Tutup Menu
LIVESTREAM
Jabar Banten Jateng DI Yogya Jatim
Sulawesi Lainnya

Polisi Tetapkan 27 Orang Sebagai Tersangka Dalam Aksi Demo Anarkistis di Medan | tvOne

Sabtu, 10 Oktober 2020
Oleh :

Polisi Tetapkan 27 Orang Sebagai Tersangka Dalam Aksi Demo Anarkistis di Medan

Medan, Sumatera Utara – Direktorat Kriminal Umum Kepolisian Daerah Sumatera Utara menetapkan 27 orang sebagai tersangka dalam aksi demo anarkistis di Medan. Mereka diduga bersalah karena andil merusak sejumlah kendaraan dinas milik Pemerintah Kota Medan, kendaraan dinas Polri, serta kendaraan milik warga.

Para tersangka merupakan bagian dari 253 peserta demo yang ditangkap polisi dalam unjuk rasa menolak Undang-undang Cipta Kerja yang berlangsung di Medan, Padangsidimpuan, dan Labuhan Batu pada hari Kamis dan Jumat (8-9 Oktober 2020). Ada 243 orang yang dibekuk di Medan, 9 orang dari Labuhan Batu, dan 1 orang berasal dari Padangsidimpuan. Semuanya diperiksa di Polda Sumatera Utara.

“Kita amankan dari wilayah Polrestabes Medan 243 orang, itu diserahkan ke Gugus Tugas ada 21 orang yang reaktif. Yang dikembalikan hari ini 198 orang. Yang lain disidik. Termasuk ditambah tiga hari ini yang diamankan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumut, Kombes Pol Tatan.

Sebagian besar peserta demo penolakan Omnibus Law merupakan mahasiswa dan pelajar. Orang tua mereka mendatangi Polda untuk mencari anaknya. Alhasil 195 pemuda dipulangkan, dan ayah-ibunya diminta untuk menandatangani surat perjanjian.

Sementara dari jumlah 253 orang, ada 21 orang yang diserahkan ke Gugus Tugas karena terindikasi terinfeksi virus corona.

“Dari 253 yang kita tangani di Medan, ada kita kategorikan menjadi beberapa indikasi. Yang pertama 21 orang itu, dari hasil swab dan rapid test itu reaktif corona virus, 21 orang ini sudah kami serahkan ke Gugus Tugas Kota Medan untuk dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari, karena kami khawatir dia jangan sampai menjadi carrier bagi orang lain,” ujar Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin kepada Wanasari saat siaran langsung di program Kabar Siang, Sabtu (10/10).

Polisi juga menetapkan 27 orang sebagai tersangka.

“Di antara ke 27 orang ini ada kasus narkoba tiga orang, sajam (senjata tajam) dua orang, pelaku perusakan terhadap kendaraan dinas itu dua orang dan mungkin akan bertambah. Dan selebihnya kami akan kenakan pasal perusakan 406, melawan petugas 212 dan 214. Sebanyak 195 yang pengunjuk rasa sudah kami pulangkan dengan pernyataan orang tua. Yang di Labuhan Batu, dua ditetapkan tersangka, tujuh dipulangkan,” Martuani menjelaskan lebih detail.

Menurut Martuani, unjuk rasa pada Kamis dan Jumat juga mengakibatkan puluhan polisi terluka.

“Dalam penanganan demo kemarin, ada 36 polisi yang terluka rata-rata akibat lemparan benda keras dan benda tumpul,” urainya. Martuani juga memastikan bakal ada tambahan tersangka karena mereka masih mendalami kasus pembakaran dan perusakan barang. (act)

(Lihat juga: JAKARTA RUGI RP 55 MILIAR, ANIES JANJI BERIKAN BANTUAN MODAL BAGI UMKM TERDAMPAK)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
img_title
05:33

Agenda Sidang Tiga Terdakwa Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J Hari Ini

Sidang terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J kembali digelar pada hari ini. JPU menghadirkan 17 saksi untuk dimintai keterangan dan berikut agendanya.
img_title
02:04

321 Orang Dilaporkan Meninggal Akibat Bencana Gempa Cianjur

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yaitu Letjen TNI Suharyanto menyatakan jumah korban pada evakuasi hari ke-7 menjadi 321 orang.
img_title
01:25

Ironis! Seorang Bayi Harus Meregang Nyawa di Tangan Ibunya Sendiri

Seorang ibu di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan tega menghabisi nyawa anak kandungnya sendiri yang masih berusia 10 hari. 
img_title
05:39

