Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Tanggapan Warga Mengenai Pembatasan Operasional Transportasi di Jakarta | tvOne

Sabtu, 19 Desember 2020
Oleh :

Jakarta – Jelang libur hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan pembatasan jam operasional sejumlah transportasi umum termasuk Transjakarta. Mulai tanggal 18 Desember 2020—8 Januari 2021, angkutan massal beroperasi hanya sampai pukul 20.00 WIB. Warga ibu kota pengguna bus Transjakarta menanggapi beragam terkait regulasi ini.

“Kalau terkait dengan efektivitas tingkat risiko Covid, enggak ada masalah. Karena itu untuk keselamatan masyarakat. Kebijakan pemerintah dengan adanya Covid ini harus kita dukung,” kata penumpang Transjakarta, Jack.

Sementara Sita, mengaku resah bila jam operasional bus Transjakarta dimajukan.

“Harusnya sampai jam 22.00, aku kan pulang jam 21.00. Kalau enggak ada gimana? Baru tahu juga (pembatasan operasional). Buat saya ini merepotkan,” kata Sita.

Demikian juga menurut pekerja swasta, Adi. Dia lebih setuju apabila Transjakarta beroperasi normal. Kalau pun hendak dibatasi, jumlah unit yang melayani penumpang harus diperbanyak untuk mencegah kerumunan di halte.

“Saya rasa sebaiknya tetap seperti semula, karena masalah jam orang kerja. Mungkin lebih baik tambah busway. Kalau jamnya dipotong orang akan menumpuk di jam terakhir. Justru berbahaya. Malah jadi kerumunan lagi. Kalau hanya di waktu libur dipotong (jam operasionalnya) it’s ok, lah. Asalkan bukan di hari kerja,” tutur Adi.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan mulai Jumat (18/12) operasional kendaraan umum atau transportasi umum seperti MRT Jakarta, TransJakarta dan LRT Jakarta, dibatasi jam operasionalnya hingga pukul 20.00 WIB.

"Ya semua moda transportasi umum dibatasi. Semua diatur, dari KRL juga kita tunggu. Itu yang dari pusat kan," ujar Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (17/12).

Aturan itu tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta nomor 64 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengendalian Kegiatan Masyarakat Dalam Pencegahan COVID-19 di Masa Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Dalam Ingub 64/2020, aturan yang mengatur pembatasan operasional moda transportasi umum tertuang dalam butir kesatu dan ditujukan kepada Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Selain diminta membatasi jam operasional moda transportasi umum, Syafrin juga diminta untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat mengecek jumlah pengunjung yang masuk ke wilayah Ibu Kota Jakarta.

Tidak hanya itu, Syafrin juga diminta untuk melakukan pengecekan surat keterangan hasil tes cepat antigen terhadap pelaku perjalanan. (act)

Lihat juga: KEBIJAKAN LIBUR AKHIR TAHUN, WAGUB JAKARTA: BIOSKOP DAN RESTORAN KAPASITAS 50 PERSEN

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
03:08

Buntut Bendera LGBTQ+, Kemenlu Akan Panggil Dubes Inggris Untuk Indonesia

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia memanggil Duta Besar Inggris Owen Jenkins.
img_title
02:11

Pemerintah Buka Ekspor CPO

Petani sawit di sejumlah daerah menyambut baik kebijakan pemerintah yang membuka kembali ekspor bahan minyak goreng.
img_title
01:32

Sekjen PAN Eddy Soeparno Penuhi Panggilan Penyidik

Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno penuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya pada Senin siang dengan didampingi kuasa hukumnya. 
img_title
02:05

Sebanyak 115 Sapi di Tuban Terjangkit Wabah PMK

Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) masih terus berjangkit di berbagai daeraH. Ratusan ternak sapi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur kembali terjangkit PMK.
img_title
01:31

HKTI Soroti Rendahnya Kesejahteraan Petani di Papua

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyoroti rendahnya kesejahteraan petani yang masih menjadi salah satu persoalan dalam pembangunan sektor pertanian.
img_title
04:03

