luar Kepolisian.

“Yang perlu saya tekankan, bahwa dalam rekonstruksi yang tadi malam kita lakukan, kami selalu berusaha untuk profesional, transparan, dan objektif. Dengan selalu melibatkan rekan-rekan media, rekan-rekan dari pengawas eksternal. Dalam hal ini kami mengundang Komnas HAM, Amnesty International, dari Kontras, Imparsial, dan Kompolnas. Walaupun yang datang hanya Kompolnas,” ungkap Listyo.

Polri juga menghargai independensi dari para pengawas eksternal yang mengawasi penyidikan kasus penembakan enam laskar FPI. Ia juga menyebutkan bahwa ada pengawas internal yang mendampingi kegiatan penyidikan setiap kasus.

“Kami tetap menghargai independensi dari rekan-rekan pengawas eksternal yang lain. Dan tentunya di dalam setiap kegiatan kami juga selalu didampingi oleh pengawas internal dalam hal ini Divisi Propam Polri," sambungnya.

Kepolisian, menurut Kabareskrim akan terus menjaga profesionalisme dalam penanganan kasus ini.

“Kami akan terus menjaga transparansi, menjaga profesionalisme, dan tentunya di setiap perkembangannya akan kita rilis pada saat penyidikannya nanti sudah menjadi jauh lebih lengkap,” pungkasnya.

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Polda Metro Jaya, dan Polres Karawang menggelar 58 adegan rekonstruksi kasus penembakan enam orang anggota FPI di empat titik Tol Jakarta – Cikampek.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, bahwa dalam empat tempat kejadian perkara (TKP) kasus penembakan tersebut, setidaknya digelar 58 adegan rekonstruksi yang memperlihatkan awal mula penyerangan Laskar FPI hingga polisi melakukan tindakan tegas terukur.

"Dalam proses rekonstruksi malam tadi, setidaknya ada 58 adegan rekonstruksi," kata Argo melalui siaran pers, Jakarta, Senin (14/12

Argo memerinci pada TKP satu tepatnya di depan Hotel Novotel, Jalan Karawang Internasional, setidaknya ada sembilan adegan. Sementara itu, di lokasi dua, yakni selepas bundaran Jalan Karawang Internasional hingga Gerbang Tol Karawang Barat arah Cikampek ke Rest Area KM 50, ada empat adegan. Di Rest Area KM 50 yang menjadi TKP ketiga, penyidik melakukan adegan rekonstruksi sebanyak 31 adegan. TKP terakhir, yakni Tol Japek selepas Rest Area KM 50 hingga KM 51, penyidik memperagakan 14 adegan.

Rekonstruksi yang digelar secara transparan ini, kata Argo, setidaknya menghadirkan 28 orang saksi. Bahkan, empat di antaranya merupakan polisi yang menjadi korban dalam penyerangan tersebut.

"Jumlah saksi yang dihadirkan malam ini ada 28 orang. Saksi korban ada empat orang," ujar Argo.

Ia menyebutkan, barang bukti yang dihadirkan pada rekonstruksi, di antaranya dua unit mobil anggota, satu unit mobil tersangka, enam pasang pakaian tersangka, senjata tajam, dan dua senjata api rakitan peluru 9 mm.

Peristiwa penyerangan Laskar FPI terhadap aparat kepolisian itu terjadi pada hari Senin (7/12) pukul 00.30 WIB di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek. Peristiwa terjadi ketika petugas sedang mengecek informasi mengenai adanya pengerahan massa terkait dengan pemanggilan Rizieq Shihab di Polda Metro, Senin (7/12).

Menurut keterangan polisi, mobil anggota Polda Metro Jaya tengah mengkuti kendaraan pengikut Rizieq, tiba-tiba mobil anggota Polda Metro Jaya dipepet dan dihentikan dua kendaraan pendukung Rizieq. Ketika kejadian itu, pihak yang diduga pendukung Rizieq menodongkan senjata api dan senjata tajam berupa samurai dan celurit ke arah aparat kepolisian.