Helikopter Polri Hilang Kontak

Sebuah helikopter Helikopter milik Polairud Mabes Polri dengan nomor P-1103 milik Mabes Polri diduga jatuh di wilayah Teluk Limau, Kabupaten Belitung Timur.
img_title
03:31

KRL Anjlok Dua Kali, Begini Kata PT KAI

Kecelakaan terjadi di Stasiun Kampung Bandan, Ancol, Jakarta Utara. Rangkaian KRL anjlok dan menabrak tiang listrik aliran atas. 
img_title
01:35

Demo RKUHP, Massa Kasih Waktu DPR Hingga 15 Desember Mendatang

Polisi membubarkan aksi unjuk rasa dalam penolakan RUU KUHP pada saat Car Free Day (CFD) di Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada hari Minggu (27/11/2022) kemarin. 
img_title
04:39

Petugas Linmas Sekap Dua Wanita Pelayan Toko

Petugas Linmas menyekap dua orang wanita penjaga rumah makan di Bandar Lampung untuk mengambil harta dan uang milik kedua korban.
img_title
01:20

Gara-gara 100 Ribu, Nyawa Penjaga Toko Melayang

Gara-gara hutang 100.000 rupiah saja, seorang penjaga kantor dihabisi nyawanya oleh 3 orang di Batam, Kepulauan Riau. 
img_title
03:15

Ridwan Soplanit Beberkan Kondisi Jenazah Brigadir J

Ridwan Soplanit menjelaskan perihal masker yang masih menempel di wajah Yosua dan luka-luka di tubuhnya. Ridwan Soplanit mengatakan melihat mayat Yosua sudah tertelungkup ketika dirinya tiba di TKP. 
img_title
01:54

SiBe Alat Canggih yang Digunakan BIN untuk Pantau Potensi Bencana

Badan Intelijen Negara (BIN) menjadi lembaga pertama yang menggunakan teknologi canggih untuk memonitor penanganan bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. 
img_title
01:42

Masuki Hari Kelima, Warga Mulai Bersihkan Rumah Pasca Gempa

Hari ketujuh pasca gempa dan longsor Cianjur, warga Desa Gasol, Kecamatan Cugenang mulai membersihkan puing-puing rumah mereka. Warga juga mencari harta benda yang mungkin masih bisa diselamatkan untuk digunakan kembali.
img_title
02:42

Ismail Bolong Buron usai Buka Kartu para Petinggi Kepolisian

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan akan segera menangkap Ismail Bolong setelah beredar adanya dugaan suap tambang ilegal.
img_title
01:47

Duh, Puluhan Warga Cianjur Terpaksa Mengungsi di Pemakaman

Puluhan warga korban gempa di Cianjur, Jawa Barat terpaksa mendirikan tenda pengungsian di atas pemakaman umum. Meski takut harus bermalam di tanah pemakaman, warga mengaku tak punya pilihan lain.
img_title
00:54

Dua Jenazah Korban Gempa Kembali Ditemukan di Cugenang

Basarna kembali menemukan dua jenazah korban gempa di Kampung Cugenang, Desa Cijedil di Cianjur, Jawa Barat. Satu jenazah korban bahkan ditemukan di dekat sungai. 
img_title
01:11

Belasan Rumah Porak Poranda Akibat Angin Puting Beliung

Cuaca ekstrim disertai angin kencang di Bekasi, Jawa Barat membuat belasan bangunan milik warga porak-poranda pada Sabtu (26/11/2022) sore kemarin.
img_title
01:25

Diduga Tenaga Kerja Ilegal, Puluhan Orang Diamankan di Pelabuhan

Sebanyak 29 Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) asal Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah digagalkan pemberangkatan mereka di Pelabuhan Waingapu, Sabtu (26/11/2022).
img_title
01:53

Basarnas Salurkan Bantuan Logistik Melalui Jalur Udara ke Daerah Terpencil

Sebanyak 15 ton bantuan untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat kembali disalurkan dengan menggunakan helikopter Basarnas. Bantuan diturunkan di 4 lokasi pengungsian terpencil.
img_title
01:20

Peduli Kanker, Ganjar Pranowo Ikut Galang Donasi

Ganjar Pranowo mengikuti penggalangan donasi untuk penyintas kanker melalui kegiatan lari bareng Run Against Cancer di Yogyakarta.
img_title
01:27

Doa dan Bantuan dari Berbagai Kalangan untuk Korban Gempa Cianjur

Sejumlah elemen masyarakat terus menggalang dana untuk membantu korban gempa Cianjur. Aksi galang dana diantaranya dilakukan relawan dan juga para siswa.
img_title
04:41