Perangkat Mobil Balap Formula E Tiba di Komplek JIS

Pembangunan di Jakarta International EPrix Circuit terus dilakukan. Sirkuit Formula E ditargetkan selesai pada akhir Mei. Saat ini proses pembangunan sirkuit telah mencapai 88 persen.
img_title
01:55

Saling Ejek, Dua Kubu Perguruan Silat Terlibat Bentrok

Diduga karena saling ejek dua perguruan pencak silat di Madiun, Jawa Timur bentrok. Satu orang korban terluka dan dua sepeda motor hancur.
img_title
00:58

Detik-detik Tim SAR Selamatkan Wisatawan Dari Gulungan Ombak

Aksi penyelamatan seorang wisatawan di Pantai Parangtritis yang terseret arus terekam video amatir.
img_title
03:41

Kibarkan Bendera LGBTQ+, Kedubes Inggris Dikecam

Unggahan foto kibaran bendera LGBTQ+ di akun Instagram tersebut Kedubes Inggris tetap terpampang hingga hari ini
img_title
01:46

Nekat Melintas Meski Sudah Diberi Tanda, Minibus Tertabrak KA Wisata Ambarawa

Sebuah mobil tertabrak kereta api wisata di Ambarawa Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
img_title
01:50

"Unboxing" Mobil Balap & Perangkat Formula E yang Tiba di Sirkuit Ancol

Logistik mobil balap dan juga fasilitas pendukung Formula E ini sudah mulai tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (22/5) pagi.
img_title
01:04

Angkot Ugal-ugalan Dibikin Remuk Warga, Sopir Melarikan Diri

Sopir mobil angkutan umum di Medan, Sumatra Utara. Mobil angkot ini ugal-ugalan di jalan hingga kemudian menyebabkan kecelakaan.
img_title
06:43

Pemerintah Buka Kegiatan Ekspor Sawit, Harga Minyak Goreng Masih Mahal

Airlangga Hartarto memastikan ketersediaan bahan baku minyak goreng dengan memberlakukan aturan domestic market obligation dan juga domestic price obligation.
img_title
01:51

Adu Mekanik! Bentrok Perguruan Silat, Dua Kubu Saling Lempar Batu

Diduga karena saling ejek, dua perguruan pencak silat di Madiun, Jawa Timur kembali bentrok. Satu orang korban terluka dan dua sepeda motor pun ikut hancur.
img_title
00:57

Teror Panah Misterius Hantui Warga, Seorang Pria Terluka

Teror panah misterius menghantui warga di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, bahkan seorang pengendara pun menjadi korban teror panah misterius ini.
img_title
01:09

Jambret Ponsel Habis Dipukuli Massa

Seorang pria dipukuli massa setelah tertangkap menjambret telepon genggam di Jalan Madrasah 1 Cilandak, Jakarta Selatan pada Minggu malam.
img_title
00:54

Rusia Berhasil Hancurkan Gudang Senjata Milik Ukraina dengan Rudal

Rusia juga menghancurkan sebuah gudang senjata di wilayah Zhytomyr, Ukraina dengan rudal penjelajah yang diluncurkan dari wilayah perairan.
img_title
12:36

NIK Jadi NPWP, Lalu Siapa yang Wajib Bayar Pajak?

Pemerintah berencana menerapkan nomor induk kependudukan (NIK) menjadi NPWP sebagai identitas wajib pajak yang berlaku mulai tahun 2023
img_title
01:42

Merinding, Detik-detik Mobil Tabrak Pemotor hingga Tewas di Palangkaraya

Insiden tabrakan antara sebuah minibus dan sepeda motor mengakibatkan satu orang tewas di Jalan Menteng 16, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
img_title
01:12

Ngeri! Sedan Ringsek Parah Digencet 2 Truk di Pantura Tuban

Kecelakaan beruntun terjadi di jalur nasional Pantura Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Sebuah mobil sedan kehilangan kendali sehingga menghantam dua truk sarat muatan.
Jangan Lewatkan
Sadis! Satu Keluarga di Langkat Bunuh Sopir Rental, 4 Tahun Baru Terbongkar