Petugas yang merasa keselamatan jiwanya terancam, langsung mengambil tindakan tegas terukur sehingga menyebabkan enam orang pendukung Rizieq meninggal dunia. Sementara empat orang lainnya melarikan diri. (act)

Baca Juga :
Berita Terkait
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
01:39

Seorang Pria Ditemukan Tewas Dalam Mobil Es Krim

Seorang pria ditemukan tewas di dalam mesin pendingin sebuah mobil pengangkut es krim di Jalan Jenderal Sudirman, Tanah Abang, Jakarta. 
img_title
03:17

Hari Ketiga Lebaran, Presiden Jokowi Habiskan Waktu Bersama Keluarga di Medan

Hari ketiga perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah, Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Sumatera Utara. 
img_title
06:06

Remaja Tikam Pria Hingga Tewas Saat Perayaan Lebaran

Seorang remaja 19 tahun nekat membunuh pria paruh baya di tengah keramaian perayaan Hari Raya Idul Fitri. Pelaku pun langsung menyerahkan diri ke Polres Wakatobi. 
img_title
01:32

Menhub Budi Karya Tinjau Kesiapan Arus Balik Lebaran di Bandara Soetta

Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik untuk kembali ke Ibu Kota dan sekitarnya pada Jumat (12/4/2024) atau Sabtu (13/4/2024).
img_title
03:38

Identifikasi Korban Kecelakaan Maut KM 58 Tol Japek Terkendala Luka Bakar Parah

Tim Disaster Victim Identification (DVI) di Rumah Sakit Polri masih terus melakukan proses identifikasi baik ante-mortem maupun post mortem terhadap 11 jenazah korban kecelakaan Tol Jakarta-Cikampek kilometer 58. 
img_title
01:59

Suasana Wisata Candi Borobudur di Momen Libur Lebaran

Pada libur Lebaran tahun ini, sejumlah objek wisata terus dipadati oleh pengunjung yang tengah menghabiskan waktu libur Lebaran bersama keluarga. Salah satunya di objek wisata Candi Borobudur. 
img_title
02:34

Melirik Tradisi Barong Ider Bumi di Banyuwangi

Masyarakat Suku Osing Desa Kemiren, Banyuwangi,  Jawa Timur menggelar tradisi Barong Ider Bumi yang dipercaya masyarakat setempat sebagai ritual tolak bala, sekaligus sebagai ajang silaturahmi saat Lebaran. 
img_title
11:55

Respon PDIP Soal Sinyal Pertemuan Megawati-Prabowo

Ketua Tim Kemenangan Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rosan Roeslani hingga 2 kali menemui Megawati Soekarnoputri menyusul rencana pertemuan Prabowo dan Megawati. 
img_title
05:24

Perkara Baju Lebaran, Kakak Bunuh Adik di Lampung

Seorang pria bernama Sri Hardiansyah (29) di Way Kanan, Lampung, tega menghabisi nyawa saudara kembarnya Sri Harmudin (29) disebabkan karena menyakiti sang istri lantaran sempat cekcok di antara keduanya hanya karena baju Lebaran. 
img_title
03:06

Jenazah Korban Kecelakaan Maut Bus di Batang Sudah Diperbolehkan Diambil Oleh Pihak Keluarga

Korban meninggal kecelakaan maut di kilometer 370 Tol Batang, Jawa Tengah sudah diperbolehkan diambil oleh pihak keluarga. 
img_title
01:17

Tali Sling Putus, 15 Orang Terjatuh dari Jembatan Gantung

15 warga terjatuh dari jembatan gantung di Kampung Cigedang, Desa Leuwiipuh, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Banten. 
img_title
02:35

Pantauan Arus Lalu Lintas di Gerbang Tol Pasteur

Pada hari ke-3 Lebaran ini, arus lalu lintas di Simpang Pasteur, Bandung, Jawa Barat terpantau ramai lancar. 
img_title
02:58

Prabowo Hadiri Open House di Rumah Airlangga

Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto sambangi open house di rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto pada Kamis (11/4/2024). 
img_title
01:38

Satgas Operasi Damai Cartenz Lumpuhkan 2 Orang KKB

Satgas Operasi Damai Cartenz Papua berhasil melumpuhkan 2 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)  yakni Toni Wetapo alias Toni Giban dan Afrika Heluka. 
img_title
04:24

Prabowo Temui Jokowi di Lebaran Kedua

Presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara pada Kamis (11/4/2024) siang. 
img_title
04:13

Arus Lalu Lintas di Puncak Bogor Hari ke 2 Lebaran Padat

Hari kedua Lebaran, Kamis (11/4/2024), arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat terutama dari arah Jakarta yang mengarah Puncak terpantau mengular. 
img_title
01:35

Pantauan Arus Lalu Lintas di Kawasan Lembang di Hari ke-2 Lebaran

Lebaran hari ke-2 (11/4/2024) arus lalu lintas di kawasan Lembang, Bandung, Jawa Barat mengalami peningkatan volume kendaraan hingga menimbulkan kepadatan kendaraan
img_title
13:54