Penyakit Diare Mulai Menyerang, Warga Kesulitan dapat Obat-obatan

Penyakit batuk dan diare mulai menyerang warga korban gempa akibat guyuran hujan. Warga sempat mengeluhkan sulitnya mencari obat-obatan untuk mengobati sakitnya.
Jangan Lewatkan
Berita Foto: Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf Hadiri Sidang Lanjutan Kasus Pembunuhan Brigadir J

Berita Foto: Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf Hadiri Sidang Lanjutan Kasus Pembunuhan Brigadir J

Hari ini, Senin (28/11/2022), sidang Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).
Tersambar Percikan Listrik, Rumah Warga di Pemukiman Padat Penduduk Driyorejo Gresik Ludes Terbakar

Tersambar Percikan Listrik, Rumah Warga di Pemukiman Padat Penduduk Driyorejo Gresik Ludes Terbakar

rumah warga di kawasan padat penduduk di Desa Mojosarirejo, Kelurahan Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik terbakar hebat. tidak ada korban jiwa
2 Korban Gempa Kembali Ditemukan Tim SAR di Desa Cijedil Cianjur, 9 Orang Hilang Lainya Masih Dicari

2 Korban Gempa Kembali Ditemukan Tim SAR di Desa Cijedil Cianjur, 9 Orang Hilang Lainya Masih Dicari

Hari ketujuh pencarian korban gempa bumi Cianjur, tim SAR kembali menemukan dua korban dari sembilan korban yang belum ditemukan di Desa Cijedil
Pengacara Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK, Diperiksa Sebagai Saksi

Pengacara Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK, Diperiksa Sebagai Saksi

Roy Rening dijadwalkan diperiksa dalam penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait pekerjaan atau proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua.
SAR Evakuasi 1 Korban Helikopter Polri Jatuh ke RSUD Manggar

SAR Evakuasi 1 Korban Helikopter Polri Jatuh ke RSUD Manggar

"Saat ini jenazah Bripda Anam sudah dievakuasi di RSUD Manggar untuk dilakukan penanganan lebih lanjut," kata Kabid Humas Polda Kepulauan Babel Kombes Maladi di Pangkalpinang.
Polres Langkat Luncurkan Program Minggu Berlayar Antar Pulau Gratis

Polres Langkat Luncurkan Program Minggu Berlayar Antar Pulau Gratis

Polres Langkat meluncurkan program Minggu berlayar yang bertujuan untuk mengantarkan warga menyeberangi antar pulau yang ada di wilayah Polres Langkat.
Galang Dana Korban Gempa Cianjur, Bupati Karimun Ikut Bernyanyi Diiringi Musik Akustik di Tugu MTQ Karimun

Galang Dana Korban Gempa Cianjur, Bupati Karimun Ikut Bernyanyi Diiringi Musik Akustik di Tugu MTQ Karimun

Galang dana untuk korban gempa Cianjur, Bupati Karimun ikut bernyanyi dengan musik akustik untuk menarik simpati dari masyarakat.
KPK Panggil 5 Saksi Kasus AKBP Bambang Kayun, Pemeriksaan di Kalbar

KPK Panggil 5 Saksi Kasus AKBP Bambang Kayun, Pemeriksaan di Kalbar

"Pemeriksaan dilakukan di Aula Reserse Kriminal Kepolisian Daerah Kalimantan Barat," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Senin.
Warga Musi Banyuasin Bikin Keripik ‘Obat’ dari Daun Sirih dan Daun Pegagan

Warga Musi Banyuasin Bikin Keripik ‘Obat’ dari Daun Sirih dan Daun Pegagan

Warga Kecamatan Jirak Jaya, Musi Banyuasin, menciptakan inovasi kuliner baru, yakni membuat jajanan makanan lezat yang bahan bakunya dari daun sirih dan daun pegagan.
Panitia Nusantara Bersatu Tanggapi Sekjen PDIP: Bukan Asal Bapak Senang, tapi Asal Rakyat Senang

Panitia Nusantara Bersatu Tanggapi Sekjen PDIP: Bukan Asal Bapak Senang, tapi Asal Rakyat Senang

Anggota Steering Committee acara Nusantara Bersatu, Silvester Matutina, buka suara ihwal tanggapan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto terkait acara relawan Presiden Jokowi.
Trending
Selengkapnya
Viral
Jadwal Hari Ini
Jam
Jadwal Acara
Damai Indonesiaku
14:00 - 14:30
Manusia Nusantara
14:30 - 15:00
Kabar Pasar Sore
15:00 - 16:00
Ragam Perkara
16:00 - 17:00
Kabar Petang Pilihan
17:00 - 18:30
Kabar Petang
Selengkapnya