Sadis! Satu Keluarga di Langkat Bunuh Sopir Rental, 4 Tahun Baru Terbongkar

Pasca penemuan tulang belulang manusia di Dusun Parit Rimo, Desa Jati Sari, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara beberapa waktu lalu, petugas Reskrim Polres Langkat terus melakukan penelusuran dan mencari identitas korban yang diduga merupakan sopir travel.
Rumah Dibakar Massa, Ratusan Warga Dogiyai Mengungsi di Mako TNI-Polri

Rumah Dibakar Massa, Ratusan Warga Dogiyai Mengungsi di Mako TNI-Polri

“Kejadian pembakaran rumah warga itu di dua lokasi, membuat sekitar 100 orang yang terdiri dari perempuan dan anak-anak mengungsi di Mako TNI-Polri di Kabupaten Dogiyai,” kata Kabid Humas Polda Papua.
Dipergoki Korban, Maling di Cijantung Masuk Gorong-Gorong

Dipergoki Korban, Maling di Cijantung Masuk Gorong-Gorong

Pelaku Maling telepon seluler di Jalan Gongseng Raya, Kelurahan Cijantung, Jakarta Timur, menceburkan diri ke gorong-gorong setelah aksinya dipergoki korban.
Timbul Sariawan di Bibir? Berikut 5 Cara Mengatasinya, Hindari Lakukan Ini Ya!

Timbul Sariawan di Bibir? Berikut 5 Cara Mengatasinya, Hindari Lakukan Ini Ya!

Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan sariawan di bibir.
Nicholas Saputra Tampil Mesra Bareng Ariel Tatum, Buat Netizen Gagal Fokus

Nicholas Saputra Tampil Mesra Bareng Ariel Tatum, Buat Netizen Gagal Fokus

Aktor Nicholas Saputra tampil mesra bareng Ariel Tatum di proyek film terbaru mereka, banjir komentar dari netizen yang mengagumi visual dan karya kedua artis.
Hujan Es Guyur Kota Bandung

Hujan Es Guyur Kota Bandung

Fenomena hujan es kembali terjadi di Kota Bandung, Senin (23/05/2022). Hujan es yang disertai angin kencang ini terjadi selama lima menit menjelang sore hari.
Tampar Sopir Yaris di Depan Pintu Tol Tomang, Pengemudi Pajero Dilaporkan ke Polisi

Tampar Sopir Yaris di Depan Pintu Tol Tomang, Pengemudi Pajero Dilaporkan ke Polisi

Kasus pengemudi Pajero tampar sopir Yaris di depan pintu Tol Tomang, kini berlanjut. Pengemudi Pajero telah dilaporkan ke pihak yang berwajib
Tuntut Kejelasan Status Tanah Pusat Perkantoran Pemkab Padang Pariaman, Ratusan Warga Demo Kantor Bupati

Tuntut Kejelasan Status Tanah Pusat Perkantoran Pemkab Padang Pariaman, Ratusan Warga Demo Kantor Bupati

Ratusan warga Kanagarian Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, melakukan aksi demo di kantor bupati pada Senin (23/5/2022).
Dengan Rekor Ini, Son Heung-min Banggakan Asia

Dengan Rekor Ini, Son Heung-min Banggakan Asia

Son Heung-min pantas menjadi top scorer Premier League musim 2021-2022 seorang diri. Sebab, berbeda dari Mohamed Salah, Son merebut Golden Boot tanpa melakukan satu hal. Apa itu?
V BTS dan Jennie BlackPink Berlibur Bersama Di Pulau Jeju

V BTS dan Jennie BlackPink Berlibur Bersama Di Pulau Jeju

Idol Korea Selatan V BTS dikabarkan berpacaran dengan salah satu anggota grup musik wanita terkenal, Jennie BlackPink. Keduanya tertangkap kamera tengah berlibur
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Apa Kabar Indonesia Malam
20:00 - 21:00
Fakta
21:00 - 22:00
Kabar Utama
22:00 - 22:30
Menyingkap Tabir
22:30 - 23:30
Kabar Hari Ini
23:30 - 00:00
Kabar Arena
Selengkapnya