Kecelakaan Bus di Tol Batang Semarang, 7 Tewas

Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan tunggal di KM 370 ruas Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah pada Kamis (11/4/2024) pagi. 
img_title
03:50

Halal Bihalal Keraton Kasepuhan Cirebon

Hari ini (11/4/2024) Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat menggelar open house untuk masyarakat. 
Jangan Lewatkan
Momen Spesial Lebaran 2024, Prabowo Subianto Sengaja Datangi SBY di Cikeas

Momen Spesial Lebaran 2024, Prabowo Subianto Sengaja Datangi SBY di Cikeas

Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto sengaja mendatangi Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2024).
HUT Bank DKI ke-63, Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Berharap Dapat Jadi Ekosistem Bisnis Digital

HUT Bank DKI ke-63, Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Berharap Dapat Jadi Ekosistem Bisnis Digital

Bank DKI peringati HUT ke-63 buat Pj Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap terus dukung Proker Pemprov, dan jadi ekosistem bisnis digital.
Penumpang Arus Balik di Bakauheni Mulai Meningkat Pada 12 April

Penumpang Arus Balik di Bakauheni Mulai Meningkat Pada 12 April

Jumlah penumpang arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, mulai melonjak pada 12 April 2024 menjadi 41.756 orang
Aturan Seragam Sekolah Baru 2024 dari Kemendikbud, Intip Jenis Pakaian Dikenakan dari Tingkat SD, SMP, dan SMA

Aturan Seragam Sekolah Baru 2024 dari Kemendikbud, Intip Jenis Pakaian Dikenakan dari Tingkat SD, SMP, dan SMA

Aturan Seragam Sekolah Baru 2024 dari tingkat SD, SMP, SMA dari Kemendikbud melalui Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022. Ada 4 jenis seragam sekolah yang terbagi.
Paus Fransiskus Datang Ke Jakarta 3 September Mendatang

Paus Fransiskus Datang Ke Jakarta 3 September Mendatang

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus dipastikan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 3—6 September 2024 mendatang.
AS Ingatkan Iran Untuk Tidak Lakukan Serangan Balasan ke Israel Guna Mereda Ketegangan

AS Ingatkan Iran Untuk Tidak Lakukan Serangan Balasan ke Israel Guna Mereda Ketegangan

Rencana Iran yang akan melakukan serangan balasan terhadap Israel, Gedung Putih memperingatkan Iran untuk tidak menggunakan serangan balasan
Pemudik Motor Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni, Beras hingga Durian Dibawa ke Perantauan

Pemudik Motor Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni, Beras hingga Durian Dibawa ke Perantauan

Pemudik motor mulai ramai kembali ke perantauan lewat Pelabuhan Bakauheni, Jumat (12/4/2024). Antrean kendaraan roda dua itu sudah mengular memadati Pelabuhan.
Viral! Pukuli Warga di Bali saat Mabuk, Bule Australia Dikunci di Dalam Minimarket oleh Security

Viral! Pukuli Warga di Bali saat Mabuk, Bule Australia Dikunci di Dalam Minimarket oleh Security

Sebuah video di media sosial vira melihatkan bule atau WNA asal Australia di Bali sedang mabuk memukul warga hingga luka yang kejadiannya, Kamis (11/4/2024).
Bukan Tengah Malam, Ternyata Ini Batas Waktu Mengerjakan Shalat Isya, Tapi Kata Ustaz Adi Hidayat yang Utama Jam…

Bukan Tengah Malam, Ternyata Ini Batas Waktu Mengerjakan Shalat Isya, Tapi Kata Ustaz Adi Hidayat yang Utama Jam…

Melaksanakan shalat Isya setelah waktu shalat maghrib sekaligus menjadi shalat fardhu dengan waktu terlama. Kata Ustaz Adi Hidayat batas waktu shalat isya jam..
Pria yang Ditemukan Tewas dalam Lemari Pendingin Mobil Pengangkut Es Krim Ternyata Punya Kebiasaan Aneh Ini

Pria yang Ditemukan Tewas dalam Lemari Pendingin Mobil Pengangkut Es Krim Ternyata Punya Kebiasaan Aneh Ini

Polres Metro Jakarta Pusat identifikasi penyebab tewasnya pria dalam lemari pendingin (freezer) mobil pengangkut es krim di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
03:00 - 03:30
Kabar Utama
03:30 - 04:00
Telusur
04:00 - 04:30
Assalamualaikum Nusantara
04:30 - 06:00
Kabar Pagi
06:00 - 06:30
Kabar Arena Pagi
Selengkapnya